Makanan Khas Bali: Yuk, Cobain Halal Paling Terkenal dan Enak Ini!

3 min read

Doyan Makan? Yuk, Cobain Makanan Khas Bali Halal Paling Terkenal dan Enak Ini!

Makanan Khas Bali – Siapa nih diantara kalian yang doyan banget makan? Jika tujuan wisata Anda kali ini adalah Pulau Bali, tentu saja makanan khas Bali berikut ini wajib banget Anda coba cicipi.

Karena apa? Selain terjamin kehalalannya, ternyata beberapa makanan tersebut menjadi salah satu makanan Bali yang paling terkenal dan enak banget pastinya. Perut dan lidah Anda dijamin akan termanjakan deh!

Ya, seperti yang kita tahu bersama, bahwa Pulau Dewata Bali ini memang memiliki pesona tersendiri yang membuat siapa pun ingin berkunjung. Di Bali ada banyak banget destinasi wisata, mulai pantai, air terjun, museum, dan lain – lain. Menariknya, di Bali Anda juga bisa berwisata kuliner lho!

Mungkin hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa pada akhirnya pesona sejuta lautnya yang indah membuat Bali tidak pernah sepi dari pengunjung lokal maupun mancanegara. Tidak hanya kaya akan tempat wisatanya, Bali juga simpan berbagai makanan khas yang lezat.

Ini Dia Makanan Khas Bali Halal Paling Terkenal dan Enak

Saking ada banyaknya makanan khas Bali yang terkenal dan enak, sehingga yang demikian tersebut pasti akan membuat Anda bingung memilih mana yang pertama kali harus Anda cicipi. Nah, agar lebih mudahnya, simak dulu yuk daftar makanan halal di Bali yang khas berikut ini.

Tum Ayam

Tum Ayam
Photo by Masmanto.com

Makanan khas Bali yang pertama wajib Anda cicipi saat liburan ke Pulau Dewata adalah Tum Ayam. Yang jadi pertanyaannya di sini adalah, kira – kira apa sih yang membedakan Tum Ayam dengan olahan berbahan dasar ayam yang ada pada umumnya? Yang pasti, Tum Ayam berbeda dengan olahan ayam yang sering Anda jumpai.

Tum Ayam ini merupakan sejenis pepes yang enak dan lezat. Dibuat dari campuran daging ayam pilihan yang berkualitas, kemudian diberi campuran aneka bumbu dan santan kental. Lalu semua campuan dari bahan tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang sebelum akhirnya dikukus sampai matang.

Perlu Anda tahu, penggunaan daun pisang untuk membungkus olahan ayam ini bertujuan agar membuat masakan tersebut jadi semakin nikmat. Tapi, jika kebetulan Anda bosan dengan daging ayam, ternyata Tum juga bisa disajikan dengan daging bebek dan lainnya, lho.

Komoh

Komoh
Photo by Kaltim.tribunnews.com

Jika dilihat dari namanya, mungkian makanan khas Bali yang satu ini sedikit terdengar aneh, ya. Tapi jika berbicara mengenai rasa, Komoh pasti juara banget deh. Makanan satu ini memang sangat lezat sekali tidak heran jika kerap kali jadi buruan para wisatawan yang datang ke Pulau Bali.

Buat Anda yang baru pertama kali ke Bali dan ingin mencicipi makanan tersebut, Komoh adalah sejenis makanan yang berisikan hati, kulit, daging. Komoh biasanya disajikan pada saat acara keagamaan di Pulau Bali. Daging yang digunakan untuk membuat makanan tersebut adalah daging ayam, daging babi, dan daging bebek.

Sangat disarankan sekali agar Anda memilih Komoh yang dibuat dari daging ayam dan bebek jika mencari makanan halal di Pulau Bali.

Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang
Photo by Kintamani.id

Siapa nih diantara kalian yang suka banget makan rujak? Di Bali ada rujak unik yang harus banget Anda coba, yakni Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang. Jika dilihat dari namanya, rujak di Bali yang enak dan lezat satu ini memang unik banget.

Sensasi pedasnya akan Anda rasakan setelah mencicipi irisan mangga yang diberi campurna kuah pindang dan cabai yang benar – benar super pedas. Ini pastinya pas banget buat Anda yang juga penyuka makanan pedas di Bali.

Tenang, tidak hanya buah mangga saja kok, Anda juga bisa mencoba menggantinya dengan buah – buahan yang lain, atau pun rumput laut. Tahu nggak sih kalau di Pulau Bali, ada rujak rumput laut yang juga menggunakan kuah pindang lho, atau biasanya disebut dengan Rujak Bulung.

Sate Kakul

Sate Kakul
Photo by Kintamni.id

Ini bukan sembarang sate, sebab Sate Kakul khas Bali ternyata memiliki rasa yang enak, lezat, dan menggugah. Dijamin akan membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan. Apabila Anda sudah biasa makan sate ayam atau sate kambing, maka saat liburan ke Bali Anda bisa mencoba Sate Kakul yang cukup terkenal ini.

Tenang, sebab Sate Kakul dijual dengan harga yang murah banget kok. Jadi, tidak akan menguras dompet liburanmu di Pulau Bali. Ste Kakul ini pada dasarnya hampir sama dengan sate kerang. Sebelum proses pembakaran, sate yang dibuat dari daging kerang tersebut terlebih dulu diberi bumbu plecing khas Bali.

Ternyata bumbu plecing inilah yang membuat citra rasa Sate Kakul menjadi sangat khas dan super lezat. Jadi, Anda harus banget coba mencicipinya saat ke Bali.

Lawar

Lawar
Photo by Fimela.com

Pernah coba Lawar saat berlibur ke Pulau Dewata Bali? Jika belum, maka untuk liburan Anda berikutnya di Pulau Bali, Lawar pastinya tidak boleh sampai terlewat.

Lawar merupakan sejenis makanan yang dibuat dari campuran sayur mayur dan daging yang sudah dicincang, kemudian diberi campuran bumbu khas Bali. Agar lebih mantap dan nikmat lagi, jangan lupa menyantap Lawar bersama nasi putih yang masih hangat.

Sate Lilit

Sate Lilit
Photo by Bisnisbandung.com

Pada dasarnya sudah ada banyak sekali daerah lain selain Bali yang juga menjual Sate Lilit, tapi tahukah Anda bahwa Sate Lilit di Bali memiliki citra rasa yang berbeda lho.

Ya, berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Lilit khas Pulau Bali biasanya potongan dagingnya tidak ditusuk, akan tetapi sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan. Kemudian dagingnya tersebut dililitkan di batang daun serai atau tangkai bambu.

Lalu untuk daging yang digunakannya pun ternyata bukan hanya daging ayam saja, tetapi ada juga yang menggunakan daging ikan tenggiri atau daging babi. Namun jika Anda mencari yang halal, maka disarankan untuk memilih daging ayam atau daging ikan tenggiri saja.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo
Photo by Resepnusantara.id

Kuliner di Bali tentu saja masih belum lengkap dan sempurna jika Anda belum mencoba Nasi Jinggo yang khas banget satu ini. Nasi Jinggo pada dasarnya hampir sama dengan nasi kucing pada umumnya.

Ya, nasinya hanya sebesar kepala tangan orang dewasa, lalu diberi tambahan dengan daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Tapi yang paling khas dari Nasi Jinggo Bali adalah ada pada sambalnya yang super duper pedas. Anda tentu tidak akan merasa kenyang jika hanya makan sebungkus Nasi Jinggo saja.

Sate Plecing

Sate Plecing
Photo by Medium.com

Lalu terakhir ada Sate Plecing. Bumbu dari plecing sendiri terdiri dari cabai rawit, garam, tomat, terasi, dan air jeruk limau. Rasa pedas gurih dan sedikit asin pastinya pas banget di lidah masyarakat Indonesia. Satenya bukan hanya dibuat dari daging ayam saja, tetapi ada pula yang dibuat dari daging ikan dan babi. Tinggal Anda mau pilih yang mana?

So, jika liburan kali ini adalah ke Bali, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan khas Bali yang khas ini. Lidah dan perutmu dijamin akan terpuaskan deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *