Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah, Lengkap dengan Niat, Bacaan, dan Doa

3 min read

Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah, Lengkap dengan Niat, Bacaan, dan Doa

Tata Cara Sholat Istikharah – Bagi Anda yang beragama Islam dan sedang ada dalam keraguan dalam menentukan suatu pilihan, maka sholat Istikharah berperan penting dalam hal tersebut. Pengertian sholat Istikharah sendiri adalah salah satu sholat sunnah yang pada dasarnya bertujuan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT pada saat berhadapan dengan beberapa pilihan yang berat dan meragukan. Dengan melaksanakan sholat sunnah Istikharah tersebut maka seseorang diharap agar mampu menentukan pilihan dalam hidupnya atas apa yang tetap atas petunjuk Allah SWT. Atas dasar itulah melalui artikel ini akan kami bagikan informasi lebih lengkapnya tentang tata cara sholat Istikharah tersebut.

Tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah dalam Islam lainnya, tetapi yang menjadi pembeda di sini adalah cara sholat Istikharah dengan cara sholat sunnah yang lain ada pada niat serta bacaan dan doa dalam sholat Istikharah. Namun demikian, agar lebih jelasnya langsung saja simak beberapa ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kapan Harus Sholat istikharah?

Kapan Harus Sholat istikharah?
Photo by Fimale.com

Sebelum mengetahui tentang tata cara sholat Istikharah, sebaiknya ketahui terlebih dulu waktu sholat Istikharah itu sendiri. Pada dasarnya sholat sunnah satu ini dianjurkan untuk setiap urusan, baik itu yang sifatnya besar atau pun kecil. Alasannya, karena pada urusan kecil kadang kalanya ada efek besar yang ditimbulkan.

Sholat Istikharah ini biasanya dilakukan pada saat orang tersebut telah memilih sebuah pilihan yang sulit sekali ditentukan oleh dirinya. Tetapi juga bukan saat orang tersebut masih dalam keadaan kebingungan dan kebimbangan. Apabila seseorang ternyata masih bingung maka orang tersebut harus memilih pilihannya dengan cara mempertimbangkan beberapa hal secara matang terlebih dulu, kemudian melaksanakan sholat Istikharah.

Kepoin Yuk!  Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Lengkap untuk Berbagai Profesi

Nabi SAW berkata yang artinya, ‘Jika kalian telah membulatkan tekad, maka sholatlah dua rakaat yang bukan wajib (sholat sunnah)’. Kata telah membulatkan tekad di sini dapat diartikan bahwa seorang yang akan melaksanakan sholat sunnah Istikharah sudah menetapkan pilihan yang sebelumnya.  

Niat Sholat Istikharah

Niat Sholat Istikharah
Photo by Islamidia.com

Sama seperti sholat sunnah dan sholat wajib pada umumnya, sholat Istikharah ini juga harus diawali dengan membaca niat, dimana niat tersebut diucapkan di dalam hati. Berikut adalah niat sholat Istikharah yang harus Anda ketahui, ‘Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala’. Artinya, saya berniat sholat sunnah Istikharah 2 rakaat karena Allah Ta’ala.

Niat dalam sholat Istikharah ini adalah hal yang harus, alias wajib dilakukan sebelum akhirnya melakukan sholat sunnah tersebut dilaksanakan, yakni dengan berniat untuk melakukan sholat Istikharah. Bacaan niat sholat Istikharah tersebut pada dasarnya tidak diharuskan meskipun menurut ulama Syafi’iyyah membaca niat dengan dilafaldzkan adalah sunnah. Tetapi demikian dengan memantapkan niat untuk melaksanakan sholat Istikharah di dalam hati tanpa harus dilafaldzkan sudah cukup dan itu juga sah.

Sholat sunnah dua rakaat ini boleh digabungkan dengan sholat sunnah yang lain, sebab yang paling penting di sini sebelum melaksanakannya harus ada niat terlebih dulu. Apabila ada seseorang yang akan melaksanakan solat sunnah setelah wudhu, dan saat itu juga ia meniatkan untuk melaksanakan sholat Istikharah maka diperbolehkan. Begitu pula dengan sholat sunnah yang lain, seperti dua rakaat sebelum dan sesudah sholat wajib, yang demikian tersebut menurut pendapat Ibnu Hajar (Fath Al-Bari 11/185).

Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah

Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah
Photo by Winnetnews.com

Dijelaskan oleh Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah, bahwa sholat sunnah Istikharah tersebut boleh berupa sholat sunnah apa saja, baik itu sholat sunnah Rawatib, sholat sunnah Tahiyatul Masjid, dan lainnya. Sementara itu kalau menurut Syaikh Wahbah sendiri disunnahkan membaca surat Al-Kafirun setelah membaca surat Al-Fatihah pada rakaat yang pertama. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas setelah membaca surat Al-Fatihah di rakaat kedua. Adapun tata cara sholat Istikharah diantaranya sebagai berikut.

  • Niat
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al-Kafirun
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al-Ikhlas
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  • Salam
Kepoin Yuk!  Letak Geografis Indonesia Beserta Penyebab dan Pengaruhnya [Penjelasan Lengkap]

Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah

Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah
Photo by Lifestyle.okezone.com

Bacaan doa setelah sholat Istikharah tersebut akan dibaca setelah selesai melaksanakan sholat sunnah Istikharah, berikut adalah bacaan doanya.

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih’.

Artinya :

‘Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya. Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya’.

Apa boleh melaksanakan sholat Istikharah diwaktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat padanya? Apabila sholat sunnah Istikharah tersebut ini waktunya mendesak dan tidak bisa lagi ditunda, maka boleh dilakukan diwaktu yang terlarang. Seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh sebelum matahari naik. Namun demikian, apabila keadaan memang memungkinkan untuk mengundur sholat Istikharah, maka hukumnya wajib untuk mengundurnya.

Kepoin Yuk!  Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Adapun rangkaian sholat Istikharah menurut sunnah mulai dari awal sampai doa selesai dibacakan adalah sebagai berikut.

  • Bersuci dengan wudhu
  • Niat
  • Melaksanakan dua rakaat sholat lalu salam
  • Awali doa dengan adab doa, seperti bersholawat, beristighfar, dan memuji Allah.
  • Baca doa yang telah disebutkan
  • Menutup doa dengan bersholawat dan salam kepada Rasulullah SAW dan memberikan pujian kepada Allah SWT
  • Ikhtiyar, untuk mencapai tujuan yang telah dipilihnya dan tidak dipersyaratkan harus ada mimpi atau hati harus lapang dengan apa yang telah dipilih.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tata cara sholat Istikharah menurut sunnah, lengkap dengan niat, bacaan, dan doa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *