Letak Geografis Indonesia Beserta Penyebab dan Pengaruhnya [Penjelasan Lengkap]

3 min read

Letak Geografis Indonesia Beserta Penyebab dan Pengaruhnya [Penjelasan Lengkap]

Letak Geografis Indonesia – Apabila Anda mengaku cinta Indonesia, maka sudah seharusnya Anda tahu letak geografis Indonesia yang sebenarnya. Menjadi salah satu negara yang bisa dibilang cukup beruntung sekali jika dibandingkan dengan negara – negara lain di belahan dunia, Indonesia berada di wilayah yang sangat strategis sekali.

Jika dilihat secara geografis, negeri kita ini berada diantara Benua Australia dan Asia, juga diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sementara itu jika dilihat secara astronomis, Indonesia berada pada lintang utara (6 LU) – lintang selatan (110 LS), dan bujur timur (950 BT) – bujur timur (1410 BT). Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya mengenai letak geografis Indonesia beserta penyebab dan pengaruhnya, mari simak rangkumannya di bawah ini.

Penyebab Letak Geografis Indonesia yang Perlu Diketahui

Penyebab Letak Geografis Indonesia yang Perlu Diketahui
Photo by Perpustakaan.id

Indonesia pada dasarnya memiliki 3 iklim utama, yakni musim (muson), panas (tropis), dan iklim laut. Letak Indonesia yang berada tepat di persilangan lalu lintas dunia sehingga membuatnya sangat ramai dan diuntungkan apabila dilihat dari segi ekonominya.

Selain itu, adanya iklim musik yang terjadi di negeri ini disebabkan ada pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah di setiap setengah tahun sekali. Dimana angin tersebut berasal dari timur laut dan sifatnya kering. Makanya hal tersebut mampu memunculkan musim kemarau yang biasanya terjadi di bulan April – Oktober.

Sementara itu angin yang bertiup dari barat daya dan sifatnya basah sehingga mampu memicu terjadinya musim hujan yang biasanya terjadi di bulan Oktober – April. Perlu untuk diketahui juga bahwa iklim laut terjadi karena kondisi negeri ini yang dikelilingi oleh banyaknya laut dan samudera. Tidak heran jika pada akhirnya hal tersebut membuat iklim di Indonesia lebih banyak alami musim penghujan.

Kepoin Yuk!  Cara Menghitung Persen dengan Cepat Lengkap dengan Contohnya

Lalu untuk iklim panas atau tropis yang terjadi di Indonesia biasanya akan sebabkan udara menjadi panas. Hal tersebut bisa saja terjadi karena Indonesia adalah salah satu negara yang berada di sekitar garis khatulistiwa.

Terlepas dari hal tersebut jika dilihat dari skala micro, Indonesia ternyata berbatasan langsung dengan negara – negara lain. Dimana batasan geografis letak Indonesia ini sebagai berikut.

  • Sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina
  • Sebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Australia
  • Sebelah barat Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Sebelah timur Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini

Adapun keuntungan letak geografis Indonesia yang harus Anda tahu diantaranya sebagai berikut.

  • Indonesia berada di dua benua, yakni benua Asia dan Australia. Sehingga hal tersebut membuatnya bisa menjalin hubungan baik antar negara yang berada di dua benua tersebut.
  • Indonesia memiliki pulau cukup banyak dan kaya akan budaya.
  • Indonesia memiliki lautan yang luas dan panjang sehingga membuatnya kaya akan hasil laut.
  • Indonesia berada di daerah tropis sehingga kaya akan hasil hutan.
  • Indonesia memiliki tanah yang sangat subur, tidak heran jika akan ada banyak sekali jenis pertanian.
  • Indonesia menjadi paru – paru dunia sebab memiliki hutan yang luas.

Meskipun memiliki beberapa keuntungan ternyata letak geografis Indonesia juga tidak luput dari beberapa kekurangan atau kelemahan, diantaranya sebagai berikut.

  • Kerusakan lingkungan fisik, contohnya seperti abrasi dan lahan kritis, pencemaran udara dan air.
  • Kerusakan lingkungan biotik, contohnya seperti penurunan flora dan fauna, ilegal logging, kerusakan pantai, danau, dan sungai – sungai.
  • Kerusakan SDA (Sumber Daya Alam), contohnya seperti illegal mining dan fishing, juga eksploitasi yang berlebihan.
  • Seringnya terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, longsor, erosi, kekeringan, banjir, badai, dan bencana teknologi.
  • Penggangguran cukup besar.
  • Kurang pengembangan potensi seni dan budaya lokal.
Kepoin Yuk!  Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Mengetahui Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Mengetahui Pengaruh Letak Geografis Indonesia
Photo by Moondoggiesmusic.com

Seperti yang sudah kami bahas di atas, bahwa Indonesia berada diantara dua samudera besar, tidak heran jika hal tersebut membuat Indonesia mendapat angin laut yang membawa banyaknya hujan. Tidak hanya itu, yang demikian ternyata juga menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Letak geografis Indonesia bahkan sebabkan Indonesia punya dua musim, alasannya Indonesia dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus di setiap setengah tahun sekali.

Selain itu, Indonesia juga punya budaya yang sangan beragam sekali di bidang seni, bahasa, agama, dan peradaban, karena Indonesia ada di cross pasition. Indonesia bahkan punya mitra dagang di beberapa negara sebab memang lokasinya yang strategis sehingga yang demikian tersebut membuat kegiatan perdagangan di Indonesia semakin meningkat.

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia
Photo by Pmikabupatenboyolali.wordpress.com

Apa itu letak astronomis? Ini merupakan letak suatu tempat yang didasarkan atas garis lintang dan garis bujur. Garis lintang sendiri dapat didefinisikan sebagai garis khayal di peta atau globe yang sejajar dengan khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang utara dan selatan, Indonesia ada di wilayah dengan iklim tropis.

Sementar itu garis bujur dapat diartikan sebagai garis khayal pada peta atau globe yang hubungkan antara kutub utara dengan selatan. Garis bujur ini akan berdampak pada waktu setempat di suatu negara. Garis bujur 0 ada di Greenwich. Indonesia ada di garis bujur timur yang menyebabkan Indonesia memiliki tiga daerah waktu.

Waktu Indonesia Timur atau WIT

Beberapa wilyah yang ada di Indonesia bagian timur dengan selisih waktu +9 terhadap GMT diantaranya Papua, Papua Barat, Kepulauan Maluku, dan pulau kecil di sekitarnya.

Waktu Indonesia Tengah atau WITA

Adapun wilayah yang ada di Indonesia bagian tengah dengan selisih waktu +8 terhadap GMT diantaranya Bali, Kalimantan Timur dan Selatan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan pulau kecil di sekitarnya.

Kepoin Yuk!  Contoh Cerpen Pendidikan / Persahabatan / Cinta / Lucu Terlengkap dan Terbaru 2019

Waktu Indonesia Barat atau WIB

Daerah yang ada di Indonesia bagian barat dengan selisih waktu +7 terhadap GMT diantaranya Madura, Jawa, Sumatera, Kalimantan Barat dan Tengah, juga beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Sebagai tambahan, penting juga untuk Anda tahu bahwa letak geologis adalah letak wilayah berdasarkan pada keadaan batuan yang sudah ada di bumi Indonesia. Jika dilihat secara geologis, Indonesia berada diantara dua sirkum, yakni sirkum Mediterania dan Pasifik. Selain hal tersebut, Indonesia juga ada dalam tiga lempeng utama, yakni lempeng Pasifik, Eurasia, dan Australia.

Seperti yang kita tahu, bahwa Indonesia punya gunung berapi yang masih aktif cukup banyak, tidak heran jika tanah yang ada di Indonesia sangat subur. Keadaan tanah subur ini pula juga disebabkan karena ada erupsi dari gunung berapi yang aktif tersebut. Secara geologis juga Indonesia ada diantara dua dangkalan yang bisa dibilang cukup besar sekali, yakni dangkalan sunda dan sahul. Adanya dua dankalan yang berada di negara Indonsia akan sebabkan lautan yang ada di bagian timur dan barat memiliki laut yang dangal, sementara itu laut yang ada di bagian tengah tetap dalam.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang letak geografis Indonesia beserta penyebab dan pengaruhnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *