Niat, Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap, Beserta Bacaan Doa Sholat Dhuha

3 min read

Niat, Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap, Beserta Bacaan Doa Sholat Dhuha

Doa Sholat Dhuha – Meskipun termasuk dalam golongan sholat yang di sunnahkan, itu artinya boleh dan tidak boleh dikerjakan. Apabila ada seorang muslim yang tidak mengerjakan sholat Dhuha, maka orang tersebut tidak mendapatkan dosa. Makanya melalui artikel berikut akan kami informasikan kepada Anda lebih lengkapnya tentang niat, tata cara dan bacaan doa sholat Dhuha.

Sholat Dhuha adalah satu dari banyaknya sholat sunnah yang ada dalam ajaran agama Islam. Jika dibandingkan dengan sholat sunnah lain, sholat Dhuha ini ternyata memiliki keunikan tersendiri. Waktu pelaksanaan sholat Dhuha adalah setelah terbitnya matahari dan berakhir sebelum masuk waktu sholat Dhuhur. Sama seperti sholat sunnah pada umumnya, sholat Dhuha ini juga memiliki keistimewaan yang luar biasa bagi siapa saja yang mau melaksanakannya.

Niat, Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap, Beserta Bacaan Doa Sholat Dhuha

Niat, Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap, Beserta Bacaan Doa Sholat Dhuha
Photo by Islami.co

Sholat Dhuha biasanya dilakukan dengan 2 rakaat hingga 8 rakaat. Salah satu keutumaan sholat Dhuha yang perlu Anda ketahui adalah memudahkan rezeki, dan bisa mengganti sedekah yang tidak mampu dilakukan karena masalah ekonomi dan lain – lain. Sebelum kami akan kasih tahu Anda tentang bacaan doa sholat Dhuha, sebaiknya ketahui telebih dulu niat dan tata cara sholat Dhuha berikut ini.

  • Niat. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melaksanakan sholat Dhuha adalah niat. Berikut adalah bunyi niat sholat Dhuha yang perlu Anda tahu, ‘Ussolli sunnatatd-dhuha rokataini illahi ta’ala’.

Kami ingatkan lagi bahwa untuk rakaat dalam sholat Dhuha ini ada yang paling sedikit yakni 2 rakaat, tetapi ada pula yang melaksanakan hingga 8 – 12 rakaat. Semakin banyaknya rakaat maka akan semakin baik. Tetapi Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa akan lebih baik mengerjakan rakaat yang sedikit daripada melaksanakan sholat Dhuha dengan rakaat yang banyak tapi jarang dilaksanakan.

  • Setelah niat, maka bisa dilanjutkan dengan membaca doa Iftitah, surat Al-Fatihah, lalu membaca salah satu surat dalam Al-Quran. Tetapi tetap lebih diutamakan untuk membaca surat Adh-Dhuha, Al-Lail, Asy-Syamsu, dan Asy-Syarh.
  • Ruku dan membaca tasbih 3 kali.
  • Lalu lanjutkan I’tidal dan membaca doanya.
  • Sujud dan baca tasbih 3 kali.
  • Duduk diantara 2 sujud dan baca bacaanya dengan benar.
  • Lanjutkan dengan sujud kedua kali.
  • Setelah itu baru Anda bisa melaksanakan rakaat yang kedua. Caranya tentu saja seperti rakaat yang pertama, tapi tanpa niat dan doa Iftitah.
  • Lanjutkan dengan Tasyahud akhir.
  • Terakhir, dua kali salam.
Kepoin Yuk!  Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah, Lengkap dengan Niat, Bacaan, dan Doa

Setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha silakan Anda lanjutkan dengan Dzikir lalu tutup dengan baca doa sholat Dhuha. Jika berbicara mengenai doa dalam sholat Dhuha, sebenarnya Anda diperbolehkan untuk membaca doa apapun. Tetapi tentu saja akan lebih indah lagi pada saat berdoa diawali dengan menyebut asma Allah SWT, memuji Allah SWT atas segala karunia yang telah diberikan-Nya. Lalu lanjutkan dengan bersholawat kepada Rasullullah SAW, yang memiliki syafa’at yang kelak diharap – harapkan oleh seluruh umat muslim di dunia.

Doa adalah permintaan, jadi apapun yang Anda minta selama itu dalam kategori baik dan bermanfaat maka silakan ucapkanlah. Allah SWT akan mendengarnya dan hanya Dia-lah yang berhak mengabulkan setiap doa yang telah Anda ucapkan. Berikut ini adalah bacaan doa sholat Dhuha yang harus Anda tahu.

‘Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin’.

Artinya : ‘Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh’.

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha
Photo by Kupang.tribunnews.com

Terampuni dosa – dosa yang telah lalu

Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Pengampun. Hanya Dia-lah yang mampu memberikan pengampunan atas kesalahan yang telah lalu dilakukan oleh setiap hamba-Nya, meskipun kesalahan tersebut tak bisa terhitung lagi berapa jumlahnya. Anda sebagai umat muslim pastinya tidak memiliki tempat kembali selain kepada-Nya. Jadi, sudah sewajarnya Anda meminta ampun atas dosa yang telah Anda lakukan, baik saat disadari atau pun tidak. Nah, salah satu cara untuk meminta ampun kepada Allah SWT adalah dengan melaksanakan sholat sunnah Dhuha.

Kepoin Yuk!  Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, dan Lain – Lain Terbaru

Tergolong dalam orang – orang yang bertaubat

Taubat artinya kembali kepada Allah SWT. Seseorang yang bertaubat dengan sungguh – sungguh, maka ia akan kembali bersih dan suci tanpa dosa, layaknya ketika baru dilahirkan ke dunia. Begitu pula dengan mereka yang ikhlas dan khusyu’ menjalankan sholat sunnah Dhuha, Insya’allah orang tersebut akan masuk dalam golongan orang – orang yang selalu bertaubat hanya kepada Allah SWT.

Masuk dalam golongan orang yang taat

Bagi siapa pun yang dengan rajin dan ikhlas melaksanakan sholat Dhuha 2 rakaat setiap hari, maka ia tidak akan ditulis sebagai orang – orang yang lalai. Barang siapa yang melaksanakan sholat sunnah Dhuha sebanyak 4 rakaat, maka ia akan diselamatkan dari hari itu juga, dan barang siapa yang melaksanakan sholat Dhuha 8 rakaat, maka Allah SWT akan menulisnya sebagai orang yang taat. Dan barang siapa yang melaksanakannya 12 rakaat, maka Allah akan membangunkannya sebuah rumah yang apik di surga.

Bisa Anda bayangkan sekali, Allah SWT hanya memint Anda untuk melaksanakan sholat sunnah Dhuha dan Dia membalasnya dengan banyaknya kebaikan yang nanti akan Anda Tuai sendiri pastinya. Allah SWT sungguh sangat menyayangi setiap hamba-Nya. Allah SWT akan memberikan karunianya tanpa perhitungan.

Akan tercukupi rizqinya

Keutamaan sholat Dhuha lainnya akan didapatkan pada saat Anda sudah bisa istiqomah dalam melaksanakannya. Allah SWT akan memenuhi rizqi bagi mereka yang istiqomah dalam melaksanakan sholat sunnah Dhuha. Tak bisa dipungkiri memang bahwa materi merupakan salah satu bagian yang cukup penting bagi kehidupan manusia. Inilah yang sering sekali membuat banyak orang terlena. Tetapi sejatinya bagi mereka yang beriman kepada Allah SWT, rizqi adalah hal yang kecil.

Kepoin Yuk!  Contoh Laporan Kegiatan Terbaik Dalam Berbagai Event [Lengkap]

Seperti yang kita tahu bersama sebagai umat muslim, Allah SWT punya segalanya yang ada di alam jagat ini. Sebenarnya apapun yang Anda butuhkan sudah lebih dulu dipersiapkan oleh Allah SWT. Tinggal bagaimana cara Anda memintanya. Nah, dengan melaksanakan sholat sunnah Dhuha maka Anda akan dipermudah lagi untuk mendapatkan rizqi tersebut. Allah pasti akan menepati setiap janji – janjinya. Jadi Anda tak perlu khawatirkan masalah tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang niat, tata cara sholat Dhuha lengkap, beserta bacaan doa sholat Dhuha. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *