5 Rukun Islam dan Penjelasannya yang Wajib Diketahui Umat Muslim

3 min read

5 Rukun Islam dan Penjelasannya yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Rukun Islam – Seluruh umat muslim di dunia pastinya harus tahu pengertian dan apa saja rukun Islam yang menjadi dasar dari agama Islam itu sendiri. Sebagai umat muslim, Anda pastinya tidak hanya harus mengetahuinya saja tetapi juga perlu memahami rukun Islam dengan begitu ke-Islaman Anda menjadi lebih sempurna.

Hal tersebut dimaksudkan agar Anda juga bisa mengamalkannya sesuai kaidah yang diajarkan. Secara umum, pengertian rukun Islam adalah 5 tindakan dasar dalam ajaran agama Islam yang dianggap sebagai pondasi bagi semua umat muslim di seluruh penjuru dunia sebagai orang – orang yang beriman.

Pengertian Rukun Islam

Pengertian Rukum Islam
Photo by Islamsuciberiman.com

Perlu Anda tahu bahwa seseorang bisa dikatakan sebagai seorang muslim atau tidak biasanya ditentukan lewat beberapa indikator. Dimana indikator tersebut tentunya diwujudkan dalam 5 amalan utama yang diajarkan dalam agama Islam. 5 amalan indikator yang dimaksud di sini ada dalam rukun Islam. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang muslim yang sesungguhnya, maka orang tersebut harus bisa mengamalkan rukun Islam. Yang dimaksud dengan 5 amalan dalam rukun Islam itu sendiri antara lain sebagai berikut.

  • Mengucapkan dua kalimat syahadat
  • Mendirikan sholat
  • Mengerjakan puasa ramadhan
  • Membayar zakat
  • Naik haji bagi yang mampu

Ada beberapa hadist yang menyebutkan mengenai rukun Islam itu sendiri, antara lain berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyebutkan bahwasannya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda kepada para sahabat – sahabatnya : ‘Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke makkah’.

Selain itu ada juga dari sahabat Nabi Abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khatab yang mengatakan bahwasannya beliau pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Islam sebenarnya berdiri dan dibangun atas 5 hal utama, yakni : ‘Menyatakan kesaksian atas keesaan Allah dan Nabi Muhammad sebagai utusan Nya, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, pergi haji dan berpuasa saat ramadhan’.

5 Rukun Islam dan Penjelasannya yang Wajib Diketahui Umat Muslim

5 Rukun Islam dan Penjelasannya yang Wajib Diketahui Umat Muslim
Photo by Bacaanmadani.com

Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Rukum Islam pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat yang menjadi pondasi utama bagi seseorang yang dikatakan sebagai Islam atau tidak. Adapun bunyi kalimat syahadat antara lain sebagai berikut, ‘Ashadualailahaillah, waas haduanna muhammadarasulullah’, yang artinya : ‘Aku bersaksi tentang tiada Tuhan yang wajib disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah’.

Selain hal tersebut apabila seseorang akan masuk ke agama Islam, maka diharuskan alias diwajibkan untuk mengucapkan kalimat syahadat yang nanti akan disaksikan oleh beberapa orang. Tidak sulit bagi seseorang untuk masuk ke dalam agama Islam, tapi apa hanya semudah itu saja? Pastinya tidak. Mungkin dengan mengucapkan dua kalimat syahadat bisa mengubah agama seseorang yang ada dalam identitas, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), tapi pada kenyataannya untuk menjadi seorang muslim yang baik dan sejati, maka orang tersebut harus paham dan mengerti betul tentang apa itu Islam serta mengamalkan apa yang ada dalam rukun Islam.

Mendirikan Sholat

5 waktu sholat yang harus dilakukan oleh setiap muslim di seluruh penjuru dunia adalah sebagai berikut.

  • Subuh (2 rakaat)
  • Duhur (4 rakaat)
  • Asar (4 rakaat)
  • Magrib (3 rakaat)
  • Isya’ (4 rakaat)

Sebenarnya selain 5 sholat wajib di atas, juga ada beberapa sholat sunnah yang bisa dilaksanakan oleh umat muslim. Sebab artinya ada sunnah, maka sholat sunnah boleh dikerjakan atau pun boleh ditinggalkan. Meskipun demikian, yang paling utama adalah melaksanakannya karena jika seorang muslim melaksanakan sholat sunnah maka akan mendapatkan pahala dan fadhilah, tapi jika meninggalkannya maka tidak akan mendapat dosa dan tidak mendapat pahala maupun fadhilah. Di bawah ini adalah beberapa sholat sunnah yang bisa dikerjakan umat muslim.

  • Sholat sunnah tahajud untuk mengabulkan berbagai keinginan
  • Sholat sunnah dhuha untuk melancarkan rezeki
  • Sholat sunnah idul fitri dan idul adha untuk memperbanyak pahala
  • Sholat sunnah witir sebagai penutup semua sholat yang dilakukan dalam sehari
  • Dan masih ada banyak lagi macam sholat sunnah lain yang bisa Anda kerjakan

Mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan

Untuk mengerjakan puasa pada dasarnya tidak jauh berbeda pada saat Anda akan mengerjakan sholat yang memiliki waktu tersendiri sesuai dengan puasa yang akan dikerjakan. Khususnya untuk puasa wajib biasanya akan dikerjakan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia, dimana apabila ditinggalkan atau tidak dikerjakan maka akan mendapatkan dosa, atau wajib diganti setelah puasa bulan ramadhan. Sesuai jenisnya, puasa di bulan ramadhan ini akan dikerjakan selama satu bulan penuh.

Ada beberapa orang yang diperbolehkan meninggalkan puasa ramadhan, tetapi tetap wajib menggantinya adalah sebagai berikut.

  • Orang yang sakit, jika mengerjakan puasa akan memperparah sakitnya
  • Ibu hamil
  • Ibu menyusui

Mengeluarkan Zakat

Tentunya setiap muslim di dunia wajib melaksanakan zakat. Salah satu jenis zakat wajib dilaksanakan oleh semua umat muslim di dunia adalah zakat fitrah, ini merupakan jenis zakat yang dikeluarkan mulai awal ramadhan sampai sebelum melaksanakan sholat idul fitri. Di Indonesia misalnya, zakat yang dikeluarkan menggunakan beras sebanyak 2.5 kg.

Tujuan dari zakat fitrah itu sendiri adalah untuk membersihkan jiwa atau tubuh dari segala hal buruk. Zakat fitrah dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 43 dengan bunyi sebagai berikut, ‘Dan dirikanlah sholat, serta tunaikan zakat, dan ruku’lah bersama dengan orang-orang yang ruku’.

Naik Haji Bagi yang Mampu

Haji adalah rukun Islam terakhir, dimana haji sendiri dilaksanakan di bulan dzulhijah dan dikerjakan di makkah. Salah satu alasan kenapa haji hanya diwajibkan bagi mereka yang mampu sebab makkah memiliki jarak yang cukup jauh bagi beberapa negara, sehingga jika seseorang ingin melaksanakan haji maka butuh uang yang sangat banyak sekali.

Oleh karenanya Allah SWT meringankan umat Islam yang tidak bisa melaksanakan haji, misalnya karena kekurangan biaya maka tidak melaksanakan rukun Islam yang terakhir ini tetap bisa dikatakan sebagai umat muslim sejati. Adapun rukun haji yang wajib dikerjakan oleh umat muslim selama melaksanakan ibadah haji antara lain sebagai berikut.

  • Niat ihram. Ini adalah tidak hanya memakai pakaian ihram saja, tetapi juga melaksanakan niat dan berjanji untuk tidak melaksanakan hal terlarang, seperti berkata kasar, membunuh, jima’, menikah, atau menikahkan.
  • Tawaf. Ini adlah mengelilingi sebanyak 7 kali, dimana pada 3 putaran kedua dilaksanakan dengan lari – lari kecil dan untuk putaran selanjutnya sampai akhir dengan berjalan seperti biasa.
  • Sa’i. Ini adalah lari – lari kecil mulai dari bukit shafa menuju bukit marwah.
  • Wukuf di arafah.
  • Tahalul. Ini adalah mencukur 3 helai rambut.
  • Tertib.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang 5 rukun Islam dan penjelasannya yang wajib diketahui umat muslim. Semoga bermanfaat.

Sejarah Sumpah Pemuda, Tekad Anak Bangsa Bersatu Demi Kemerdekaan

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *