Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

4 min read

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja – Sebagian dari Anda pastinya ada yang memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan impian. Untuk bisa bekerja di perusahaan impianmu tersebut tentu Anda harus menyiapkan soft skill atau hard skill yang Anda miliki. Tetapi tentu saja tidak hanya itu, juga ada hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk dipersiapkan, yakni surat lamaran kerja. Atas dasar itulah, melalui artikel berikut akan kami bagikan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat lamaran kerja pada dasarnya menjadi gerbang utama yang akan jadi penentu apa Anda akan diterima kerja di perusahaan tersebut atau tidak. Tentu saja sebagai pelamar Anda harus bisa mempromosikan diri dengan baik sehingga pihak perusahaan tertarik untuk merekrut Anda. Itu artinya Anda tidak boleh sembarangan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Pastikan surat lamaran kerja tersebut dibuat sebaik mungkin dan tidak berbelit – belit.

Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Menulis Surat Lamaran Kerja
Photo by Merdeka.com

Apabila Anda termasuk salah satu freshgraduate, itu artinya Anda harus memperhatikan dengan baik contoh surat lamaran kerja yang akan kami bagikan berikut. Tetapi demikian, pada saat membuat surat lamaran pekerjaan ada hal – hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Seperti, surat lamaran kerja harus dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak berbelit – belit, dan membuat staf HRD bosan. Agar lebih jelasnya, mari simak selengkapnya di bawah ini.

  • Hal penting pertama yang harus Anda tahu ketika membuat surat lamaran kerja adalah membaca dengan baik apa yang jadi syarat utama dalam lowongan pekerjaan tersebut. Tentu saja sebagai pelamar Anda harus mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Tujuannya, agar isi surat lowongan perkerjaan Anda tidak keluar dari konteks yang ada.
  • Jangan lupa untuk menulis surat lamaran kerja menggunakan bahasa baku menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jika Anda memang akan membuat surat lamaran kerja bahasa Indonesia.
  • Gunakan pula kata – kata yang mudah dipahami, sopan, jelas, singkat, dan padat.
  • Tujuan dari surat lamaran kerja Anda juga harus jelas, baik itu mengenai nama yang dituju atau pun alamat perusahaan tempat Anda akan melamar pekerjaan. Pastikan Anda sudah menulisnya dengan ejaan yang benar.
  • Apabila Anda sudah selesai menulis surat lamaran pekerjaan, sangat disarankan sekali agar Anda membacanya sekali lagi untuk memastikan tidak ada salah ketik.
  • Pastikan tidak ada kata yang sering diulang – ulang.
  • Baik itu surat lamaran kerja yang diketik maupun ditulis tangan, pastikan kertas yang digunakan bersih, tidak ada kotoran, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau bekas terlipat.
  • Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung.
Kepoin Yuk!  Letak Geografis Indonesia Beserta Penyebab dan Pengaruhnya [Penjelasan Lengkap]

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Photo by Riuhimaji.com

Setelah mengetahui hal – hal penting dalam menulis surat lamaran pekerjaan, kini saatnya untuk mengetahui tips atau cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut.

Menulis nama dan alamat yang dituju

Sebagai langkah awalnya adalah menulis nama dan alamat yang akan dituju. Selain itu, Anda juga tidak boleh sampai lupa untuk menuliskan tanggal pembuatan surat lamaran kerjamu tersebut. Penulisan tanggal pembuatan surat ini biasanya ada di pojok kanan atas. Tapi apabila Anda tidak tahu nama HRD sebuah perusahaan, maka bisa dikosongkan saja, Anda bisa menuliskan dengan Yth. Bapak/Ibu.

Contoh   

                                                                                             Yogyakarta, 7 Agustus 2019

Kepada                       

Yth. Bapak/ Ibu

HRD  PT. Suka-Suka

Jl. Mangkubumi No. 12, Yogyakarta

Salam hormat dan pembukaan

Lalu untuk kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran pekerjaan ini hal yang harus Anda cantumkan adalah dari mana Anda mendapat informasi tentang lowongan kerja perusahaan tersebut, baik itu dari surat kabar atau internet maupun teman Anda. Lalu, sebutkan juga posisi jabatan pekerjaan yang dipilih dalam perusahaan.

Contoh

Dengan hormat,

Berdasarkan infomasi lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempatibagian Account Executive di PT. Suka-Suka

Biodata pribadi

Silakan Anda tuliskan nama lengkap beserta tempat dan tanggal lahir, juga alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, email (jika ada). Apabila Anda memang ingin menuliskan latar belakang pendidikan, maka Anda bisa menuliskan latar belakang pendidikan terakhir atau pendidikan tertinggi Anda.

Contoh 

Nama : Maudy Titi

Tempat, tanggal lahir : Sleman, 15 November 1996

Kepoin Yuk!  Contoh Cerpen Pendidikan / Persahabatan / Cinta / Lucu Terlengkap dan Terbaru 2019

Email : maduytiti@gmail.com

Telepon : 081326754321

Pengalaman kerja

Lalu untuk yang berikut ini khusus buat Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja di sebuah perusahaan. Tapi juga status Anda sebagai freshgraduate yang tentu saja belum memiliki pengalaman kerja, maka Anda bisa menuliskan pengalaman megangmu apabila Anda memang pernah magang di sebuah perusahaan. Anda bahkan juga bisa menuliskan organisasi yang pernah diikuti yang sekiranya menunjangmu dengan posisi yang dilamar.

Bila perlu, Anda juga bisa menuliskan kemampuan yang Anda miliki, tetapi pastikan kemampuan tersebut memang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Anda bisa menuliskan hal tersebut dalam bentuk kalimat yang jelas, singkat, dan padat. Lalu diakhir kalimatnya silakan tulis untuk pembaca bahwa Anda memiliki keinginan yang kuat agar diterima di perusahaan tersebut.

Contoh

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang menjabat sebagai di Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

Penutup

Untuk penutup dalam surat lamaran pekerjaan ini sebaiknya dibuat semanis mungkin, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Contoh

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Lampiran

Salah satu tujuan memberikan lampiran pada surat lamaran kerja tidak lain agar perusahaan yang dituju semakin tertarik untuk menerimamu. Tetapi juga ada beberapa perusahaan yang meminta agar para pelamar melampirkan hal lain, seperti transkip nilai, surat kesehatan, dan lain – lain.

Kepoin Yuk!  CSR Adalah? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Contoh CSR Perusahaan Disini!

Tentunya sebagai pelamar Anda harus cermat apa saja yang menjadi persyaratan dalam melamar pekerjaan di perusahaan impian Anda tersebut. Di bawah ini ada hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran.

  • Pas foto terbaru
  • CV atau daftar riwayat hidup
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (jika ada)
  • Portofolio

Hormat saya

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan dan nama lengkap tepat di bawah pojok kanan surat.

Contoh

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Maudy Titi

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh 1

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 2

Contoh 3

Contoh 3

Contoh 4

Contoh 4

Contoh 5

Contoh 5

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *