Keanekaragaman Hayati : Pengertian dan Klasifikasi

3 min read

Megabiodiversity menjadi salah satu gelar bagi Indonesia di hadapan masyarakat dunia. Hal ini berkaitan erat dengan melimpahnya beragam kekayaan hayati akibat ekosistem yang menempati sebuah negara. Flora dan fauna terbaik yang berada di hampir seluruh daratan maupun lautan menjadi keanekaragaman hayati di kawasan tropis bernama Indonesia. 

Apa Itu Keanekaragaman Hayati?

Merujuk pada pengertian dan konteks yang lebih lengkap, maka kekayaan alam ini semakin kompleks yang diimbangi dengan musim. Sehingga menghasilkan aneka gen kehidupan dan tersebar secara merata. Proses ekosistem terjadi pada sub kehidupan sehingga melengkapi koleksi flora dan fauna. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi alam yang rusak menjadi salah satu penyebab rusaknya ekosistem alam. Salah satu kerusakan yang kerap terjadi akhir-akhir ini memang tidak luput dari kegiatan individu tidak bertanggung jawab. 

Apa yang harus Anda lakukan untuk menyelamatkan kekayaan hayati beserta ekosistem? Jawaban pertama yang bisa dilakukan adalah berusaha untuk mengetahui lebih banyak pengetahuan tentang kekayaan alam Indonesia. Kemudian bergerak melakukan aksi nyata peduli lingkungan. Agar tercipta kesadaran tinggi untuk senantiasa menjaga alam, bukan justru sebaliknya.

Pengertian Keanekaragaman dan Kekayaan Hayati

Keanekaragaman hayati merupakan kekayaan yang terdiri dari kumpulan ekosistem dengan klasifikasi yang jelas. Sehingga perbedaan yang signifikan pada kelas ekosistem menciptakan kriteria dan identitas setiap organisme. Keanekaragaman ini pada akhirnya membentuk perkumpulan atau kelompok kehidupan sehingga memiliki jumlah yang sangat banyak dan tersebar di permukaan bumi.

Sedangkan ekosistem merupakan kumpulan organisme dari hewan maupun tumbuhan yang melakukan hubungan interaksi  antara satu sama lain. Kemudian peran lingkungan sekitar membantu proses tersebut hingga menghasilkan gen atau anggota ekosistem yang baru. Salah satunya adalah matahari yang berfungsi memberikan stok karbondioksida dalam jumlah melimpah. 

Ekosistem memiliki peran yang luhur untuk menyeimbangkan kondisi alam secara bersamaan. kemudian tetap menjaga keseimbangan alam agar mencapai keanekaragaman alam itu sendiri. Meskipun mengalami seringkali terhambat akibat kerusakan alam seperti polusi dan kurangnya pasokan energi alami. Namun ekosistem secara otomatis akan beradaptasi pada kondisi terbarunya.

Proses ekosistem sebenarnya bisa berlangsung secara alami tanpa hambatan. Akan tetapi hambatan itu bisa terjadi akibat perilaku buruk setiap individu yang menyebabkan kerusakan alam. Seperti penebangan pohon, terhambatnya proses penyerapan air dan perilaku buruk membuang sampah sembarangan tanpa pengendalian yang jelas. 

Klasifikasi Kekayaan Hayati

Secara garis besar, kekayaan flora dan fauna pada suatu wilayah terbagi ke dalam 3 kelompok besar yakni berdasarkan gen, spesies dan klasifikasi ekosistem. Sehingga diharapkan klasifikasi ini dapat mempermudah Anda untuk mengetahui kekayaan hayati secara menyeluruh. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

a. Keanekaragaman Gen

Secara harfiah “keanekaragaman” berarti bermacam-macam dan “gen” berarti pewarisan sifat organisme. Sehingga keanekaragaman gen bisa diartikan sebagai aneka variasi genetik yang terdapat dalam satu spesies organisme hidup. Kondisi ini terjadi akibat perbedaan setiap gen dalam individu, baik terjadi pada aneka flora maupun fauna.

Selain itu materi pembahasan tentang gen menjadi salah satu pemengaruh dalam kromosom dan mampu mengendalikan sifat dari setiap organisme. Selain itu gen juga dimiliki oleh manusia sehingga memiliki pewarisan sifat dan watak dari orang tua atau kerabatnya sendiri. Salah satu contoh mudah dalam keanekaragaman gen pada makhluk hidup dapat ditemukan pada buah pisang.

Pisang menjadi nama yang paling umum pada tumbuhan terna dengan daun besar memanjang dan berasal dari genus musaceae. Keanekaragaman pisang bisa ditentukan berdasarkan wilayah penyebarannya. Mulai dari kawasan dengan iklim yang lembab, tropis panas dan dataran rendah. Sedangkan gen pisang berdasarkan jenisnya terdapat beberapa macam, di antaranya:

  • Pisang tanduk
  • Pisang kapas
  • Pisang ambon 
  • Dan sebagainya tergantung pada wilayah dan nama yang berbeda-beda

b. Keanekaragaman Spesies

Secara harfiah “spesies” berarti kelompok individu yang memiliki karakteristik tertentu. Sehingga bisa memiliki perbedaan dengan individu lainnya dan berlaku bagi flora maupun fauna secara keseluruhan. Spesies yang ada di muka bumi terdiri dari ratusan dan jutaan jenis. 

Spesies di muka bumi secara perlahan melakukan proses evolusi sejak jutaan tahun lalu. Sehingga  memunculkan beragam karakter yang bisa berasal dari faktor fisiologi, morfologi dan biokimia.

Salah satu contoh yang bisa Anda ketahui tentang spesies seperti spesies kucing. Spesies ini melakukan proses dan penyebaran yang hampir merata hampir di seluruh dunia dan memiliki jenis beraneka ragam. Kemudian spesies ini dibedakan berdasarkan tingkat kejinakan hewan dan tempat tinggalnya di alam liar. Salah satu spesies kucing yang bisa Anda temukan di antaranya:

  • Harimau
  • Singa
  • Beragam jenis kucing domestik atau peliharaan
  • Kucing Siberian
  • Kucing bengal

c. Keanekaragaman Ekosistem

Ekosistem menjadi suatu proses interaksi dengan lingkungan. Kemudian terkandung di dalam 2 faktor utama yaitu faktor biotik dan faktor abiotik.

  • Faktor Biotik adalah faktor pendukung ekosistem yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.
  • Sedangkan faktor Abiotik adalah faktor pendukung ekosistem yang berasal dari makhluk tidak hidup. Contohnya iklim, tanah, kandungan mineral, air dan lain sebagainya.

Salah satu contoh keanekaragaman ekosistem yang berada di laut, Anda akan menemukan beberapa spesies genus di antaranya:

  • Batu karang
  • Ikan
  • Cumi-cumi
  • Udang
  • Uar laut
  • Dan faktor biotik dan abiotik lainnya.

Manfaat Kekayaan Hayati untuk Kehidupan Manusia

Kekayaan hayati yang tersedia dapat memberikan aneka manfaat untuk semua makhluk di muka bumi baik untuk tumbuhan, hewan dan manusia. Sehingga Peribahasa lama mengatakan bahwa alam selalu menyediakan apa yang Anda butuhkan. Manfaat tersebut bisa dialokasikan pada beberapa pos kehidupan mulai dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. 

Salah satu contoh pemanfaatan kekayaan hayati dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

a. Sumber Sandang seperti:

  • Pemanfaatan ulat sutera untuk pakaian
  • Bulu domba atau wol untuk pakaian musim dingin
  • Tumbuhan kapas untuk pakaian berbahan katun

b. Sumber pangan seperti:

  • Sweet potato sebagai camilan sehat
  • Padi sebagai sumber makanan pokok menjadi nasi
  • Tomat sebagai sayuran bervitamin penambah rasa lezat pada makanan

c. Sumber Papan seperti:

  • Papan jati untuk kebutuhan bangunan
  • Udara yang bersih setiap hari
  • Tanah liat untuk kebutuhan genting atau atap rumah 

Selain memiliki fungsi untuk kebutuhan sehari-hari, kekayaan hayati juga memiliki nilai tinggi bagi kehidupan manusia, di antaranya:

a. Memperoleh nilai estetika seperti bunga sebagai tanaman hias, keindahan konstruksi bangunan dan aneka warna alami yang memanjakan mata.

b. Memperoleh nilai biologi seperti pemanfaatan beragam obat herbal dan modern, teknik penetasan telur dan penentuan pupuk yang tepat bagi tumbuhan.

c. Memperoleh nilai ketuhanan seperti mensyukuri kebesaran Tuhan karena bentang alam yang menarik.

d. Memperoleh nilai ekologi seperti mengetahui proses ekosistem, daur ulang zat alami dan pemanfaatan energi alami.

e. Memperoleh nilai pendidikan, nilai terakhir ini dapat diperoleh khususnya bagi para ilmuwan yang melakukan penelitian. Kemudian kepada setiap kaum terdidik lainnya seperti siswa sekolah yang belajar biologi.

Anda sebagai individu modern dan terdidik tentu berkewajiban untuk mengetahui keanekaragaman hayati di lingkungan kehidupan sekitarnya. Kemudian harus ikut serta menjaga setiap kegiatan ekosistem yang ada. Agar kehidupan jadi seimbang dan Anda bisa hidup dengan lebih bahagia.  

6 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Apa saja anime romance terbaik menurut Anda? Benar-benar tidak sulit untuk mengetahui apa genre romansa dalam anime. Pada dasarnya, ini tentang cinta, romansa, dan karakter yang...
Ncang Beryl
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *