Tarian Daerah Beserta Asal dan Gambarnya Lengkap 2019

3 min read

Tarian Daerah Beserta Asal dan Gambarnya Lengkap 2019

Tarian DaerahTarian daerah khas Indonesia adalah salah satu tarian yang bisa dibilang cukup kental sekali akan budaya dan adat istiadatnya. Seperti yang kita tahu bersama bahwa di negeri tercinta ini ada bermacam – macam tarian daerah. Tak perlu khawatir sebab melalui artikel berikut akan kami bagikan informasi lebih lengkapnya mengenai tarian tradisional asli Indonesia lengkap dengan asal dan gambarnya.

Luar biasanya, ternyata tarian daerah Indonesia tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal saja, tetapi juga sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara sekalipun. Hal ini karena macam – macam tarian tradisional daerah tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi. Ya, tarian daerah asli Indonesia memiliki nilai – nilai kemanusiaan, nilai kepercayaan, nilai adat istiadat, dan nilai keharmonisan. Baik itu mengenai gerakan dalam tarian daerah atau pun busana yang digunakan pada saat menarik juga terlihat cukup menarik sekali, dan memiliki cerminan dari budaya setempat.

Tanpa perlu berlama – lama lagi, berikut telah kami rangkum beberapa tarian daerah beserta asal dan gambarnya lengkap yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tarian Daerah Beserta Asal dan Gambarnya Lengkap 2019

Tari kecak asal Bali

Tari kecak asal Bali
Photo by Infokebali.com

Tarian daerah yang pertama ini merupakan jenis tari tradisional yang cukup terkenal sekali hingga ke mancanegara. Tari kecak berasal dari daerah Bali, dimana tarian tersebut memiliki keunikan tersendiri, sebab dilakukan sembari duduk melingkar dengan mengangkat kedua tangan dan berkata ‘CAK’. Kekompakan dari para penari membuatnya sangat menarik dan indah untuk disaksikan.

Tari jaipong asal Sunda

Tari jaipong asal Sunda
Photo by Goodnewsfromindonesia.id

Lalu untuk selanjutnya ada tari jaipong yang berasal dari daerah Sunda. Berbeda dengan tarian kecak yang berasal dari Bali, tarian jaipong ini memiliki keunikan tersendiri, yang mana pada saat tarian tersebut diperagakan akan dimainkan dengan menggunakan perpaduan antara gerakan dan musik tradisional gong, gendang, atau ketuk, sehingga semakin membuat tarian daerah tersebut semakin menarik untuk dilihat.

Tari reog asal Ponorogo

Tari reog asal Ponorogo
Photo by Brainly.co.id

Ini merupakan jenis tarian tradisional asal Jawa Timur yang juga tidak kalah menariknya untuk disaksikan. Ciri khas dari tarian reog tersebut adalah topeng yang digunakan para penarinya. Dimana para penari nanti akan menggunakan topeng reog dan warok. Tidak sama seperti topeng – topeng yang biasanya Anda temukan di pasaran, sebab topeng untuk tarian reog asal Ponorogo ini ternyata memiliki berat yang mencapai ratusan kilogram, dan hanya diangkat menggunakan gigi.

Tari kancet ledo asal Kalimantan Timur

Tari kancet ledo asal Kalimantan Timur
Photo by Blogkulo.com

Tari asal Kalimantan Timur tersebut juga disebut dengan tari gong. Ini merupakan jenis tarian tradisional yang mencerminkan kehalusan yang dimiliki para perempuan. Dengan melakukan gerakan yang sangat lembut dan didampingi juga dengan suara gong sehingga membuat tarian daerah asal Indonesia tersebut menjadi semakin menarik. Tari kancet ledo biasanya digelar dalam acara adat istiadat di Kalimantan Timur.

Tari saman asal Aceh

Tari saman asal Aceh
Photo by Grid.bobo.id

Sementara itu untuk tari saman sendiri juga masuk ke dalam daftar macam – macam tarian daerah terbaik asal Indonesia yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Tari saman adalah tari tradisional yang berasal dari provinsi Aceh, tepatnya di Suku Gayo. Luar biasanya, tari asal Aceh tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warian dunia. Uniknya, tarian saman dilakukan oleh banyak orang sekaligus, bahkan bisa mencapai puluhan orang. Tari saman biasanya digelar untuk menyambut hari besar Islam.

Tari piring asal Minangkabau

Tari piring asal Minangkabau
Photo by Moondoggiesmusic.com

Lalu untuk tari piring sendiri biasanya juga disebut sebagai tarian piring asal Minangkabau, yang merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari kabupaten Solok, Sumatera Barat. Tari piring memiliki ciri khas, dimana pada saat tarian tersebut diperagakan akan diiring dengan alat bantu piring sebagai media utamanya. Tari piring menjadi simbol dari masyarakat Minangkabau.

Tari gambyong asal Jawa Tengah

Tari gambyong asal Jawa Tengah
Photo by Theinsidemag.com

Di Indonesia ada banyak sekali macam tarian daerah yang penting untuk Anda ketahui, salah satunya adalah tari gambyong asal Jawa Tengah, tepatnya dari daerah Surakarta. Tari gambyong tersebut asalnya menjadi tarian rakyat untuk memeriahkan suasana ketika musim panen padi tiba. Tetapi kini tarian daerah tersebut juga digunakan untuk acara – acara sakral dan sekaligus dijadikan sebagai penghormatan kepada tamu. Tarian gambyong diidentikan dengan menggunakan pakaian berwarna hijau dan kuning, tapi seiring dengan berkembangnya zaman, warna pakaian kini bukan jadi persoalan utama.

Tari topeng asal Betawi

Tari topeng asal Betawi
Photo by Nusantaranews.co

Ini merupakan tarian topeng yang berasal dari Betawi. Sama seperti nama yang diusungnya, tarian tersebut menggunakan topeng pada saat sedang melakukan tarian. Biasanya tarian daerah topeng asal Betawi ini diiringi dengan musik, seperti gamelan atau alat musik yang lain. Tidak hanya itu, tarian tersebut bahkan juga dibarengi dengan drama sehingga menjadikan sebuah pertunjukan yang sangat menarik sekali untuk disaksikan.

Tari kretek asal Kudus

Tari kretek asal Kudus
Photo by Jambi.tribunnews.com

Tarian tradisional yang berikut ini adalah tarian asal Kudus, Jawa Tengah. Jika dibandingkan dengan tarian daerah lainnya, tari kretek memiliki ciri khas tersendiri dari sisi pakaian yang dikenakan oleh penarinya. Dimana para penari akan membawa nampan bambu yang diletakkan di atas kepala dan juga dibawa di tangannya pada saat menari. Tari kretek diselenggarakan sebagai rasa syukur atas hasil kretek atau cengkeh yang berlimpah di daerah tersebut.

Tari bedhaya ketawang asal Surakarta

Tari bedhaya ketawang asal Surakarta
Photo by Pesona.travel

Lalu untuk tarian asal Surakarta ini biasanya dibawakan pada saat ada pengangkatan tahta kesultanan di Surakarta. Tari budhaya ketawang tersebut dibawakan oleh 9 penari dan semuanya adalah kaum perempuan. Adapun pakaian yang digunakan para penarinya adalah pakaian adat asli Surakarta, sehingga yang demikian semakin membuat tarian ini semakin menarik sekali dan kental akan budaya Surakarta tersebut.

Tari serimpi asal Mataram

Tari serimpi asal Mataram
Photo by Theinsidemag.com

Ini adalah tarian tradisional yang berasal dari kesultanan Mataram. Tari serimpi tersebut dulu dipentaskan di keraton saat acara – acara tertentu saja, tetapi kini sudah berkembang dan terebar di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Memiliki gerakan yang sangat pelan dan halus, para penarinya juga membawakan tarian tersebut dengan gemulai dan indah. Tari serimpi mencerminkan nilai – nilai kesopanan, budi pekerti, dan kelemah lembutan.

Tari tortor asal Sumatera Utara

Tari tortor asal Sumatera Utara
Photo by Budhayaasliindonesia.blogspot.com

Tarian asal Sumatera Utara satu ini memiliki kisah yang cukup unik sekali, yakni dikisahkan oleh 7 putri kayangan yang turun ke bumi untuk mandi di sebuah telaga, dimana tarian tortor tersebut digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengusir hal – hal negatif ditanggal – tanggal tertentu. Terlepas dari kisah yang melatarbelakangi tarian tortor ini kini tarian tersebut lebih sering digunakan dalam perayaan – perayaan.

Tari tandak asal Riau

Tari tandak asal Riau
Photo by Pinangpaleo.com

Untuk yang terakhir ini juga tidak unik dan menariknya untuk disaksikan. Tarian tandak biasanya dilakukan oleh para pemuda dan pemudi, dimana dalam tarian daerah tersebut ada pantun yang saling bersaut – sautan, sehingga membuatnya semakin menarik. Tari tandak memiliki kesan ceria dan gembira, sehingga pas banget untuk dijadikan sebagai tarian yang dipentaskan pada saat acara – acara penting di Riau.

Nah, itulah tadi macam – macam tarian daerah beserta asal dan gambarnya lengkap. Semoga informasi yang bisa kami bagikan tersebut bisa bermanfaat.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *