Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap, Beserta Bacaan Doa Dhuha Sesuai Sunnah

3 min read

Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap, Beserta Bacaan Doa Dhuha Sesuai Sunnah

Doa Dhuha – Sebagai umat muslim yang taat, Anda pastinya juga sudah tahu betul kalau sebenarnya ibadah sholat ini merupakan hal utama dalam ajaran agama Islam. Bahkan karena keutamaannya tersebut hingga menjadikan ibadah sholat dijadikan sebagai tiang agama. Umat Islam di seluruh penjuru dunia pun cukup akrab dengan amalan – amalan sunnah, salah satunya adalah sholat dhuha. Oleh karenanya melalui artikel berikut akan kami informasikan kepada Anda seputar niat dan tata cara sholat dhuha lengkap, beserta bacaan doa dhuha sesuai sunnah.

Pada dasarnya ada banyak sekali dalil – dalil dalam hadits yang menunjukkan keutamaan dari sholat dhuha. Untuk informasi lebih lengkapnya mari simak beberapa rangkumannya di bawah ini.

Pengertian Sholat Dhuha

Pengertian Sholat Dhuha
Photo by Loveinshaallah.com

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda mengenai bacaan doa dhuha lebih lengkapnya, sebaiknya ketahui terlebih dulu mengenai pengertian dari sholat sunnah dhuha itu sendiri. Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang paling istimewa. Alasannya, akan ada banyak sekali manfaat dan keutamaan apabila seorang muslim dengan rajinnya melaksanakan sholat sunnah tersebut.

Sholat sunnah dhuha ini biasanya juga dikenal sebagai sholat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah SWT. Adapun tata cara sholat dhuha sendiri tidak jauh berbeda seperti saat melaksanakan sholat lain pada umumnya. Hanya saja dalam tata cara sholat sunnah dhuha tersebut ada doa dhuha yang tentu saja harus dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat sunnah dhuha.

Sholat sunnah ini dikerjakan minimal dua rakaat dan bisa pula dikerjakan maksimal 12 rakaat. Dimana untuk masing – masing dua rakaatnya diakhiri dengan satu salam. Sholat sunnah dhuha dilaksanakan secara mandiri atau tidak berjamaah.

Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Dhuha

Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Dhuha
Photo by Islamidia.com

Ya, umat muslim di seluruh penjuru dunia tidak hanya melaksanakan amalan – amalan wajib saja, seperti sholat lima waktu. Juga ada pula amalan – amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sejak zaman dulu. Salah satunya adalah sholat dhuha. Tata cara sholat sunah satu ini dimulai dari waktu sholat dhuha yang berlangsung beberapa jam, yakni dimulai sejak matahari terbit hingga condong ke arat barat. Waktu dilaksanakan sholat sunnah dhuha sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni sebagai berikut.

Awal waktu sholat dhuha

Dalam tata cara sholat dhuha beserta bacaan dhuha sendiri untuk awal waktu dimulai 20 menit setelah matahari terbit. Yang demikian tersebut sesuai dengan keterangan hadits yang diriwayatkan oleh Amr bin Abasah.

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa, ‘Kerjakanlah shalat subuh kemudian tinggalkanlah shalat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah matahari).’ (HR. Muslim)

Akhir waktu sholat dhuha

Waktu dilaksanakan sholat sunnah dhuha yang selanjutya adalah 15 menit sebelum masuk waktu sholat dhuhur. Tetapi demikian waktu terbaik dan utama untuk melaksanakan sholat sunnah dhuha adalah seperempat siang, yakni dalam keadaan yang semakin panas. Hal demikian sudah sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam.

Zaid bin Arwam melihat orang – orang sedang melaksanakan sholat dhuha di awal pagi, dan kemudian ia berkata, ‘Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’.’ (HR. Muslim)

Niat Sholat Sunnah Dhuha

Niat Sholat Sunnah Dhuha
Photo by Benangmerahdasi.com

Dalam melaksanakan sholat sunnah dhuha, Anda dianjurkan untuk mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram, dan yang demikian ini hukumnya sunnah menurut madzhab Syafi’I dan Hambali. Fungsi atau kegunaan dari pengucapkan niat sholat dhuha sendiri adalah untuk mengingatkan hati, dengan begitu Anda akan lebih mantap dan khusyu’ lagi dalam melaksanakan sholat sunnah dhuha.

Namun demikian, terlepas dari perbedaan tersebut, bacaan niat sholat dhuha sendiri pada umumnya adalah ‘Usholli Sunnatadh Dhuhaa Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an Lillaahi Ta’aalaa.’ Artinya : ‘Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.’

Tata Cara Sholat Sunnah Dhuha

Tata Cara Sholat Sunnah Dhuha
Photo by Pekanbaru.tribunnews.com

Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat sunnah dhuha 2 rakaat yang harus Anda tahu.

  • Niat sholat dhuha
  • Takbirotul Ihram
  • Membaca Doa Iftitah (Sunnah)
  • Membaca Surah Al-Fatihah
  • Membaca Surah Ad-Dhuha
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca Surah Al-Fatihah
  • Membaca Surah As-Syams
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah
  • Salam
  • Membaca doa sholat

Adapun cara sholat sunnah dhuha empat rakaat sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dua rakaat di atas. Sholat sunnah dhuha dilaksanakan dua rakaat salam, setelah itu dua rakaan salam, begitu pula dengan sholat dhuha delapan rakaat dan seterusnya.

Bacaan Doa Dhuha Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Dhuha Sesuai Sunnah
Photo by Juraganesia.net

Sebenarnya tidak ada doa yang dikhususkan untuk dibaca pada saat melaksanakan sholat sunnah dhuha yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW setelah selesai melaksanakan sholat dhuha. Dengan demikian dalam kitab – kitab fiqih, para ulama sama sekali tidak mencantumkan doa dhuha secara khusus. Tetapi demikian ada satu doa dhuha yang cukup populer dipanjatkan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Namun demikian, seperti yang sudah kami jelaskan di awal doa dhuha ini bukanlah berasal dari Nabi Muhammad SAW.

Bacaan doa dhuha : ‘Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka’. ‘allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin’.

Artinya : ‘Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih’.

Meskipun bacaan doa dhuha tersebut bukan berasal dari Nabi Muhammad SAW, tetapi kita boleh saja membaca doa tersebut dan doa yang lainnya, asal semua itu baik.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang niat dan tata cara sholat dhuha lengkap, beserta bacaan doa dhuha sesuai sunnah. Semoga bermanfaat.

Tarian Daerah Beserta Asal dan Gambarnya Lengkap 2019

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *