Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Beserta Pengertian dan Cirinya

4 min read

Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Beserta Pengertian dan Ciri - Cirinya

Contoh Teks Eksplanasi – Sebelum kami akan membagikan contoh teks eksplanasi lebih lengkapnya, penting sekali untuk Anda ketahui apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi itu sendiri. Teks eksplanasi atau explanatory text merupakan teks yang di dalamnya menjelaskan mengenai proses maupun tahapan kenapa, mengapa, atau bagaimana terjadinya suatu peristiwa maupun fenomena yang ada kaitannya dengan alam, budaya, ilmiah, dan sosial.

Mungkin bagi sebagian orang, teks eksplanasi ini memang masih cukup asing. Teks eksplanasi pada dasarnya sering dijumpai pada kurikulum 13 yang menjadi kurikulum terbaru di dunia pendidikan. Teks eksplanasi umumnya dipelajari di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun informasi lebih lengkapnya mengenai contoh teks eksplanasi beserta pengertian dan ciri – cirinya sebagai berikut.

Pengertian Teks Eksplanasi Secara Umum

Pengertian Teks Eksplanasi Secara Umum
Photo by Maxmanroe.com

Meskipun terasa cukup asing, tetapi tidak ada salahnya untuk menyimak sedikit mengenai teks eksplanasi itu sendiri. Ada yang berpendapat bahwa teks eksplanasi adalah suatu paragraf atau teks yang isinya menjelaskan mengenai informasi secara mendetail, jelas, dan singkat tentang proses terjadinya suatu fenomena. Jenis teks eksplanasi tersebut biasanya ditemukan dalam buku sains, sejarah, dan geografi.

Namun demikian, setiap peristiwa dalam contoh teks eksplanasi tentu saja ada proses dan kaitannya dengan sebab akibat dengan peristiwa lain. Dimana dalam teks eksplanasi tersebut juga ada penjelasan mengenai hubungan sebab akibat dengan menggunakan aspek mengapa, kenapa, dan bagaimana suatu peristiwa dalam terjadi seperti yang sudah kami singgung di awal.

Tujuan dibuatnya contoh teks eksplanasi sendiri adalah untuk menjelaskan mengenai mengapa, kenapa, dan bagaimana suatu peristiwa atau fenomena dapat terjadi. Contoh sederhananya seperti ini, teks eksplanasi mengenai dampak global warming, peristiwa gunung merapi meletus, dan lain – lain.

Ciri Teks Eksplanasi Terbaru

Ciri Teks Eksplanasi Terbaru
Photo by Penulis.co.id

Jika dibandingkan dengan jenis teks lain, teks eksplanasi ini pada dasarnya memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Adapun ciri teks eksplanasi tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Informasi akan disampaikan dalam bentuk teks berdasarkan fakta tanpa tambahan opini dari si penulis.
  • Topik yang dibahas dalam teks eksplanasi adalah fenomena atau peristiwa yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  • Teks eksplanasi sifatnya informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk percaya akan hal – hal yang dibahas dalam teks tersebut.
  • Struktur teks eksplanasi terdiri atas 3 jenis, yakni pernyataan umum, sederetan penjelasan, atau sebab akibat, dan interprestasi.
  • Dalam teks eksplanasi sendiri dijelaskan mengeai sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga, dan lain – lain.

Struktur Teks Eksplanasi yang Penting Diketahui

Struktur Teks Eksplanasi yang Penting Diketahui
Photo by English.republika.mk

Dalam contoh teks eksplanasi sendiri pada dasarnya ada 3 struktur yang penting untuk Anda ketahui, sehingga Anda bisa membuat sebuah teks yang baik hingga menjadi satu kesatuan yang benar. Adapun struktur dalam teks eksplanasi tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Pernyataan umum yang menjelaskan mengenai suatu topik atau peristiwa yang sedang dibahas. Pernyataan umum biasanya berupa pengenalan singkat mengenai suatu peristiwa.
  • Deretan penjelasan yang menginformasikan tentang sebab akibat suatu peristiwa. Bagian deretan penjelasan dalam teks eksplanasi ini disusun sedemikain rupa sehingga bisa menjelaskan mengenai suatu peristiwa secara berurutan, mulai dari awal sampai akhir.
  • Interpretasi adalah teks penutup eksplanasi dan bukan suatu keharusan. Di bagian inteprestasi tersebut akan dijelaskan mengenai intisari dari suatu pernyataan umum beserta sederetan penjelasan dari topik yang sedang dibahas.

Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Terbaru 2019

Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Terbaru 2019
Photo by Wyliecomm.com

Teks eksplanasi tsunami

Pernyataan umum :

Tsunami berasal dari bahasa jepang dan terdiri dari 2 suku kata yaitu “tsu” (pelabuhan) dan “nami” (gelombang). Para ilmuwan biasa mengartikan dengan sebutan tidal wave (gelombang pasang) atau seismic sea waves (gelombang laut akibat gempa).

Tsunami merupakan gelombang laut yang datang secara tiba-tiba dengan kecepatan yang tinggi yang menuju kawasan pantai, disebabkan karena aktivitas gunung berapi atau gempa dibawah laut.

Urutan sebab akibat :

Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan maka saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga.

Sesaat setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut. Dan akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).

Tsunami juga terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut yang mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya.

Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang biasa. Bahkan sampai 700km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat.

Biasanya tinggi gelombang tsunami 50 – 100 meter dan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Maka dari itu gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan untuk terjadinya tsunami.

Kesimpulan/penutup (interpretasi) :

Nyatanya, tsunami menjadi salah satu peristiwa alam yang sangat berbahaya bagi manusia karena bisa menyebabkan kerusakan besar bahkan bisa merenggut ribuan jiwa sekaligus apabila terjadi secara mendadak.

Maka dari itu kita wajib waspada setiap saat dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana alam tsunami. Walau tidak semua gempa dan letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan tsunami.

Teks type eksplanasi pelangi

Pernyataan umum :

Pelangi atau bianglala adalah fenomena alam yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi mempunyai berbagai macam warna yang saling sejajar dan tampak di langit, pelangi dianggap juga sebagai gejala optik.

Umumnya pelangi berbentuk busur, dan masing-masing ujungnya mengarah pada titik yang berbeda. Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Tak jarang pelangi juga bisa dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Urutan sebab akibat :

Pelangi muncul karena cahaya membias dan menyimpang menjauhi partikel. Ketika matahari terbenam maka langit akan menjadi merah karena sinar matahari melewati atmosfer yang lebih tebal daripada keadaan matahari di siang hari.

Pelangi juga tidak akan terlihat di malam hari maupun saat mendung, ini menandakan jelas kalau pelangi adalah peristiwa alam karena pembiasan cahaya.

Awalnya cahaya matahari melewati tetes hujan lalu dibiaskan/dibelokkan ke tengah tetes hujan sehingga membuat cahaya putih berubah menjadi warna spektrum.

Kesimpulan/penutup (interpretasi) :

Pelangi bisa kita lihat saat sedang hujan ketika matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan arah kita menghadap. Sehingga posisi kita harus ada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang kita.

Mudahnya begini, kita sebagai pengamat, matahari, dan pusat busur pelangi mesti berada di satu garis lurus. Sehingga kita bisa menikmati indahnya warna-warni pelangi yang terdiri dari warna Merah, Jingga, Kuning, Hijau Biru, Nila, Ungu.

Teks eksplanasi fenomena sosial

Pernyataan Umum :

Sampah merupakan salah satu benda yang sudah tidak digunakan atau dimanfaatkan lagi. Keberadaan dari sampah sendiri sangatlah mengganggu, khususnya dari kesehatan masyarakat yang ada di sekitar. Jenis sampah sendiri dibagi menjadi dua, pertama adalah sampah organik dan kedua adalah sampah non-organik.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat terurai oleh bakteri dengan sangat mudah. Contoh dari sampah organik di sini adalah sayuran, daun yang sudah kering dan berbagai jenis makanan yang sudah basi. Manfaat dari sampah organik yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah untuk pupuk tanaman atau pupuk kompos untuk tumbuhan.

Sementara sampah non-organik sendiri merupakan sejenis sampah yang sangat sulit untuk diuraikan seperti botol, kaleng, plastik dan lain sebagainya. Di antara langkah yang bisa dilakukan untuk bisa mengurangi keberadaan sampah organik adalah dengan melakukan pengolahan atau daur ulang. Benda-benda tersebut dapat dijadikan sebagai barang yang nilai jualnya cukup tinggi.

Urutan sebab akibat :

Di sekitar masyarakat, sampah memang menjadi suatu fenomena yang cukup banyak dijumpai. Pada awalnya, sampah-sampah adalah hal yang biasa berserakan di sekitar rumah dan sebagainya. Namun, ternyata sampah bisa memunculkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat itu sendiri, seperti banjir, longsor dan juga bisa menjadi sumber dari penyakit.

Sampah yang selalu diabaikan dan menumpuk ternyata bisa menyebabkan bau yang amat tidak enak. Sehingga itu akan menyebabkan terjadinya pencemaran udara di sekitar bahkan bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kronis seperti DBD dan muntaber.

Selain itu, sampah juga bisa menyebabkan beberapa bencana besar seperti longsor dan banjir. Banyaknya sampah yang dilempar atau dibuang ke sungai bisa menghambat aliran sungai. Dan seiring dengan berjalannya waktu, air sungainya bisa meluap dan mengakibatkan banjir. Dengan demikian, aktifitas atau kegiatan masyarakat juga akan terhambat.

Kesimpulan/penutup (interpretasi) :

Apabila Anda terbiasa membuang sampah sembarangan, maka bisa menimbulkan dampak yang amat merugikan di kemudian hari. Maka dari itu, sebagai makhluk yang ingin sejahtera, mari menjaga lingkungan sekitar dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

Ini adalah hal kecil yang bisa mengurangi bahaya dari penumpukan sampah. Dan untuk jenis sampah organik, Anda bisa mengolahnya menjadi pupuk. Sementara untuk jenis sampah non organik, Anda bisa membuatnya sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Nah, itulah beberapa contoh teks eksplanasi lengkap beserta pengertian dan ciri – cirinya. Semoga informasinya bermanfaat.

Suku Dayak : Sejarah, Kebudayaan, dan Adat Istiadat Secara Lengkap

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *