Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Sedih…!!! [Terlengkap dan Terbaru]

6 min read

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Sedih…!!! [Terlengkap dan Terbaru]

Pidato Perpisahan Kelas 6 – Lagi cari contoh pidato perpisahan kelas 6 terbaru? Tenang, melalui artikel berikut akan kami bagikan contoh pidato lebih lengkapnya untuk kelas 6 beserta pidato singkat tentang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan lain – lain.

Pengertian pidato adalah ungkapan apa yang ada dalam benak atau pikiran seseorang yang dituangkan dalam bentuk kata – kata, lalu ditujukan kepada orang banyak. Pidato juga dapat diartikan sebagai wacana yang dibuat untuk kemudian dibacakan di depan banyak orang.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Sedih…!!! [Terlengkap dan Terbaru]
Photo by Penuliscilik.com

Kemampuan seseorang dalam berpidato pada dasarnya ditentukan dari aktifitas dalam kesehariannya. Itu artinya apabila orang tersebut memang sering sekali berpidato, bahkan akrab dengan dunia pidato maka pidato tidak akan asing lagi baginya. Berpidato di depan audiens yang banyak pun tentu tidak akan membuatnya kesulitan.

Namun demikian, kualitas pidato seseorang pasti tidak hanya ditentukan dari isinya saja, kemampuan dalam menyampaikan isi dari pidato yang telah dibuat juga penting sekali. Pastikan Anda sudah menguasai isi dari teks pidato yang dibuat sehingga Anda bisa menyampaikan kepada audiens dengan baik dan maksimal.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6
Photo by Sdsurodadi1ponjong.pendidikan.gunungkidul.com

Pada dalam berpidato seseorang bisa menggunakan beberapa metode, seperti menghafal, membaca naskah atau teks, ekstemporan, dan metode impromptu. Untuk berlatih pidato, mari simak contoh pidato perpisahan kelas 6 dan pidato singkat mengenai kesehatan, pendidikan dan lain – lain berikut ini.

Pidato perpisahan kelas 6 : 1

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang kami hormati,
Bapak Kepala Sekolah Bapak H. Jajang SDN 01 Bandung
Para guru SDN 01 Bandung
Bapak/Ibu wali murid sekalian
Dan teman-teman kami

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya bagi kita semua. Hari ini kita berkumpul bersama untuk merayakan sebuah perpisahan yang indah. Pertama-tama kami ucapkan terima kasih untuk para guru yang telah membimbing, mendidik dan mengajari kami ilmu pengetahuan selama 6 tahun ini. semoga Allah senantiasa membalas jasa-jasa kalian.

Pada kesempatan ini kami memohon maaf atas segala kesalahan yang telah kami lakukan selama ini, atas tingkah laku kami yang mungkin membuat Bapak/Ibu guru kesal atau marah. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Untuk adik-adik kami yang masih meneruskan pendidikan di SDN 01, kami kakak-kakakmu hanya ingin berpesan teruslah menuntut ilmu, belajar yang rajin, dan hormatilah selalu Bapak/Ibu guru di sekolah ini. patuhlah pada nasihat-nasihat baik mereka.

Dan yang terakhir, teruntuk Orang Tua kami tercinta terima kasih banyak atas kasih sayangnya pada kami, terima kasih sudah bersedia menyekolahkan kami di SDN 01 Bandung dan terima kasih atas didikan kalian.

Demikian saya akhiri pidato perpisahan ini, Wassalamu’alaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Pidato perpisahan kelas 6 : 2

Bapak Kepala Sekolah, para guru dan para orang tua murid yang kami hormati, dan teman-temanku serta adik-adik kelas yang tercinta. Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan perlindungan-Nya pada pagi hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan perpisahan. 

Kami berdiri disini untuk mewakili teman-teman kelas 6, untuk menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua murid untuk hadir dalam acara perpisahan ini. 

Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala Sekolah dan para guru yang telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun. Tentu saja para guru yang selama enam tahun telah mendidik kami, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan oleh karena sikap kami. Tetapi, para guru tetap sabar dan tidak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih. 

Pada kesempatan ini pula, kami mohon maaf sekiranya dalam kurun waktu enam tahun ini banyak perbuatan kami, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka kami mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi kami.

Pidato perpisahan kelas 6 : 3

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang kami hormati,
Bapak Kepala Sekolah Bapak (Sebut namanya)
Para guru (Sebut nama sekolah)
Bapak/Ibu wali murid sekalian
Teman dan adik kelas kami

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatNya bagi kita semua. Hari ini kita berkumpul bersama untuk merayakan sebuah perpisahan. Pertama-tama kami ucapkan terima kasih untuk para guru yang telah mendidik, membimbing, dan mengajari kami ilmu pengetahuan selama 6 tahun ini. semoga Allah senantiasa membalas semua jasa bapak dan ibu.

Pada kesempatan ini pula kami menyampaikan permohonan maaf atas semua kesalahan yang telah kami perbuat selama ini, atas tingkah laku kami yang mungkin membuat Bapak/Ibu guru jengkel atau marah. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Untuk adik-adik kami yang masih meneruskan pendidikan di (sebut nama sekolah), kami kakak-kakakmu hanya ingin berpesan belajarlah yang rajin, teruslah menuntut ilmu, dan hormatilah selalu Bapak/Ibu guru kita di sekolah ini. patuhlah pada nasihat-nasihat baik mereka.

Dan yang terakhir, teruntuk Orang Tua kami tercinta terima kasih banyak atas kasih sayangnya pada kami, terima kasih sudah bersedia menyekolahkan kami di (sebut nama sekolah) dan terima kasih atas didikan kalian.

Kami akhiri pidato perpisahan ini, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Pidato perpisahan kelas 6 : 4

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh

Bismillah, Alhamdulillah, Lakhaula Walaquwataillah Billah, Ama ba’dah.

Yang saya hormati (Sebut Pejabat yang Hadir)

Yang saya hormati Kepala Sekolah (Sebut nama sekolah)

Yang saya hormati Bapak Ibu Dewan Guru.

Yang saya hormati Bapak ibu tamu undangan.

Dan seluruh teman dan adik kelas sekalian.

Puji syukur Alhamdulilah atas segala limpahan karunia-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw.

Bapak ibu dewan guru yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia, pada kesempatan kali ini, saya mewakili semua siswa kelas 6 untuk menyampaikan kata perpisahan dan sekaligus mohon pamit, serta doa restu.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati,

Yang pertama, Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Ibu guru yang telah membimbing dan mendidik kami, sehingga kami dapat menyelesaikan proses belajar di sekolah tercinta ini dengan hasil yang memuaskan. Tiada apapun yang bisa kami berikan sebagai imbalan jerih payah Bapak Ibu guru selama 6 tahun ini. Hanya doa yang dapat kami panjatkan, semoga Allah SWT membalas segala jasa Bapak Ibu guru.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati,

Yang kedua, Sangat banyak kesalahan kami kepada Bapak Ibu Guru selama 6 tahun menimba ilmu di sekolah ini. Untuk itu, sudilah kiranya Bapak Ibu guru memafkan segala kesalahan kami.

Yang terakhir, Kami mohon doa restu kepada Bapak Ibu Guru, semoga kami dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi sesuai keinginan kami.

Bapak ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, banyak kesalahan, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pidato tentang pendidikan

Assalamualaikum Warahamatuloh Wabarokatuh

Yang saya hormati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung
Yang saya hormati, seluruh Dewan Kepala Sekolah SMU Kabupaten Bandung
Yang saya hormati, Persatuan Guru SMU Kabupaten Bandung
Serta seluruh siswa/siswi SMU se-Kabupaten Bandung

Pertama-tama mari kita panjatkan syukur kepada Allah SWT atas keberkahan dan kenikmatanNya sehingga kita semua dapat dipertemukan di sini dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Pendidikan menjadi elemen penting dalam memajukan bangsa Indonesia ini, tetapi jika kita tidak memanfaatkan sarana pendidikan yang ada maka bangsa kita tidak akan maju dan berkembang. Ilmu pengetahuan juga bisa menjadi pegangan saat kita memecahkan masalah di hidup kita. Jika fakir ilmu maka bagaimana kita akan memecahkan segala persolan dalam hidup.

Mencari ilmu dan belajar bisa di mana saja, walaupun sejatinya kita belajar dan menuntut ilmu di sekolah atau lembaga formal lainnya. Yang penting kita harus selalu mau belajar untuk menambah ilmu pengetahuan kita. Bagi para guru, jangan lelah untuk menebarkan ilmu yang bermanfaat untuk anak-anak didik kita, dan untuk para siswa jangan lelah menuntut ilmu agar kalian menjadi penerus bangsa.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua, dan semoga Allah SWT selalu memberi rahmatnya untuk kita. Terima kasih.

Pidato tentang kesehatan

Assalamualaikum Warahmatuloh Wabarrakatuh

Kepada yang terhormat Ibu Pembimbing kami serta teman-teman yang saya cintai, mari kita panjatkan puji syukur kita ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan dan rahmat yang diberikan.

Pola hidup yang sehat sangatlah penting, karena dengan itu kita akan terhindar dari segala macam penyakit. Pola hidup sehat juga menolong kita dari kekurangan gizi atau kelebihan gizi seperti obesitas. Pola hidup yang harus kita perhatikan diantaranya pola makan, pola tidur yang cukup, dan olahraga.

Olahraga yang teratur dapat membuat kita selalu fit, segar dan daya tahan tubuh juga menjadi lebih kuat. Selain itu, istirahat atau tidur yang cukup akan membantu kita dalam mengembalikan tenaga yang sudah terpakai seharian. Pola hidup sehat yang baik tetap harus didukung oleh pikiran yang bersih dan selalu positiv agar semuanya seimbang.

Demikianlah pidato ini saya sampaikan, saya harap kita semua bisa mengambil manfaat dari pidato kesehatan ini serta selalu menjaga kesehatan dengan memiliki pola hidup yang teratur. Maaf apabila ada salah kata, sekian dan terima kasih.

Pidato tentang lingkungan

Assalamu’alaikum Warahmatuloh Wabarakatuh

Yang Terhormat,
Ibu wali kelas yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena berkah dan ridhonya kita bisa berkumpul bersama di hari yang cerah ini.

Teman-teman yang berbahagia,
Sepatutnya kita tahu bahwa kebersihan lingkungan di sekitar kita tentu harus dirawat dan dijaga. Jika lingkungan bersih maka bencana pun bisa terhindarkan, menjaga kebersihan lingkungan juga akan mencegah berbagai penyakit yang mungkin timbul dari mana saja. Hal pertama yang dapat kita lakukan dalam menjaga lingkungan adalah membersihkan lingkungan sekolah kita SMPN 02 Bandung, terutama kelas yang kita gunakan untuk belajar setiap hari.

Kita harus memupuk kesadaran untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan kegiatan piket kebersihan di kelas setiap hari, dan membersihkan lingkungan sekolah seminggu sekali selama 30 menit sebelum dimulai pelajaran agar lingkungan sekolah juga senantiasa bersih dan sehat.

Teman-teman sekalian,
Mengutip kalimat kebersihan adalah sebagain dari iman maka saya harap kita semua mau membersihkan lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, indah dan nyaman. Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika banyak kekurangan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Pidato tentang Islami

Assalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan teman-teman seperjuangan yang selalu saya banggakan, mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan serta karunia sehingga kita bisa berkumpul bersama di sini. Shalawat dan salam juga kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW, semoga kita selalu diberi syafaatnya kelak di hari akhir.

Pada kesempatan yang baik ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato yang bertema akhlak. Seperti yang kita ketahui Allah SWT menciptakan manusia dengan sempurna dibanding makhluk lainnya seperti binatang, setan, malaikat, dan tumbuhan. Untuk itu kita harus selalu bersyukur atas karunia yang Allah beri tersebut.

Akhlak dibagi menjadi 2 macam yaitu akhlak baik dan buruk, untuk akhlak buruk contohnya sikap acuh tak acuh, suka menggosip, memukul, berjudi, mencuri, mabuk-mabukan, dan sebagainya. Kita harus memerangi akhlak buruk itu dengan akhlah yang baik. Sebelum kita melakukan hal-hal yang buruk cobalah untuk pikirkan dahulu dengan akal sehat bahwa itu tidak baik.

Rasulullah memiliki akhlak yang mulia dan sangat patut kita contoh, maka berakhlak baiklah seperti rasulullah. Perbaiki akhlak buruk kita dan beralihlah ke akhlak yang baik sehingga sikap kita itu juga dapat dicontoh banyak orang.

Demikian saya sampaikan pidato tentang akhlak ini semoga memberi manfaat bagi kita semua dalam memperbaikin diri. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Warramatuloh Wabarakatuh

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh pidato perpisahan kelas 6 terlengkap dan terbaru. Semoga bermanfaat.

Klasifikasi Makhluk Hidup : Pengertian, Tujuan, Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *