Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Benar

3 min read

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada saat Anda akan mengundurkan diri dari tempat kerja, contoh surat pengunduran diri ini pastinya penting untuk Anda ketahui. Pada dasarnya seseorang yang akan mengundurkan diri dari pekerjaannya memang bukan tanpa alasan. Namun apapun alasannya, penyampaian niat untuk mengundurkan diri ini tentu saja harus dilakukan dengan cara yang baik dan sopan.

Penting untuk diketahui bahwa mengajukan surat resign kerja adalah langkah yang tepat untuk dilakukan pada saat Anda ingin berhenti dari tempat kerja. Yang demikian tersebut akan menunjukkan bahwasannya Anda merupakan salah satu orang yang memiliki etika baik dan menghargai tempat dimana Anda bekerja.

Tujuan Dibuatnya Surat Pengunduran Diri Kerja

Tujuan Dibuatnya Surat Pengunduran Diri Kerja
Photo by Kurio.id

Contoh surat pengunduran diri kerja atau surat resign adalah penyampaian niat untuk berhenti bekerja kepada atasan secara resmi. Dalam surat tersebut tentu saja harus disampaikan dengan baik dan sopan, jangan lupa juga untuk memberikan alasan secara logis. Selain itu, sebaiknya Anda juga menyampaikan ucapan terima kasih atas diberikannya kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Meskipun alasan Anda untuk resign membuat kecewa perusahaan. Adapun tujuan dari dibuatnya surat resign tersebut diantaranya sebagai berikut.

Menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang profesional

Ya, tak peduli apa alasan Anda harus resign dari pekerjaan Anda tersebut, tetapi dengan penyampaian yang baik dan sopan melalui surat resmi maka sudah cukup menunjukkan bahwasannya Anda adalah pribadi yang profesional dan terhormat. Sebagian besar perusahaan akan sangat menghargai karyawannya yang berhenti secara terhormat. Pastinya yang demikian juga bisa menjaga nama baik Anda sendiri sebagai karyawan atau pegawai yang memiliki tata krama.

Kepoin Yuk!  Contoh Kuesioner Penelitian, Kinerja Karyawan, Kepuasan Pelanggan dll

Memberikan kesempatan perusahaan mencari pengganti

Cara pengajuan surat resign kerja, atau pun surat pengunduran diri biasanya akan diserahkan sebelum akhirnya Anda berhenti bekerja. Untuk profesi tertentu, surat resign ini biasanya harus diberikan satu bulan sebelum berhenti bekerja. Tujuannya tidak lain agar perusahaan memiliki kesempatan untuk mencari pengganti. Dengan begitu Anda juga tidak akan mendapat itra yang buruk sebagai karyawan dari perusahaan tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Benar
Photo by Qerja.com

Contoh surat pengunduran diri kerja bahasa Inggris

Jakarta, Februari 23rd, 2019

Mr. Alexander Haniel
Managing Director of Max Interior PT
Jl. Cendana No. 19
Jakarta

Dear Sir,

Through this letter, I would like to inform you that I am resigning from my position as Marketing Head for Max Interior PT, effective Februari 28th, 2019.

Thank you for the opportunities for professional and personal development that you have provided me during the last two years. I have enjoyed working for Max Interior PT and appreciate the support provided me during my tenure with the company.

If I can be of any help during this transition, please let me know.

Sincerely,

John Donald

Contoh surat pengunduran diri kerja bahasa Indonesia

Bandung, 19 Januari 2019

Kepada Yth.
Ibu Nisa Kurnia Ningsih
HRD Manager PT. Karya Gemilang
Di Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Christina Minar yang bekerja sebagai Head Marketing di PT. Karya Gemilang bermaksud untuk mengundurkan diri, terhitung sejak tanggal 20 Februari 2019.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan untuk bekerja di perusahaan PT. Karya Gemilang. Melalui surat ini, Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Karya Gemilang apabila Saya pernah melakukan kesalahan selama bekerja.

Kepoin Yuk!  Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah, Lengkap dengan Niat, Bacaan, dan Doa

Semoga PT. Karya Gemilang akan semakin maju dan menjadi salah satu perusahaan terbaik di masa mendatang.

Hormat saya,

Christina Minar

Contoh surat pengunduran diri kerja dari Bank

Jakarta, 12 Januari 2019

Kepada Yth.
Bapak Roy Sardi
HRD Manager PT BANK CENTRAL ASIA Tbk, KCU Tangerang
Jalan Bakti Saham, Sukasari
Tangerang

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya menyampaikan pengunduran diri sebagai karyawan di BANK CENTRAL ASIA Tbk, KCU Tangerang

Nama: Joko Winardi
Alamat: Jl. Melinjo No. 13, Tangerang, Banten

Melalui surat ini, Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di BANK CENTRAL ASIA sebagai Admin Support (Verifikasi) selama tiga satu tahun.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen BANK CENTRAL ASIA Tbk, KCU Tangerang apabila selama ini ada hal yang tidak menyenangkan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga BANK CENTRAL ASIA tetap menjadi perusahaan perbankan terbaik di Indonesia dan terus semakin maju dan sukses.

Hormat saya,

Joko Winardi

Contoh surat pengunduran diri kerja dari jabatan

Jakarta, 10 Januari 2019

Kepada Yth.
Profesor Dr. Sahat Hutauruk PhD
Kepala UPT K3L UBK Jakarta
Di Kampus UBK, Jakarta

Dengan Hormat

Melalui surat ini, saya atas nama Nelly Ratuliu bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai asisten laboratorium UPT K3L UBK, terhitung sejak tanggal 12 Mei 2019. Adapun alasan saya adalah karena telah mendapatkan pekerjaan baru di tempat lain.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan kerja di UBK Jakarta selama ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan jajaran manajemen UPT K3L UBK Jakarta jika ada kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya lakukan selama bekerja.

Kepoin Yuk!  Contoh CV dan Cara Membuatnya yang Mudah, Menarik, dan Kreatif

Saya berharap UPT K3L UBK Jakarta dapat berkembang terus dan menjadi yang terbaik. Demikianlah surat pengunduran diri ini Saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya Saya capkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nelly Ratuliu

Contoh surat pengunduran diri kerja simpel

Tangerang, 12 Februari 2019

Kepada Yth.
Ibu Siti Maria
HRD Manager PT. Suara Karya
Di Tangerang

Dengan Hormat,

Melalui Surat ini, saya atas nama Jacob Setiawan yang saat ini bekerja sebagai Operator Mesin bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Suara Karya, terhitung sejak 28 Februari 2019.

Saya mengucapkan banyak terimakasi atas kesempatan kerja yang diberikan kepada saya selama ini di PT. Suara Karya. Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Suara Karya apabila selama ini Saya pernah melakukan kesalahan selama bekerja.

Semoga PT. Suara Karya dapat terus berkembang dan maju di masa yang akan datang.

Hormat Saya,

Jacob Setiawan

Contoh surat pengunduran diri kerja resmi

Kudus, 18 Desember 2019

Kepada Yth.
Mugianto Susilo
Direktur PT. Abadi Jaya
Jln. Melati No. 16 Kudus

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Abadi Jaya berdasarkan dari penjelasan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan undang-undang kerja, maka Saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Budiman Anjasmara
Departemen: Marketing & Promotion
Jabatan: Sales
No. Karyawan: A325 3345

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Abadi Jaya dengan alasan ingin meneruskan usaha miliks keluarga. Surat ini dibuat berdasarkan prosedur hubungan industrial tanpa ada maksud buruk sedikitpun.

Saya berharap pihak manajemen bisa mengerti dan menerima permohonan Saya, dan juga memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan keinginan diri sendiri tanpa paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Budiman Anjasmara

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh surat pengunduran diri kerja (surat resign) yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *