Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign yang Baik dan Benar [Update 2019]

5 min read

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign yang Baik dan Benar [Update 2019]

Surat Pengunduran Diri Kerja – Membuat keputusan mengundurkan diri memang bukan hal yang mudah, apalagi saat itu Anda bekerja di sebuah perusahaan impian. Tidak heran jika pada akhirnya akan ada berbagai perasaan yang bermunculan pada saat Anda memutuskan untuk mengundurkan diri, bisa perasaan senang, menyesal, atau yang lainnya. Tapi apapun yang melatar belakangi pengunduran diri Anda, melalui artikel berikut akan kami bagikan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar.

Ya, apapun alasan dan akibat yang terjadi dari pengunduran diri Anda pastinya akan membutuhkan surat penguduran diri dari tempat kerja yang jelas dan efektif. Dengan begitu Anda tetap bisa menunjukkan diri menjadi seorang yang profesional. Dengan surat resign kerja yang baik seperti ini maka pengunduran diri Anda pastinya tidak akan mengganggu prospek karir Anda ke depannya. Namun demikian, sebelum kami akan membagikan contoh surat resign terbaru, sebaiknya simak terlebih dulu hal – hal yang harus Anda tahu saat membuat surat pengunduran diri dari tempat kerja berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja
Photo by Nomis.id

Jelas

Cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar yang pertama adalah dengan menghindari ambiguitas mengenai niat Anda dalam mengundurkan diri. Penting sekali untuk menghindari pengunduran diri yang terlihat seperti tawar menawar untuk mendapatkan kenaikan pangkat atau gaji. Selain itu jangan lupa pula untuk menyertakan tujuan Anda dalam pengunduran diri secara jelas.

Pemberitahuan awal

Ini adalah tips resign kerja yang juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Anda harus terlebih dulu memberikan pemberitahuan pengunduran diri jauh – jauh hari, setidaknya 1 – 2 minggu sebelum. Tapi apabila Anda merupakan senior di sebuah perusahaan ternama, maka lebih baik beritakan 1 bulan sebelum atau lebih. Dengan begitu maka tidak akan ada lagi proyek baru yang harus Anda pegang pada saat Anda sudah mau mengundurkan diri. Dalam surat resign kerja Anda juga perlu memasukkan tanggal kerja terakhir di akhir paragraf.

Memberikan dukungan

Untuk masalah yang satu ini Anda harus memasukkannya di paragraf berupa pernyataan dengan cara menunjukkan bahwasannya Anda menawarkan bantuan untuk memastikan pekerjaan yang sedang berlangsung dan proyek akan berhasil. Dengan begitu Anda tidak meninggalkan begitu saja pekerjaan serta orang – orang yang ada di dalam. Dengan cara membuat surat resign kerja seperti ini maka Anda akan membuat orang di dalam jadi lebih tenang pada saat Anda meninggalkan perusahaan.

Menunjukkan rasa terima kasih

Sekalipun Anda tidak menyukai atasan, tetapi Anda tetap disarankan untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada atasan. Tunjukkan rasa terima kasih tersebut meskipun Anda didorong untuk keluar. Ingat, bahwa pengunduran diri Anda ini termasuk dalam catatan pekerjaan Anda sebab Anda pasti ingin catatan bahwasannya Anda bermartabat dan profesional. Sementara itu di paragraf terakhir Anda bisa mengisikan ucapa terima kasih sebab sudah diberikan kesempatan dalam berbagai hal.

Ringkas

Pada dasarnya surat resign kerja hanya beberapa paragraf saja. Anda perlu mengurangi informasi – informasi tambahan, seperti informasi pekerjaan. Selain itu jangan lupa untuk menghilangkan komponen yang dirasa kurang penting, yang tidak mendukung surat pengunduran diri Anda. Apabila Anda memang ingin memasukkan alasan kenapa Anda mengundurkan diri, sebaiknya pikirkan dua kali. Apabila Anda memang ingin mengatakan hal tersebut, sangat disarankan sekali agar Anda tidak menyertakan dalam surat, tetapi langsung menceritakan kepada kolega yang Anda percayai.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign yang Baik dan Benar
Photo by Sijai.com

Surat pengunduran diri kerja terbaru

Magetan, 03 Agustus 2017

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Nusa Bangsa Jaya
Magetan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dian Sastro Wijaya Kusuma
Alamat: Jln. Persatuan raya Magetan Sejuk Alami no. 13 Magetan
Jabatan: Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 05 Agustus 2017.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan
Kabag. IT Support

Hormat saya,

Dian Sastro Wijaya Kusuma

Surat resign kerja di hotel

Palembang, 04 Agustus 2017

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Putri Jelita
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993
Alamat: Medan
Jabatan: General Accoaunting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dewi Putri Jelita

Surat pengunduran diri resmi

Makassar, 18 Agustus 2017

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;
Nama: Dimas Andrean Putra
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907
Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.Hormat saya,

Dimas Andrean Putra

Surat pengunduran diri dari organisasi

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Sebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Bangsa Cerdas
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Agus Putra Perkasa
Jabatan di BEM: Departeman Kesekretaritan dan Informasi
Fakultas: Sastra – Sasrta Inggris
NIM: 12345678
Alamat: Jln. Belok Kiri Depan, Rt. 01/03 No. 22, 98765. Kediri
Telp: 0888 1234 5678

Melalui surat ini mengajukan pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bangsa Cerdas dengan alasan kesehatan yang terganggu sehingga harus melakukan perawatan di luar kota. Olehnya itu untuk menjaga roda organisasi, untuk pengganti posisi yang saya tinggalkan, saya menyerahkan ke Ketua BEM.
Saya memohon maaf jika selama berproses di organisasi ini saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan dan hal-hal yang kurang berkenan.

Surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya, tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Saya berharap Ketua BEM dan seluruh jajarannya memahami dan mengerti keadaan saya.Atas pengertian dan dukungannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Yang menyatakan

*materai 6000

(Agus Putra Perkasa)

Surat pengunduran diri karena hamil

Batam, 15 Juni 2018

Yth. Kepala Bagian SDM PT. Batam Steel Utama

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Meiliana Fang

Tempat, tgl. lahir      : Jakarta, 3 April 1985

Jabatan                       : Staf Keuangan

Departemen               : Keuangan dan Investasi

Bekerja sejak             : 2005

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Batam Steel Utama. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya hamil. Saya mohon maaf atas segala kekhilafan yang telah saya lakukan. Saya juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak beserta semua rekan kerja PT. Batam Steel Utama. Semoga PT. Batam Steel Utama semakin maju dan berjaya di Indonesia dan dunia.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangannya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Meiliana Fang

Surat resign karena tidak menyetujui kesepakatan

Tangerang, 30 Maret 2018

Yth. Ketua Umum Asosiasi Buruh

Kota Tangerang

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Tarman Supardi

Tempat, tgl. lahir      : Brebes, 24 Agustus 1971

Jabatan                        : Ketua Umum Asosiasi Buruh PT. Cahaya Abadi Sentosa

Mewakili Asosiasi Buruh PT. Cahaya Abadi Sentosa, mengajukan permohonan mengundurkan diri dari keanggotaan Asosiasi Buruh Kota Tangerang. Adapun alasan kami mengundurkan diri adalah karena tidak sepakat dengan keputusan demonstrasi besar-besaran pada Hari Buruh tanggal 1 Mei dengan konvoi. Hal tersebut karena berpotensi akan mengganggu lalu lintas, dan juga waktu bekerja.

Sekian surat pengunduran diri kami. Harap menjadi pertimbangan untuk keputusan selanjutnya.

Atas nama Asosiasi Buruh PT. Cahaya Abadi Sentosa

Taman Supardi

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

5 Alasan Mengapa Bisnis Rumahan Sangat Disukai Masyarakat

starpanel
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *