Penjelasan Lembaga Sosial : Pengertian, Jenis, Contoh

3 min read

Lembaga sosial merupakan lembaga yang dibentuk atau diciptakan atas dasar kepedulian dan kepentingan masyarakat. Sehingga memiliki tujuan mulia demi terwujudnya masyarakat yang lebih sejahtera, karena berpihak pada masyarakat atau sosial secara keseluruhan. Hal menarik yang bisa Anda temukan dalam lembaga ini adalah tidak mengharapkan pamrih atau keuntungan tertentu.

Lembaga yang bergerak dalam bidang sosial ini biasanya terbentuk atas kesadaran dan kebutuhan pada suatu wilayah. Sehingga ketika lembaga tersebut memberikan keuntungan dalam beragam aspek kehidupan. Maka keuntungan tersebut bisa mempermudah proses kehidupan masyarakat atau anggota lembaga itu sendiri. Supaya memiliki taraf kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Apa Itu Lembaga Sosial?

Secara harfiah, lembaga berarti wadah atau tempat berkomunikasi antar individu dan tersusun secara sistematis. Sedangkan sosial adalah kondisi atau pelaku kegiatan yang mencakup beberapa objek kehidupan, mulai dari manusia sebagai pelaku utama dan lingkungan sekitar. Dengan demikian lembaga diperlukan pada wilayah yang membutuhkan perubahan dan kesadaran secara sosial

Pengertian Lembaga Sosial

a. Pengertian Secara Umum

Lembaga sosial adalah sebuah lembaga atau organisasi yang dibentuk secara resmi maupun tidak  resmi. Lembaga ini diciptakan atas dasar masyarakat, landasan sosial yang tinggi dan memiliki tujuan mulia untuk memenuhi beragam kebutuhan dalam kehidupan di masyarakat. Kemudian mampu memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat merasakan manfaat dari lembaga itu sendiri.

Lembaga yang berkonsentrasi di bidang sosial memiliki peran signifikan sebagai pembentuk, pemersatu, penghukum, pendidik, pemerintah dan pengayom masyarakat. Sehingga setiap aspek kehidupan dalam pemerintahan bisa dilaksanakan. Kemudian masyarakat memperoleh apa yang telah menjadi hak dan melaksanakan serangkaian kewajibannya sebagai anggota masyarakat.

Kepoin Yuk!  Contoh Business Plan Terlengkap 2019

b. Pengertian Menurut Ahli Sosial

Lain halnya dengan pengertian secara luas. Para ahli sosial juga tidak lupa memberikan beberapa pendapat dan ideologi tentang lembaga yang berpusat pada kegiatan sosial. Simak beberapa pendapat para ahli terkemuka berikut ini!

Roucek And Warren menyatakan bahwa lembaga yang berkonsentrasi pada bidang sosial merupakan beragam pola dengan posisi yang baku. Memiliki tujuan mempersatukan beragam kebutuhan manusia yang terdiri dari kebiasaan dan berusahan memperoleh persetujuan dengan beragam cara. Sehingga memerlukan struktur baku untuk melaksanakan tujuan dan fungsi tersebut.

W.G Summer menyatakan bahwa Social institution dari sudut kebudayaan menjadi sebuah cita-cita, sikap, perbuatan dan beragam keperluan kebudayaan. Kebudayaan dan kebutuhan ini bersifat kekal dan bertujuan sebagai pemenuhan kebutuhan yang terjadi di masyarakat terkini. Selain itu, lembaga ini juga memerlukan aturan, integrasi yang menyeluruh antara penyelenggara dan masyarakat.

Jenis-jenis Lembaga Sosial di Lingkungan Sekitar 

Setelah Anda mengetahui pengertian lembaga di bidang sosial. Maka kini saatnya untuk mengetahui jenis-jenis lembaga di bidang sosial yang bisa Anda temukan saat ini. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Lembaga Keluarga

Tidak bisa dipungkiri bahwa keluarga menjadi salah satu unit sosial terkecil dan lembaga pertama yang Anda temukan setelah lahir ke dunia. Keluarga dibentuk berdasarkan pernikahan yang sah dan kasih sayang antara kedua belah pihak. Proses pembentukan lembaga ini bisa Anda ketahui sebagai berikut!

  • Terjadinya interaksi antara seorang laki-laki dan seorang perempuan
  • Berlangsungnya interaksi berulang dan membutuhkan waktu tertentu hingga terjadinya proses pernikahan
  • Kemudian lembaga ini dilengkapi dengan kehadiran anak dalam jumlah tertentu. Sehingga lembaga keluarga ini memiliki anggota inti.

2. Lembaga Pendidikan

Menurut para ahli lembaga pendidikan memiliki hubungan dengan lebih banyak fungsi nyata atau manifestasi, di antaranya:

  • Menyiapkan anggota masyarakat untuk mencari penghasilan di masa depan
  • Menyiapkan dan mengembangkan keterampilan serta bakat individu yang berguna kelak di masyarakat
  • Melestarikan budaya dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan demokrasi di lingkungan sosial
Kepoin Yuk!  6 Cara Membuka Situs yang Diblokir

3. Lembaga Ekonomi

Tujuan utama lembaga ekonomi adalah memenuhi kebutuhan utama setiap individu guna melangsungkan kehidupan di  lingkungan masyarakat. Ketahui fungsi lembaga ekonomi, di antaranya:

  • Pedoman soal memberikan upah
  • Memberi pedoman soal kegiatan jual beli barang dan pertukaran atau barter
  • Memberi pedoman soal cara melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
  • Memberi identitas dan pelaksanaan tenaga kerja di masyarakat

4. Lembaga Agama

Sistem keyakinan yang dimiliki oleh lembaga agama merupakan praktik keagamaan di masyarakat. Kemudian dirancang sesuai dengan rumus atau aturan yang telah baku. Berdasarkan kitab suci agama dan peraturan dari pemerintah setempat atau dalam lingkup nasional. Ketahui fungsi lembaga agama di antaranya:

  • Patokan atau pedoman hidup dan sumber kebenaran
  • Mengatur tata cara bersosial dengan manusia, kemudian kepada Tuhan
  • Mengandung prinsip benar-salah dan perbuatan baik-buruk

5. Lembaga Politik

Lembaga di area politik menangani masalah administratif dan tata tertib dalam keamanan di masyarakat. Adapun fungsi dari lembaga politik adalah sebagai berikut:

  • Pelaksana norma melalui undang-undang di badan legislatif
  • Melaksanakan undang-undang dan pelayanan serta melindungi masyarakat
  • Memelihara kesediaan dan kesiapan terhadap ancaman maupun bahaya

6. Lembaga Hukum

Di dalam perkembangannya, lembaga hukum memiliki fungsi yang luas terhadap kegiatan di masyarakat di antaranya:

  • Menentukan wewenang terperinci dan struktural berupa aturan atau pelaksana aturan
  • Media penyelesaian sengketa dan penggerak pembangunan
  • Alat pengatur tata tertib dan memelihara ketertiban di lingkungan sosial

7. Lembaga Budaya

Lembaga ini menjadi lembaga publik yang bertujuan untuk mengembangkan budaya, pengetahuan, lingkungan, ilmu, seni dan pendidikan. Sedangkan fungsi utama dari lembaga budaya adalah lembaga yang mampu melestarikan kebudayaan di Indonesia.

Fungsi Lembaga Sosial

Adapun fungsi lembaga sosial secara keseluruhan adalah sebagai berikut

a. Memberikan pedoman terhadap anggota masyarakat

Kepoin Yuk!  Cara Membuka PDF yang Terkunci di Android dan PC | Update 2019

b. Menjaga keutuhan masyarakat dari konflik, bahaya dan rasisme

c. Mampu menjadi alat pengendali sosial dan mengawasi setiap kegiatan anggota masyarakat di lingkungannya

Ciri dan Karakteristik Lembaga Sosial

Terdapat beragam ciri dan karakteristik yang bisa Anda ketahui sebagai identitas dari lembaga yang bergerak di bidang sosial, di antaranya;

a. Organisasi dengan beragam perilaku, aktivitas, unsur budaya yang terkumpul dalam unit fungsional

b. Memiliki rangkaian norma pada kebutuhan yang dipelihara dan bersifat baku

c. Memiliki tujuan dan alat perlengkapan untuk melaksanakan fungsi secara optimal

d. Memiliki lambang atau simbol sebagai identitas resmi 

e. Memiliki aturan, tujuan, tata tertib dan peraturan yang berbeda-beda dari setiap lembaga 

5. Syarat Terbentuknya Lembaga Sosial

Seorang ahli sosial ternama bernama Koentjaraningrat menyatakan bahwa aktivitas setiap individu yang dibakukan sebagai lembaga di bidang sosial harus memenuhi persyaratan tertentu.  Persyaratan tersebut di antaranya:

a. Terdapat tata tertib kelakuan yang baku. Sehingga membentuk norma dan kebudayaan baik secara tertulis maupun tidak tertulis.

b. Terdapat kelompok manusia yang beraktivitas bersama-sama kemudian terhubung berdasarkan norma dan aturan yang berlaku.

c. Memiliki pusat aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan dipahami oleh setiap kelompok yang bersangkutan.

d. Memiliki peralatan yang lengkap dan harus didasarkan pada budaya kelompok-kelompok masyarakat. Sesuai dengan keadaan dan kurun waktu yang cukup lama.

Contoh Lembaga Sosial

Anda bisa menemukan beberapa contoh lembaga di bidang sosial seperti lembaga agama berikut ini:

a. Majelis Ulama Indonesia (MUI) 

b. Konferensi Wali Gereja  Indonesia (KWI) 

c. Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) 

d. Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) 

e. Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)

Keberadaan lembaga menjadi pendukung berkembangnya kegiatan dan kesejahteraan masyarakat. Supaya kebutuhan yang Anda inginkan terpenuhi berkat dorongan dan bantuan lembaga-lembaga sosial Indonesia. Yakni tanpa pemerasan dan kekerasan terhadap individu atau kelompok tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *