Pengertian Demokrasi : Sejarah, Ciri – Ciri, Prinsip, dan Jenis Demokrasi

3 min read

Pengertian Demokrasi : Sejarah, Ciri – Ciri, Prinsip, dan Jenis Demokrasi

Pengertian Demokrasi – Sejak lahir tinggal di Indonesia? Sebagai salah satu negara demokrasi, kira – kira sudahkah Anda tahu apa itu demokrasi? Secara umum, pengertian demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan, dimana semua warganya memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Ciri negara demokrasi antara lain, warganya memiliki kekuasaan tertinggi dalam hal pembuatan keputusan yang nanti akan berdampak pada kehidupan warga secara keseluruhan. Misalnya pada sistem pemeritahan demokrasi yang akan memberikan kesempatan penuh kepada warganya untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam proses perumusan, penetapan undang – undang, serta pengembangan, baik itu lewat perwakilan atau pun secara langsung.

Pengertian Demokrasi Lebih Lengkapnya

Pengertian Demokrasi Lebih Lengkapnya
Photo by Pandaibesi.com

Pengertian demokrasi secara lebih lengkapnya adalah pemerintahan yang dilaksanakan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Sebagai salah satu negara yang sampai saat ini menganut sistem pemerintahan negara kesatuan, Indonesia juga bisa dibilang sebagai negara demokratis. Negara demokrasi sendiri merupakan suatu negara yang menganut sistem pemerintahan yang memiliki tujuan utama untuk menciptakan kedaulatan rakyat sebab kekuasaan dan kedaulatan dipegang penuh oleh rakyat, serta dijalankan oleh pemerintah untuk jalankan hak serta wewenangnya atas nama rakyat.

Dari penjelasan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa rakyat memiliki kekuasaan tertinggi dalam pembuatan keputusan yang nantinya berdampak bagi kehidupan rakyat secara keseluruhan. Sistem pemerintahan demokrasi ini juga akan memberikan kesempatan yang penuh kepada setiap warganya untuk ikut berpartisipasi secara aktif, baik itu dalam proses perumusan, penetapan undang – undang, atau pun pengembangan.

Sejarah Demokrasi

Sejarah Demokrasi
Photo by Sekolahan.co.id

Sebenarnya sistem demokrasi di Indonesia sudah dikenal dan diterapkan sejak lama, yakni sejak zaman Yunani Kuno. Dimana dalam pelaksanaannya, rakyat bisa ikut terlibat secara langsung dalam proses pengambilan keputusan yang ada kaitannya dengan keberlangsungan suatu negara.

Dalam sistem demokrasi ini di zaman Yunani Kuno dulu memang sulit untuk bisa diterapkan. Itu sebabnya kenapa Indonesia membentuk lembaga perwakilan rakyat, yakni DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat. Dimana dalam hal ini DPR memiliki peranan yang cukup penting untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah. Kondisi tersebut pada akhirnya memunculkan demokrasi perwakilan atau demokrasi secara tak langsung.

Di era kepemimpinan Presiden Soekarno, Indonesia juga pernah menerapkan sistem demokrasi terpimpin, lalu dimasa pemerintahan Presiden Soeharto diterapkanlah demokrasi pancasila hingga era reformasi. Penerapan demokrasi di Indonesia pada dasarnya sudah melewati banyak sekali proses sampai akhirnya tercapailah keadilan dan kebebasan dalam memberikan aspirasi.

Ciri – Ciri Demokrasi

Ciri – Ciri Demokrasi
Photo by Artikelmateri.com
  • Warga negara ikut terlibat dalam mengambil keputusan politik.
  • Ada pengakuan, perlindungan, dan penghargaan terhadap hak asasi rakyat.
  • Persamaan hal bagi seluruh rakyat di segala bidang.
  • Ada lembaga peradilan juga kekuasaan kehakiman independen sebagai salah satu bagian dari alat penegakan hukum.
  • Ada kebebasan dan kemerdekaan bagi seluruh rakyat.
  • Pers yang bebas dalam penyampaian informasi dan mengontrol perilaku kebijakan pemerintah.
  • Ada pengakuan dari perbedaan keberagaman suku, budaya, agama, bahasa, dan lain – lain.
  • Terselenggaranya pemilihan umum yang bebas, jujur, dan adil.

Selain itu, juga masih ada banyak lagi ciri negara demokrasi yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

  • Konstitusional, ini ada kaitannya dengan kehendak, kekuasaan, maupun kepentingan rakyat yang tercantum di dalam konstitusi yang berlaku.
  • Perwakilan, ini ada kaitannya dengan kedaulatan rakyat dan diwakilkan oleh beberapa orang yang dipilih rakyat sendiri.
  • Pemilihan umum, ini adalah kegiatan politik dalam pemilihan pihak di pemerintahan.
  • Kepartaian, partai yang digunakan sebagai media dalam pelaksanaan sistem demokrasi.
  • Kekuasaan, adanya pembagian kekuasaan dan pemisahan kekuasaan.
  • Tanggung jawab yang berasal dari pihak terpilih.

Prinsip Demokrasi

Prinsip Demokrasi
Photo by Temukanpengertian.com

Negara berdasarkan pada konstitusi

Konstitusi adalah suatu norma dalam sistem politik dan hukum yang dibuat pemerintah secara tertulis. Konstitusi tersebut kemudian dijadikan sebagai landasan untuk menjalankan negara. Konstitusi juga berfungsi sebagai batasan kewenangan pemerintahan untuk memenuhi hak rakyat.

Sistem keadilan tidak memihak dan bebas

Pemerintah dilarang keras untuk ikut campur atau melakukan intervensi selama proses peradilan. Sebab, pada pemerintahan demokrasi menganut peradilan bebas.

Terjadi pergantian pemerintahan

Pergantian pemerintahan ini memang harus dilakukan secara berkala, dengan begitu akan mengurangi terjadinya penyalah gunaan wewenang maupun kekuasaan, kolusi, korupsi, dan nepotisme. Sebab hal tersebut pernah terjadi pada saat masa pemerintahan orde baru.

Ada kebebasan dalam berpendapat dan berserikat

Perlu untuk diketahui juga bahwa dalam sistem pemerintahan demokrasi, setiap rakyat memiliki hak untuk membentuk organisasi dan memiliki hak pula dalam menyampaikan pendapat. Tetapi juga penting untuk diingat apabila dalam menyampaikan pendapat harus dilakukan sebijak mungkin.

Kebebasan pers

Dengan adanya kebebasan pers, itu artinya rakyat bisa lebih mudah dan bebas lagi dalam menyampaikan pendapatnya kepada pemerintah. Pada sistem demokrasi, pers memiliki kebebasan dalam menyampaikan berbagai macam kritikan dan saran kepada pemerintah dalam pembuatan kebijakan. Fungsi pers sendiri adalah sebagai media sosialisasi semua program pemerintah kepada rakyat. Oleh karenanya pentingnya komunikasi antara pemerintah dengan rakyat bisa terjalin dengan baik.

Rakyat memiliki kedudukan yang sama dimata hukum

Dalam menjalankan penegakan hukum harus bisa dilakukan dengan adil, misalnya saja dengan melihat keadilan dan kebenaran yang ada tanpa harus memihak pada apapun. Itu artinya setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama dimata hukum. Jika memang ada yang melanggar hukum maka harus mendapat hukuman secara tegas sesuai pelanggaran yang dilakukan.

Jenis Demokrasi

Jenis Demokrasi
Photo by Bebasketik.com

Jenis demokrasi berdasarkan bentuknya

  • Demokrasi prosedural. Ini adalah jenis demokrasi dimana dalam proses pemilihan pemimpinnya dilakukan secara langsung.
  • Demokrasi substansial. Ini adalah bentuk demokrasi dimana nilai demokrasinya diwujudkan dan juga ada perlindungan penuh terhadap minoritas.

Jenis demokrasi berdasarkan prosesnya

  • Demokrasi langsung. Ini adalah proses demokrasi dimana semua elemen rakyat ikut serta dalam permusyawaratan guna memutuskan maupun merumuskan kebijakan perundang – undangan.
  • Demokrasi tak langsung. Ini adalah proses demokrasi dimana kebijakan umum dirumuskan serta diputuskan lembaga perwakilan rakat, contohnya Dewan Perwakilan Rakyat.

Jenis demokrasi berdasarkan ideologinya

  • Demokrasi liberal. Ini adalah ideologi demokrasi yang berlandaskan kepada kebebasan individu. Dimana dalam pelaksanaannya, negara memiiki kekuasaan terbatas dan harus melindungi hal individual di kehidupan warga negaranya.
  • Demokrasi sosial. Ini adalah ideologi demokrasi yang berlandaskan pada komunalisme rakyat. Dimana dalam pelaksanaannya, negara berperan sebagai pemilik kekuasaan dominan yang menjadi wakil rakyat. Kepentingan umum jauh lebih diutamakan daripada hak individual. Tujuannya agar bisa mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat.
  • Demokrasi pancasila. Ini adalah ideologi demokrasi yang berlandaskan pada nilai pancasila. Indonesia menerapkan demokrasi pancasila, seperti yang tertuang pada sila ke-4 pancasila.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian demokrasi, sejarah, ciri – ciri, prinsip, dan jenis demokrasi. Semoga bermanfaat.

Suku Dayak : Sejarah, Kebudayaan, dan Adat Istiadat Secara Lengkap

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *