Ini Dia Suku di Indonesia dengan Tradisi Unik yang Masih Bertahan Sampai Sekarang

3 min read

Ini Dia Suku di Indonesia dengan Tradisi Unik yang Masih Bertahan Sampai Sekarang

Suku di Indonesia – Jika berbicara mengenai suku di Indonesia memang ada banyak sekali. Apalagi Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara dengan lambangnya ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang berarti meskipun berbeda – beda tetapi tetap satu. Begitu pun dengan macam suku dan ras yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Suku yang ada di Indonesia pada dasarnya memiliki ciri khas dan tradisi yang berbeda – beda di setiap provinsinya. Persebaran ini tentunya membentang mulai dari Kepulauan Sabang hingga Merauke.

Kabar baiknya, ternyata keberagaman suku yang ada di Indonesia ternyata mampu menciptakan persantuan antara bangsa. Bahkan keberagaman suku ini tentu saja memiliki kebudayaan masing – masing yang kemudian mereka jadikan sebagai salah satu suku unik di Indonesia. Meskipun saat ini sudah memasuki era modern dengan arus teknologi yang ada di setiap bagian hidup manusia, tapi pada kenyataannya beberapa suku yang unik ini masih memilih untuk hidup terisolasi dari dunia luar dan pengaruh teknologi. Di Indonesia suku unik tersebut diantaranya sebagai berikut.

Ini Dia Suku di Indonesia dengan Tradisi Unik yang Masih Bertahan Sampai Sekarang

Suku Baduy

Suku Baduy
Photo by Banten.co

Jika berbicara mengenai suku di Indonesia yang unik dan memiliki tradisi yang masih terjaga hingga sekarang, Suku Baduy termasuk salah satu diantaranya. Suku Baduy pada dasarnya merupakan bagian dari etnis Sunda yang selalu setia menjaga kelestarian budaya. Suku Baduy di Indonesia terdiri atas dua golongan, yakni Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Tentu saja masing – masing Suku Baduy tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan yang paling kentara dari kedua suku tersebut adalah cara menjalankan pikukuh atau pun aturan adat di dalam setiap kehidupannya. Untuk Suku Baduy Luar masing menolerir beberapa bentuk pembaruan, sementara itu Suku Baduy Dalam sama sekali tidak menolerir hal tersebut sehingga sampai saat ini masing mengisolasi diri dari interaksi dengan dunia luar.

Suku Asmat

Suku Asmat
Photo by Bobo.grid.id

Suku selanjutnya di Indonesia yang tidak kalah unik dan memiliki tradisi yang masih tetap bertahan hingga sekarang adalah Suku Asmat. Suku Asmat pada dasarnya merupakan suku terbesar di Papua yang tentu saja memiliki tradisi berbeda dengan suku – suku yang ada di Indonesia lainnya. Suku Asmat ini bahkan menjadi suku paling spesial sebab nenek moyangnya yang merupakan titisan dewa.

Kepercayaan tersebut memang sudah cukup lama dipercayai oleh suku ini dan banyak orang lain. Bahkan saking keramatnya Suku Asmat di Indonesia, budaya yang dimilikinya dianggap tinggi dan pastinya juga sangat dihormati. Selain itu, Suku Asmat ternyata juga sangat dihormati sebab kepiawaiannya dalam seni ukir.

Ya, berkunjung ke Suku Asmat Anda akan menemukan banyaknya kreasi seni tinggi yang dihasilkan oleh suku tersebut, yang juga bercerita tentang kisah leluhur mereka. Tidak heran jika pada akhirnya nama Suku Asmat ini semakin terkenal hingga mancanegara. Jika dibandingkan dengan suku unik di Indonesia yang lainnnya, Suku Asmat ini merupakan salah satu suku yang paling keren.

Meskipun sampai sekarang jauh dari pengaruh teknologi modern, tetapi nama Suku Asmat tersebut tetap terkenal hingga ke penjuru dunia. Apabila Anda memang tertarik untuk melihat dan menikmati kekayaan budaya Indonesia, maka Anda bisa mencoba berkunjung ke Suku Asmat.

Suku Dayak

Suku Dayak
Photo by Genpi.co

Lalu untuk selanjutnya ada Suku Dayak yang tidak kalah populernya di Indonesia. Suku Dayak tidak hanya memiliki tradisi unik yang sampai sekarang masih bertahan, tetapi suku ini ternyata sama sekali tidak terjamah oleh era teknologi yang modern.

Ya, beranjak sejenak ke Pulau Kalimantan Anda akan mendapati satu suku yang unik dan spesial, yakni Suku Dayak. Meskipun letaknya cukup jauh, yakni ada di pedalaman dan terisolir dari kehidupan urban, tetapi pada kenyataannya Suku Dayak termasuk salah satu suku adat yang sangat menghargai karya seni.

Berkunjung ke Suku Dayak Anda akan menemukan banyaknya kerajinan totem hingga ukiran – ukiran yang menghiasai banyaknya bangunan Suku Daya. Tentu saja semuanya mengisyaratkan kecintaan mereka pada seni dan akan tetap sejalan dengan kelestarian alamnya.

Suku Bajo

Suku Bajo
Photo by Mongabay.co.id

Indonesia memang memiliki banyak sekali suku unik yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi, salah satunya adalah Suku Bajo. Ini merupakan salah satu suku yang juga mendapat sebutan sebagai manusia perahu. Bagaimana tidak, masyarakat yang ada di suku tersebut sampai sekarang memang masing mengandalkan kemampuannya untuk berlayar dari satu tempat menuju tempat lain untuk bertahan hidup.

Pada dasarnya Suku Bajo di Indonesia ini berdomisili di pulau papan Sulawesi Tengah. Penduduk asli Suku Bajo tersebut membangun rumah – rumah mereka di atas air sehingga menjadi ciri khas mereka yang masih bertahan sampai sekarang. Tapi sayangnya suku ini masih belum terjamah oleh pemerintah Indonesia sehingga yang demikian membuatnya kian menyusut.

Suku Huaulu

Suku Huaulu
Photo by Indonesiakaya.com

Berikutnya ada Suku Huaulu yang merupakan salah satu suku unik di Indonesia yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Suku Huaulu merupakan suku penghuni Pulau Seram di Indonesia. Suku Huaulu tersebut bahkan bisa dibilang sebagai salah satu suku yang keberadaannya sering sekali ditakuti.

Bukan tanpa sebab memang, dahulu kala Suku Huaulu ini dikenal sebagai salah satu suku kanibal di Indonesia. Bahkan konon kataya rumah ada masyarakat Suku Huaulu, yakni rumah baileo dibuat dengan pancangan yang asalnya dari tengkorak manusia asli. Tetapi citra suku Huaulu kini sudah tergantikan sebagai salah satu suku yang paling ramah dan mampu bersosialisasi dengan baik dengan masyarakat sekitar.

Suku Sasak

Suku Sasak
Photo by Kumparan.com

Jika berbicara mengenai suku – suku yang ada di Indonesia, Suku Sasak pastinya tidak boleh sampai terlewat. Ini merupakan suku unik yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Suku Sasak tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam hal pernikahannya.

Dimana sih calon pengantin pria nanti diharuskan menculik calon pengantin wanita yang akan dinikahinya. Tetapi harus sesuai dengan kesepakatan dari keluarga besar. Selain itu, masyarakat Suku Sasak juga akan mengunjungi berbagai tempat wisata dan mereka akan duduk bersama dengan beralaskan tikar sembari makan ketupat yang dibawanya dari rumah masing – masing.

Suku Dani

Suku Dani
Photo by Kumparan.com

Lalu untuk Suku Dani sendiri merupakan suku terpopuler di Indonesia yang asalnya dari Papua Barat. Suku Dani tersebut memiliki rumah adat honai yang sangat unik sekali. Juga memiliki tradisi bakar batu untuk menyambut para tamu dan tari perang guna menghormati para leluhur mereka. Suku Dani juga rela memotong jari – jari mereka pada saat mereka berduka atas kehilangan anggota keluarga atau pasangannya.

Suku Bima

Suku Bima
Photo by Indonesia.go.id

Ini merupakan nama suku yang asalnya dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Suku Bima tersebut bahkan sampai sekarang masing menjalankan aktifitas berladang yang menjadi salah satu warisan dari para leluhur. Suku Bima biasanya berladang dengan cara berpindah – pindah dari satu gunung ke gunung lain dan begitu pun seterusnya. Tradisi di Suku Bima ini tergolong unik dan masih bertahan sampai sekarang.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang suku di Indonesia dengan tradisi unik yang masih bertahan sampai sekarang. Semoga bermanfaat.

Makanan Untuk Menu Diet Sehat Dan Murah Meriah

starpanel
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *