CSR Adalah? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Contoh CSR Perusahaan Disini!

3 min read

CSR Adalah? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Contoh CSR Perusahaan Disini!

CSR Adalah – Apa itu CSR? CSR adalah  respon sosial atau tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terhadap lingkungan di sekitar dalam berbagai macam bentuk kegiatan. Istilah CSR perusahaan ini mungkin masih terbilang awam, apalagi bagi mereka yang tidak bekerja di suatu perusahaan. Tetapi tentu tidak ada yang salah jika kita ingin tahu apa yang dimaksud dengan CSR (Corporate Social Responsibility) tersebut. Dengan begitu Anda pastinya juga akan tahu fungsi dan contoh CSR perusahaan.

Tentunya sebuah perusahaan tidak akan pernah bisa lepas dari tanggung jawab sosial, yang mana tanggung jawab tersebut pada dasarnya menjadi sebuah kontribusi perusahaan untuk kemudian diperuntukkan buat lingkungan di sekitar juga masyarakat umum. Daripada harus berlama – lama lagi, langsung saja simak selengkapnya mengenai CSR berikut ini.

Pengertian CSR Perusahaan Secara Umum

Pengertian CSR Perusahaan Secara Umum
Photo by Highlight.id

Peran penting CSR adalah sangatlah penting sekali, yang mana nanti akan ada berbagai macam kegiatan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Dimana kegiatan tersebut bisa dilakukan dalam bentuk menjaga lingkungan sekitar perusahaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, membangun fasilitas umum, memberikan bantuan, baik itu bantuan beasiswa kepada anak yang kurang mampu dan bantuan untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan.

Memiliki peranan penting di sebuah perusahaan, CSR pada dasarnya bertumpu pada suatu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder yang terkait. Beberapa hal yang masuk dalam program CSR perusahaan diantaranya sebagai berikut, yakni tatalaksana perusahaan, kesadaran perusahaan terhadap lingkungan, standar karyawan dan kondisi tempat kerja, hubungan perusahaan dan masyarakat, juga investasi sosial perusahaan.

Kepoin Yuk!  Sistem Peredaran Darah Pada Manusia - Skema dan Perbedaannya

Pengertian CSR Menurut Para Ahli

Pengertian CSR Menurut Para Ahli
Photo by Alihamdan.id

CSR perusahaan didefinisikan sebagai suatu komitmen perusahaan yang telah dibuat untuk tujuan agar bisa terus berkontribusi, misalnya saja dalam membangun perekonomian yang berkelanjutan. Dalam hal ini perusahaan nanti akan bekerja dengan sangat baik serta berinteraksi positif dengan para karyawan, keluarga, dan komunitas yang ada di lingkungan perusahaan. Tujuan dilakukannya hal tersebut tidak lain agar bisa meningkatkan kualitas hidup bersama yang lebih baik lagi.

CSR juga diartikan sebagai komitmen perusahaan yang dilakukan secara etis dan beroperasi secara legal. Perusahaan bahkan juga turut berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian, yang nantinya akan diikuti pula dengan adanya peningkatan kualitas hidup para karyawan dan masyarakat di sekitar perusahaan.

CSR bahkan dapat diartikan sebagai tindakan sosial, tak terkecuali mengenai kepedulian terhadap lingkungan hidup yang lebih dari batasan – batasan yang telah dituntut, atau pun diharuskan dalam peraturan perundang – undangan yang dibuat.

Jika melihat dari pengertian CSR perusahaan di atas, CSR memang ada kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan, dimana perusahaan tersebut sebelum melakukan kegiatan harus berdasarkan keputusan yang tidak hanya memilikirkan pada aspek ekonomi saja, akan tetapi juga memikirkan dampak sosial dan lingkungan.

Kegiatan CSR perusahaan secara tak langsung yang akan menjamin keberlanjutan bisnis perusahaan, yang demikian tersebut dikarenakan beberapa hal berikut ini.

  • Gangguan sosial akibat adanya pencemaran lingkungan akan alami penurunan, dan perusahaan juga bisa mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat sekitar.
  • Pemasokan bahan baku tentu akan lebih terjamin lagi, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Keuntungan dari unit bisnis baru yang awalnya dari kegiatan CSR yang dibuat oleh corporate.

Fungsi CSR Perusahaan Lebih Lengkapnya

Fungsi CSR Perusahaan Lebih Lengkapnya
Photo by Maxmanroe.com

Fungsi dari CSR perusahaan pada dasarnya tidak hanya diperuntukkan secara khusus oleh perusahaan, akan tetapi juga untuk masyarakat yang ada di sekitar perusahaan maupun karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Meskipun demikian, fungsi tersebut pastinya cukup bergantung kepada tujuan spesial yang dimiliki CSR sebagai program yang hasilkan produk juga membuat perusahaan beserta masyarakat bisa mendapatkan keuntungan dari program yang dijalankannya tersebut.

Kepoin Yuk!  Begini Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Dilirik Pewawancara

Izin sosial untuk beroperasi

Tujuan CSR perusahaan yang lainnya adalah agar bisa membuat perusahaan tersebut maju dan berkembang dengan baik. Faktor utama yang membuat perusahaan dalam bergerak atau pun sebaliknya adalah faktor masyarakat.

Dengan CSR, maka masyarakat sekitar akan mendapat manfaat dari adanya perusahaan di lingkungan mereka. Dengan sendirinya masyarakat sekitar pastinya akan merasa sangat diuntungkan dan lama – lama juga merasa seperti memiliki perusahaan tersebut sendiri. Sehingga hal ini akan membuat perusahaan lebih bebas lagi dalam menjalankan kegiatan di lingkungan tersebut.

Mengurangi resiko bisnis perusahaan

Hubungan yang cukup baik dijalin antara perusahaan dan masyarakat dalam program CSR pastinya akan membuat resiko bisnis, seperti kerusuhan menentang berdirinya perusahaan tentu bisa berkurang. Apabila hal tersebut bisa berjalan dengan baik, maka biaya pengalihan resiko bisa digunakan dengan baik untuk hal lain, yang tentunya lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat.

Menjalin hubungan baik dengan para pemangku kepentingan

Sebuah perusahaan yang melakukan CSR biasanya juga turut andil dalam meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Hal itu karena pemerintah yang sebetulnya memiliki tanggung jawab lebih besar lagi terhadap kesejahteraan masyarakat juga lingkungan akan terbantu dengan adanya program CSR.

Meningkatkan semangat para karyawan

Reputasi perusahaan yang mampu memberikan kontribusi besar bagi masyarakat, atau pun lingkungan lewat program CSR tentu saja bisa semakin menambah kebanggaan tersendiri bagi karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Yang demikian nanti juga akan berdampak pada peningkatan motivasi dan produktivitas kerja para karyawan.

Tanggung jawab perusahaan atas program CSR bisa dilakukan dengan cara memberikan perhatian lebih kepada beberapa pihak yang terlihat. Sementara itu apabila ingin tahu penjabarannya, setidaknya ada sekitar 9 manfaat atau fungsi CSR yang penting sekali untuk diketahui, diantaranya sebagai berikut.

  • Izin sosial untuk beroperasi
  • Melebarkan akses sumber daya
  • Melebarkan akses menuju pasar
  • Mereduksi resiko berbisnis perusahaan
  • Mreduksi biaya perusahaan
  • Perbaiki hubungan dengan regulator
  • Perbaiki hubungan dengan stakeholder
  • Tingkatkan semangat dan produktivitas karyawan
  • Peluang mendapat penghargaan
Kepoin Yuk!  Letak Geografis Indonesia Beserta Penyebab dan Pengaruhnya [Penjelasan Lengkap]

Contoh CSR Perusahaan Lebih Lengkapnya

Contoh CSR Perusahaan Lebih Lengkapnya
Photo by Sepedaku.org

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa saat ini sudah semakin banyak saja perusahaan yang memberikan perhatian lebih kepada lingkungan dan masyarakat di sekitar lingkup perusahaan, misalnya saja dengan cara melakukan beberapa program CSR. Dari sekian banyaknya perusahaan tersebut, beberapa diantaranya sebagai berikut.

Pertamina

Sebenarnya ada banyak sekali program yang dilakukan oleh perusahaan satu ini. Semua program tersebut tidak lain bertujuan untuk penuhi komitmennya dalam program CSR untuk membantu pemerintah Indonesia.

Danone (Air Mineral Aqua)

Program CSR perusahaan satu ini disebut sebagai WASH, yakni Water Access, Sanitation, Hygiene Program. Tujuan CSR Danone adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera dan berkontribusi secara aktif juga berkelanjutan. Dengan begitu maka masalah yang dihadapi Indonesia, khususnya yang ada kaitannya dengan penyediaan air bersih bisa diatasi dengan baik.

PT Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

Lalu untuk contoh CSR perusahaan yang terakhir ini bertujuan untuk lestarikan habitat badak Jawa yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Program CSR tersebut merupakan kerjasama yang baik antara perusahaan dan WWF Indonesia, dimana Sinde dalam hal ini berperan sebagai donatur dana.

Nah, itulah informasi lebih lengkapnya yang bisa kami bagikan tentang pengertian, fungsi, dan contoh CSR perusahaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *