Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

1 min read

Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Pada bulan ketiga pertama kehamilan atau trimester awal, ibu hamil sangat rentan mengalami kondisi keguguran. Maka, diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan bagi tubuh. Salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat bagi ibu hamil.

Makanan yang bunda konsumsi sehari-hari ketika hamil diharuskan mengandung kaya nutrisi. Makanan ini bukan untuk kemanfaatan bagi bunda saja, namun bermanfaat bagi perkembangan janin dalam kandungan.

Beragam Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Inilah beberapa jenis di bawah merupakan makanan sehat bagi bunda selagi hamil, ialah:

  • Sumber asam folat

Untuk saat ini, bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang di dalamnya terkandung asam folat. Zat tersebut bisa memberikan efek untuk mencegah dari terjadinya cacat tabung saraf seperti spina bifida, serta mengurangi risiko keguguran dari kelahiran prematur. Folat, ialah dari bentuk alami bersumber asam folat yang bisa bunda temui dalam makanan seperti kacang tanah merah, sawi, bayam, selada, brokoli, asparagus, wortel. jagung, kacang polong, alpukat, buncis, jambu biji, dan juga stroberi. Sedangkan asam folat bisa didapatkan dari suplemen kehamilan.

  • Sumber zat besi

Bunda yang sedang hamil kerap terjadi faktor kelelahan saat hamil dan harap berhati-hati dari gejala toksoplasma. Apabila mengalaminya, maka coba untuk cek kadar hemoglobin pada darah bunda ke dokter. Bisa jadi, bunda terkena anemia.

Anemia suka terjadi menyerang ibu hamil serta umumnya disebabkan dari kurangnya zat besi. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan zat yang kaya besi, contohnya biji-bijian, tahu, kacang-kacangan, bayam, daging ayam, telur, dan juga makanan laut.

  • Sumber serat

Ketika sedang hamil, bunda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat sebanyak tiga sampai empat setiap harinya. Seperti, sayuran yang sudah dimasak, buah segar, biji-bijian utuh contohnya nasi merah dan kacang. Pada jenis makanan ini sangat baik bagi ibu hamil karena bisa mencegah konstipasi dan wasir ketika hamil.

  • Sumber protein

Sumber protein jangan diabaikan dalam menu diet bunda. Asupan nutrisi ini sangat berperan penting untuk menjaga pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayi, selain untuk menjaga imunitas tubuh dan juga kesehatan bagi ibu hamil. Maka, coba untuk mengonsumsi dua sampai tiga porsi makanan yang berprotein setiap harinya, seperti daging lemak, daging, atau ikan.

  • Produk olahan susu

Produk dalam olahan susu yang mengandung kalsium sangat baik bagi bunda dan pertumbuhan tulang untuk janin. Produk susu yang bisa menjadi asupan bagi ibu hamil ialah susu, yoghurt, dan keju.

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat bagi ibu hamil dalam jumlah porsi sedikit namun teratur dan sering. Hal tersebut berguna untuk mencegah timbulnya rasa mual yang sering terjadi pada waktu trimester awal. Konsultasikanlah dengan dokter spesialis kandungan jika bunda mengalami muntah yang cukup berat dan secara terus menerus.

Makanan Untuk Menu Diet Sehat Dan Murah Meriah

starpanel
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *