Contoh Iklan Layanan Masyarakat dan Penjelasannya (Gambar & Teks Iklan dll)

3 min read

Contoh Iklan Layanan Masyarakat dan Penjelasannya (Gambar & Teks Iklan dll)

Iklan Layanan Masyarakat – Jika berbicara mengenai iklan pastinya ada banyak sekali macamnya, salah satu yang akan kami bahas kali ini adalah iklan layanan masyarakat. Tidak jauh berbeda dengan iklan jenis lainnya, iklan layanan masyarakat juga dijadikan sebagai media berpromosi. Karena pada dasarnya iklan merupakan media promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan, lembaga, atau perorangan.

Tujuan utama dari beriklan tidak lain untuk mengajak masyarakat luas untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Namun meskipun demikian, khususnya untuk jenis iklan satu ini ternyata ditujukan secara khusus untuk menyampaikan pesan – pesan sosial kepada masyarakat. Tujuan dibuat iklan layanan masyarakat yakni untuk meningkatkan pengetahuan serta kepedulian masyarakat terhadap isu atau masalah yang diangkat dalam iklan tersebut.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat dan Penjelasannya (Gambar & Teks Iklan dll)

Bahaya Demam Berdarah Dengue

Bahaya Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue atau yang biasanya dikenal dengan sebuatn DBD ini merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya. Penyebab DBD adalah infeksi virus dengue. Virus tersebut masuk ke dalam tubuh lewat gigitan nyamuk yang bernama Aedes Aegypti dan Aedes Albapictus. Setidaknya ada sekitar 50 juta kasus DBD di seluruh di dunia di setiap tahunnya.

Oleh karenanya pada contoh iklan layanan masyarakat di atas ditujukan khusus untuk masyarakat akan bahayanya penyakit DBD atau demam berdarah dengue tersebut. Ager terhindar dari penyakit yang berbahaya ini maka sangat disarankan sekali agar masyarakat melakukan beberapa hal yang ada dalam iklan tersebut.

Makanan Sehat

Makanan Sehat

Pada contoh iklan layanan masyarakat sehat di atas juga bisa dijadikan sebagai pedoman hidup sehat bagi masyarakat. Sayur – sayuran dan buah bisa menjadikan tubuh menjadi lebih sehat. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin setiap harinya maka akan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Jadi sangat disarankan sekali agar kita sedari dini memanfaatkan mengkonsumsi sayur dan buah untuk menuju keluarga yang sehat dan Indonesia yang sejahtera.

Gadget dan Media Sosial

Gadget dan Media Sosial

Kita tahu bahwa saat ini kita hidup di era digital, dimana bukan lagi mulutmu harimaumu tetapi jarimu adalah pisaumu. Sangat disarankan sekali agar Anda tidak mudah terlena mengomentari kehidupan orang lain yang sebenarnya itu bukan urusan Anda, sementara itu Anda lupa seperti apa diri kita sendiri.  Ada baiknya Anda selalu berhati – hati lagi dalam berkomentar. Akan lebih baik lagi jika Anda berkomentar dengan menuturkan kata – kata yang lebih sopan dan bijak.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk membiarkan waktumu terbuang secara sia – sia untuk gadget kesayangan. Ada baiknya Anda beristirahat secukupnya dari gadget dan mulailah melakukan pekerjaan yang lebih bermanfaat lainnya. Melalui iklan tersebut Anda juga diajak untuk menjadi generasi yang pintar dan lebih bijak lagi dalam bersosial media.

Deteksi Kanker Payudara Pada Wanita

Deteksi Kanker Payudara Pada Wanita

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Dan kata – kata ini memang benar adanya, sebelum Anda positif mengidap penyakit yang membahayakan satu ini, yakni kanker payudara, ada baiknya Anda sedari dari dini. Alasannya, 3 dari 10 wanita di dunia ternyata tidak sadar akan gejala awal penyakit kanker payudara tersebut. Jangan sampai hanya karena Anda setiap harinya selalu sibuk dengan pekerjaan atau pun yang lainnya hingga akhirnya Anda tidak memiliki waktu untuk menyadari deteksi dini kanker payudara. Tentu saja yang demikian ini akan sangat merugikan diri Anda sendiri.

Keluarga Berencana (KB)

Keluarga Berencana (KB)

Sama seperti iklan – iklan pada umumnya, contoh iklan satu ini juga ditujukan untuk mengajak masyarakat agar bisa mengatasi ledakan jumlah penduduk. Misalnya saja dengan mengikuti KB, memiliki 2 orang anak sudah lebih dari cukup. Selain itu juga ada pula contoh iklan yang ditujukan bagi mereka yang masih berusia belia agar menghindari nikah di usia yang terlalu muda. Akan lebih bijak lagi agar anak di usia belia tersebut untuk lebih berfokus pada pendidikannya sebelum akhirnya bersiap untuk berumah tangga.

Bahaya Merokok

Bahaya Merokok

Pada kenyataannya meskipun banyak masyarakat yang tahu akan bahayanya merokok, tetapi ternyata tidak membuat mereka jerah. Contoh iklan ‘Stop Merokok!’ tersebut bertujuan agar masyarakat lebih sadar akan bahaya zat – zat kimia yang ada di dalam rokok, dimana apabila terserap dalam tubuh maka bukan  tidak mungkin hal tersebut akan mengancam nyawa Anda. Setidaknya ada sekitar 4 ribu zat kimia yang dihisap dan 2 kali lipatnya dihirup oleh orang lain yang tidak merokok.

Contoh iklan layanan masyarakat yang lainnya antara lain seperti berikut, ‘Hidup Sehat Tanpa Merokok’, ‘Jauhi Rokok Sekarang, Juga!’, ‘Merokok Membunuhmu’, ‘Merokok Sama dengan Menggali Kubur Diri Sendiri’, dan masih ada banyak lagi contoh iklan rokok lainnya.

Bahaya Narkoba

Bahaya Narkoba

Pada dasarnya bahaya narkoba ini sudah tidak diragukan lagi. Tapi sayangnya penyalahgunaan obat – obatan terlarang tersebut kini semakin marak, termasuk di Indonesia. Mulai dari masyarakat kelas atas hingga bawah sekarang sudah banyak yang mengenal atau bahkan memakai obat – obatan terlarang tersebut.

Banyak pengguna yang awalnya hanya ingin coba – coba, atau ada pula yang menjadikan narkoba sebagai obat untuk merasakan kesenangan sesaat, sebagai pelarian, dan lain – lain. Padahal dampak dari pengkonsumsian narkoba bisa merusak kesehatan, baik secara fisik atau pun kejiwaan. Adapun contoh iklan bahaya narkoba adalah sebagai berikut, ‘Jangan Jadikan Narkoba Sebagai Pelarian’, ‘Selamatkan Anak – Anak Kita dari Bahaya Penyalahgunaan Narkoba’, Dunia Terasa Indah Tanpa Narkoba’, dan masih ada banyak lagi.

Lalu Lintas

Lalu Lintas

Dari waktu ke waktu semakin tinggi saja angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia, sebagian besar penyebab dari kecelakaan tersebut adalah karena pengemudi yang kurang berhati – hati pada saat berkendara. Tak jarang pula pengemudi tidak menggunakan pengaman dan melanggar lampu lalu lintas. Tentunya memahami peraturan lalu lintas yang ada akan membuat Anda terhindar dari kecelakaan.

Berikut ini adalah contoh iklan tentang rambu – rambu lalu lintas yang perlu Anda ketahui, ‘Hati – Hati di Jalan. Keluarga Anda Menanti di Rumah’, ‘Ingat GATEL, Gerakan Tertib Lalu Lintas’, ‘Nyaman Berkendara dengan Menggunakan Helm, Sarung Tangan, dan Jaket’, ‘Bahaya Menggunakan Gadget Saat Berkendara’, dan masih ada banyak lagi.

Membuang Sampah Sembarangan

Membuang Sampah Sembarangan

Membuang sampah sembarangan itu artinya membuang limbah di tempat yang tidak semestinya. Misalnya, membuang plastik begitu saja, atau membuang baterai bekas di area tempat tinggal, dan lain – lain. Kegiatan membuang sampah sembarangan tidak hanya merusak pemandangan, tetapi kebiasaan tersebut juga bisa menimbulkan penyakit. Apabila yang demikian ini dilakukan dalam jangka panjang, maka bukan tidak mungkin bisa memicu dampak yang lebih buruk lagi, seperti penurunan kualitas hidup seseorang.

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan layanan masyarakat tentang membuang sampah sembarangan yang harus Anda tahu, ‘Hari Gini Buang Sampah di Sungai, Nggak Banget Kali!’, ‘Generasi Milenial Sadar Kebersihan di Mana Saja. Buang Sampah Pada Tempatnya!’, ‘Jangan Biarkan Kota dan Jalanan Ini Kotor’, ‘Bebas Sampah, Bebas Banjir’, ‘Jadilah Agen Perubahan, Mari Sulap Sampah Jadi Rupiah’, dan lain – lain.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh iklan layanan masyarakat dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

10 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Dalam Kamar …

starpanel
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *