Bacaan Doa Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

3 min read

Bacaan Doa Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Doa Zakat Fitrah – Menjelang hari raya Idul Fitri pastinya kita akan menemukan banyaknya umat muslim di seluruh penjuru dunia yang mendatangi masjid – masjid atau pun badan amil zakat untuk menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah. Zakat fitrah dalam ajaran agama Islam masih termasuk ke dalam jenis sedekah tetapi memiliki kekhususan tersendiri jika dibandingkan dengan sedekah pada umumnya. Nah, melalui artikel berikut akan kami informasikan bacaan doa zakat fitrah di bulan Ramadan yang tentu saja penting sekali untuk Anda ketahui.

Zakat fitrah sendiri biasanya dilaksanakan sebelum sholat Idul Fitri. Zakat fitrah adalah salah satu rukun Islam. Beras atau uang diberikan akan menjadi sedekah yang bisa membersihkan atau pun mensucikan diri menjelang hari raya Idul Fitri tiba.

Bacaan Doa Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Bacaan Doa Zakat Fitrah di Bulan Ramadan
Photo by Finance.detik.com

Pengertian zakat fitrah sendiri adalah ibadah wajib bagi semua umat Islam di dunia, baik laki – laki atau pun perempuan, besar atau kecil, tua atau muda, bahkan bayi yang baru dilahirkan di akhir bulan Ramadan pun, yakni sebelum matahari terbenam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah pada dasarnya disyariatkan di tahun kedua Hijriyah, tujuannya agar setiap muslim yang bernyawa kembali kepada fitrah atau suci. Adapun bacaan doa zakat fitrah di bulan Ramadan diantaranya sebagai berikut.

Kepoin Yuk!  Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Doa zakat fitrah untuk diri sendiri

Bacaan : ‘Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala’.

Artinya : ‘Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala’.

Doa zakat fitrah untuk istri

Bacaan : ‘Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala’.

Artinya : ‘Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.’

Doa zakat fitrah untuk anak laki – laki

Bacaan : ‘Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala’.

Artinya : ‘Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala’.

Doa zakat fitrah untuk anak perempuan

Bacaan : ‘Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala’.

Artinya : ‘Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala’.

Doa zakat fitrah untuk diri sendiri dan seluruh anggota keluarga

Bacaan : ‘Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala’.

Artinya : ‘Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala’.

Doa zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan

Bacaan : ‘Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala’.

Artinya : ‘Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan nama spesifik), fardhu  karena Allah Taala’.

Apabila sudah selesai membacakan doa zakat fitrah tersebut dan menyerahkan zakat, maka seseorang yang menerima zakat di sunnahkan untuk mendoakan orang yang memberi zakat dengan doa – doa yang baik, contohnya seperti doa berikut ini.

Bacaan : ‘Aajaraka Allahu fiima a’thayta, wa baaraka fiima abqayta wa ja’alahu laka thahuran’.

Artinya : ‘Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu’.

Kepoin Yuk!  Contoh Cerpen Pendidikan / Persahabatan / Cinta / Lucu Terlengkap dan Terbaru 2019

Cara Menghitung Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Cara Menghitung Zakat Fitrah di Bulan Ramadan
Photo by Liputan6.com

Cara menghitung zakat fitrah ini tentu saja harus diketahui oleh seluruh umat muslim di dunia. Cara menghitung zakat fitrah pada dasarnya mudah sekali, zakat fitrah yang harus dikeluarkan setara dengan 3.5 liter atau 2.5 kg makanan pokok yang biasanya dikonsumsi oleh orang yang berzakat tersebut. Zakat fitrah pastinya harus ditunaikan di setiap tahunnya dan diwaktu yang telah ditentukan. Sebagaimana yang tercantum dalam hadits Rasulullah SAW berikut.

‘Barangsiapa yang menunaikan zakat fitrah sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah’. (HR. Abu Daud).

Takaran yang sudah ditentukan untuk membayar zakat fitrah di bulan Ramadan ini tentu saja tidak boleh dikurangi, tetapi boleh dilebihkan. Tidak hanya membayarnya dengan menggunakan nasi atau berat, Anda juga bisa membayar zakat fitrah dengan kurma sebanyak 2.5 kg.

Orang yang Wajib Bayar Berzakat

Orang yang Wajib Bayar Berzakat
Photo by Zakat.or.id
  • Beragama Islam
  • Memiliki harta yang lebih bagi dirinya sendiri dan orang – orang yang ditanggung untuk satu hari di siang hari saat bulan puasa dan malam hari raya. Di sini pentingnya untuk mengetahui bacaan doa zakat fitrah beserta cara menghitung zakat fitrah.
  • Masih hidup atau masih bernyawa sampai akhir bulan Ramadan dan di awal syawal. Untuk bayi yang baru dilahirkan di malam tanggal 1 syawal tidak diwajibkan untuk membayar atau pun mengeluarkan zakat fitrah.

Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Orang yang Berhak Menerima Zakat Fitrah
Photo by Makassar.tribunnews.com

Adapun orang – orang yang berhak menerima zakat fitrah ini pada dasarnya sudah dijelaskan secara lebih terperinci dan jelas oleh Allah SWT pada Al-Quran surat At Taubah ayat 60, yang artinya :

Kepoin Yuk!  Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

‘Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana’.

Dimana dalam surat tersebut telah disebutkan bahwasannya orang – orang yang berhak menerima zakat fitrah diantaranya sebagai berikut.

  • Orang miskin
  • Orang fakir
  • Budak
  • Pengurus zakat atau amil
  • Mualaf
  • Orang yang sedang terlilit hutang
  • Orang yang sedang berjual di jalan Allah SWT
  • Orang yang sedang ada di perjalanan jauh, dimana perjalanan tersebut bukan perjalanan maksiat

Anda bisa membayarkan zakat fitrah ini di beberapa hari terakhir di bulan Ramadan dan sebelum sholat Idul Fitri, tetapi jika sudah melewati waktu tersebut itu artinya sedekah yang Anda berikan sama halnya seperti sedekah seperti biasa. Untuk membayar zakatnya, amil zakat yang sudah dibentuk oleh takmir masjid terdekat bisa jadi pilihan tepatnya, atau Anda juga bisa membayar zakat lewat Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional yang sudah banyak bermitra dengan yayasan – yayasan Islam non-profit di berbagai daerah.

Hikmah Disyari’atkan Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Hikmah Disyari’atkan Zakat Fitrah di Bulan Ramadan
Photo by Kumparan.com
  • Zakat fitrah adalah zakat diri, dimana Allah SWT akan beri umur panjang bagi siapa saja yang menunaikan zakat, sehingga ia akan bisa bertahan dengan nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya.
  • Zakat fitrah sebagai bentuk pertolongan Allah SWT kepada umat muslim di dunia, baik yang kaya atau pun miskin, sehingga mereka bisa berkonsentrasi penuh untuk beribadah dan bersuka cita atas segala anugerah yang diberikan.
  • Zakat fitrah juga menjadi tanda syukur atas nikmat ibadah puasa.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang bacaan doa zakat fitrah di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *