Pengertian Pencemaran Lingkungan

3 min read

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan – Apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan? Dan, apa saja dampak dari pencemaran lingkungan tersebut? Melalui artikel berikut akan kami informasikan selengkapnya kepada Anda mengenai pencemaran lingkungan.

Pada dasarnya semua mahkluk hidup yang ada di dunia ini hidup berdampingan antara satu dengan yang lain. Itu artinya, makhluk hidup tidak hanya berdampingan dengan sesama makhluk hidup saja, tetapi juga dengan berbagai komponen yang tak hidup sekalipun di dunia. Secara umum, pengertian pencemaran lingkungan adalah bagian – bagian dari penyebab utama terjadinya hal – hal yang bisa membahayakan makhluk hidup dalam kelangsungan hidupnya.

Pengertian Pencemaran Lingkungan Lebih Lengkapnya

Pengertian Pencemaran Lingkungan Lebih Lengkapnya
Photo by Hai.grid.id

Apabila dilihat berdasarkan lingkungan yang sudah terkontaminasi dengan suatu pencemaran, maka pencemaran lingkungan ini dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian ruang lingkup yang lebih luas. Contohnya saja seperti pencemaran yang terjadi di udara, tanah, dan air. Namun demikian, pengkategorian dari pencemaran lingkungan tersebut juga masih dibagi lagi ke dalam beberapa bagian, sehingga bisa menghasilkan banyak sekali jenis pencemaran lingkungan yang tentu saja akan sangat membahayakan keberlangsungan hidup.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa manusia dengan segala kehebatannya saat ini sudah semakin maju dan berkembang dalam kehidupan sehari – hari. Seiring dengan berkembangnya zaman, manusia tentu saja semakin banyak menemukan temuan – temuan yang baru untuk memudahkan kehidupannya di masa yang akan datang. Tidak hanya itu saja, karena faktor kemajuan zaman saat ini telah didirikan berbagai gedung – gedung yang difungsikan sebagai pusat industri dan lain – lain.

Tentunya semua perkembangan yang menakjubkan tersebut akan membawa dampak yang baik bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Tapi sudahkah Anda tahu dan sadari bahwa ternyata dibalik kemajuan zaman dan modernisasi di bidang industri mampu membawa dampak buruk pula? Dampak buruk ini terutama dirasakan oleh lingkungan, hingga akhirnya terjadilah pencemaran lingkungan.

Jenis Pencemaran Lingkungan yang Harus Diketahui

Jenis Pencemaran Lingkungan yang Harus Diketahui
Photo by Pesat.id

Pencemaran tanah

Jenis pencemaran lingkungan yang pertama ini merupakan kondisi dimana bahan kimia buatan masuk dan mampu merubah lingkungan tanah alami. Terjadinya pencemaran tersebut biasanya dikarenakan ada kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri, kecelakaan kendaraan yang mengangkut zat kimia dan minyak, serta penggunaan pestisida.

Pencemaran suara

Sementara itu untuk jenis pencemaran suara ini sendiri biasanya berbentuk suara yang mengganggu aktifitas manusia hingga merusak pendengaran.

Pencemaran bahan radioaktif

Lain halnya dengan jenis pencemaran berikut ini yang biasanya berasal dari bom atau reactor nuklir. Apabila di wilayah tempat Anda tinggal tercemar bahan radioaktif, maka Anda harus hati – hati sebab pencemaran tersebut bisa menimbulkan penyakit ganas, seperti tumor dan kanker.

Penggunaan racun dan bahan peledak

Biasanya penggunaan racun atau bahan peledak ini digunakan untuk menangkap ikan dalam jumlah banyak hingga akhirnya membuat air terkontaminasi. Hal tersebut bisa terjadi karena bahan kimia membuat air terkontaminasi. Bahan ini bisa saja mengakibatkan ekosistem yang ada di dalamnya rusak.

Asap rokok

Lalu untuk jenis pencemaran lingkungan yang berikut ini memang menjadi hal yang umum di hampir seluruh bagian Indonesia. Ya, merokok bisa menyebabkan kualitas udara jadi tidak sehat. Sebab, pada asap rokok terdapat beberapa kandungan yang berbahaya.

Asap pembakaran sampah

Penyebab utama dari pencemaran tersebut adalah ulah manusia itu sendiri yang membakar sampah – sampah di sembarangan tempat. Asap yang dihasilkan akan tercemar pada polusi udara hingga akhirnya menjadi penyakit bagi siapa saja yang menghirupnya.

Asap kendaraan

Misalnya pada asap kendaraan bermotor yang memang tidak baik bagi kesehatan manusia hingga proses fotosintesis pada tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan asap mengandung hasil pembakaran yang tidak sempurna, serta penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan hingga akhirnya menyebabkan kadar karbondioksida di bumi.

Membuang sampah disembarangan tempat

Sampah rumah tangga biasanya dibuang sembarangan di sungai. Padahal hal ini bisa sebabkan air di sungai tersebut jadi keruh dan kotor sehingga bisa sangat mengganggu keberlangsungan kehidupan biota yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kebutuhan air manusia pun akan jadi terganggu.

Menebang pepohonan secara liar

Penebangan pohon secara liar juga bisa mengakibatkan hutan jadi gundul. Hal tersebut tentunya bisa menyebabkan permukaan tanah jadi semakin sedikit sebab pada saat hujan akan ada banyak tanah yang terbawa arus air yang mengalir ke sungai – sungai atau pun danau. Selain itu, akibat penebangan liar juga bisa menyebabkan longsor saat hujan turun dengan derasnya.

Polusi udara

Pencemaran udara adalah salah satu dari sekian banyaknya pencemaran lingkungan yang tentu saja akan sangat merugikan. Pencemaran udara biasanya terjadi akibat substansi fisik, kimia, maupun biologi di atmosfir dalam jumlah yang bisa membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan. Tidak hanya itu, polusi udara juga bisa mengganggu kenyamanan, estetika, dan bisa merusak properti.

Akibat Pencemaran Lingkungan Secara Umum

Akibat Pencemaran Lingkungan Secara Umum
Photo by News.detik.com

Sebabkan terjadinya lubang ozon

Akibat pencemaran lingkungan yang pertama berupa menipisnya lubang ozon. Pada saat hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan sinar ultraviolet menyinari bumi secara langsung. Tentu saja yang demikian ini akan sangat membahayakan sebab bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit, seperti kanker kulit, binatang laut musnah, dan lain sebagainya.

Terjadi pemekatan hayati

Ini adalah salah satu dampak yang akan ditimbulkan dari adanya pencemaran. Proses pemekatan hati tersebut juga bisa diartikan sebagai peningkatan kadar bahan pencemar lewat tubuh manusia. Disebut juga sebagai amnalgamasiasi, pemekatan hayati tersebut merupakan suatu perairan yang telah tercemar.

Sebabkan keracunan dan penyakit

Pada saat manusia mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bahan pencemar, itu artinya hal buruk akan segera terjadi. Beberapa kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi akibat pencemaran lingkungan satu ini adalah keracunan atau meninggal dunia.

Terganggunya keseimbangan lingkungan

Penyebab pencemaran lingkungan yang lainnya adalah ketidakseimbangan lingkungan atau eksosistem yang ada. Hal tersebut jelas terjadi sebab pencemaran lingkungan secara otomatis akan merusak keadaan yang awalnya baik – baik saja menjadi tidak baik. Nah, pada saat terjadi pencemaran maka akan ada banyak sekali pihak yang terganggu, mulai dari manusia, binatang, hingga tumbuh – tumbuhan.

Spesies flora dan fauna alami kepunahan

Terjadinya pencemaran dalam skala besar bisa mempengaruhi keadaan lingkungan. Pada saat polutan sudah masuk dalam lingkungan hidup, maka hal tersebut bisa mematikan beberapa jenis flora dan fauna. Hal ini tentu saja juga didukung pula oleh keadaan kekebalan setiap flora dan fauna yang memang berbeda – beda.

Berkurangnya kesuburan tanah

Akibat terjadinya pencemaran di lingkungan yang terakhir juga bisa menyebabkan pengurangan kesuburan pada tanah. Penurunan kesuburan ini diakibatkan oleh penggunaan isektisida yang berlebih. Pada saat penggunaan insektisida tersebut berlebih, maka akan mencemari tanah. Sehingga tanah jadi kehilangan kesuburannya sedikit demi sedikit dan produktivitas tanah pun bisa terganggu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian pencemaran lingkungan lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Suku Dayak : Sejarah, Kebudayaan, dan Adat Istiadat Secara Lengkap

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *