Contoh Laporan Study Tour

3 min read

Study tour adalah kegiatan wisata dan belajar yang sangat disukai oleh anak-anak sekolah. Namun biasanya Anda juga akan diminta untuk membuat laporan perjalanan yang telah dilakukan. Agar lebih mudah membuat laporan Anda bisa melihat contoh laporan study tour dari siswa SMA N 1 Palembang. Untuk isi dan jenis kegiatan bisa disesuaikan dengan perjalanan Anda masing-masing.

Struktur dari laporan ini umumnya sama saja yaitu terdiri dari Pendahuluan, Isi dan Penutup. Untuk pembahasan dapat disesuaikan saja dengan perjalanan yang dilakukan. Misal pada contoh adalah kota Yogyakarta, maka yang objek yang dibahas adalah tentang wisata Jogja. Anda juga bisa menambahkan pengalaman menarik selama melakukan perjalanan study tour tersebut.

Contoh Laporan Study Tour SMA N 1 Palembang ke Yogyakarta

Laporan Perjalanan Study Tour

Study Tour SMA N 1 Palembang ke Yogyakarta

Disusun Oleh:

Nisa Dwi Safitri

Agung Dwi Akbar

Lutfi Apriansyah

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Yogyakarta atau Jogja adalah salah satu provinsi di Indonesia yang masuk dalam jajaran 7 Daerah Istimewa. Daerah lain yang termasuk juga dalam Daerah Istimewa ini adalah Aceh, Kalimantan Barat, Berau, Bulongan, Surakarta dan Kutai. Namun saat ini hanya tersisa dua kota saja yaitu Aceh dan salah satunya Yogyakarta.

Yogyakarta disebut sebagai Daerah Istimewa karena memiliki pemerintahan yang sedikit berbeda. Didalamnya terdapat kerajaan yang dipimpin oleh raja dengan sebutan Sri Sultan Hamengkubuwono X yang merupakan keturunan kerajaan langsung. Kepemimpinan ini tidak menjadikan Jogya sebagai daerah di luar Indonesia namun menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Study tour adalah kegitan rutin yang dilakukan oleh SMA N 1 Palembang, khusus untuk murid kelas XI. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuka wawasan siswa akan lebih mengenal kebudayaan diluar wilayah Palembang. Yogyakarta dipilih sebagai tempat tujuan karena memiliki banyak situs sejarah dan budaya yang bisa dikunjungi dalam satu waktu.

Sebagai timbal balik maka seluruh siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan study tour diwajibkan membuat laporan perjalanan. Laporan ini berisi tentang kegiatan yang dilakukan selama perjalanan sebagai bentuk pertanggung jawaban dan juga pembelajaran setelah study tour.

B. Tujuan Kegiatan

Berikut beberapa tujuan kegiatan study tour dan laporan perjalanan yang telah dilakukan:

1.Memperluas pengetahuan dan wawasan siswa mengenai kota Yogyakarta.

2.Memperkenalkan budaya dan situs sejarah yang terdapat di Yogyakarta.

3.Merupakan kesempatan untuk belajar secara langsung dari sumber sejarah yang ada di Yogyakarta.

4.Sebagai  rekreasi yang dilakukan sebelum UAS dan kenaikan kelas XII yang harus mempersiapkan ujian nasional.

5.Menambah pengalaman baru bagi siswa yang mengikuti kegiatan study tour.

C. Waktu dan Tempat 

Kegiatan study tour ke Yogyakarta dilakukan ini kami lakukan pada  bulan November sebelum UAS yaitu:

Hari dan tanggal perjalanan : Senin, 26 November 2019  hingga Sabtu, 30 November 2019 (6 hari)

Lokasi study tour          : Kota Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta)

D. Peserta Kegiatan

Semua siswa SMA N 1 Palembang kelas XI yang didampingi oleh wali kelas masing-masing berjumlah dua orang wali kelas.

E. Pembiayaan

Biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan wisata study tour ini sebesar Rp.1.000.000,- per orang, dengan rincian sebagai berikut:

1.Transportasi              : Rp.500.000,-

2.Tiket masuk               : Rp.100.000,-

3.Makan dan Minum     : Rp.400.000,-

Dana ini bersumber dari iuran para siswa yang mengikuti kegiatan study tour dan potongan dari tabungan siswa sebesar 30% dari biaya yang dikeluarkan.

ISI LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR

A. Laporan Perjalanan Study Tour

Kami siswa SMA N 1 Palembang melakukan kegiatan study tour ke Yogyakarta pada tanggal 26 November 2019 hingga di tanggal 30 November 2019, selama 6 hari berturut-turut. Perjalanan dilakukan menggunakan bus pariwisata Damri dengan setiap bus 60 orang yaitu siswa 55 orang, wali kelas 3 orang dan sopir bus 2 orang.

Bus berangkat tanggal 26 November jam 10 pagi dengan rombangan bus sebanyak 4 bus Damri besar. Waktu tempuh dari Palembang ke Yogyakarta diperkirakan satu hari satu malam namun kami mengalami kemacetan di daerah Jakarta. Kami sangat senang karena perjalanan dilakukan bersama teman-teman dan mampir ke rest area di Lampung, Jakarta dan daerah lainnya.

Kami tiba di Yogyakarta pada hari Selasa malam dan langsung chek in ke hotel dekat jalan Malioboro. Karena sudah malam dan lelah akhirnya kami hanya tidur dan beristirahat untuk persiapan perjalanan besok harinya. Keesokan harinya kami mulai berwisata ke Candi Borobudur dan Pantai Parangtritis.

Malamnya kami mengunjungi jalan terkenal dii Yogyakarta yaitu Jalan Malioboro. Karena dekat dengan penginapan kami akhirnya berjalan beramai-ramai ke Malioboro. Kami juga diwajibkan untuk melakukan wawancara khusus untuk pementas seni yang ada di tempat tersebut. Beberapa pertanyaan yang diajukan seperti :

1.Apa nama pentas seni yang dilakukan oleh kelompok atau orang tersebut ?

2.Bagaimana sejarah seni tersebut sehingga hingga saat ini masih tetap eksis?

3.Sudah berapa lama pementas seni melakukan hal tersebut di jalan Malioboro?

Besoknya kami mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Museum Banteng Vredeburg dan Museum Keraton Yogyakara. Malamnya kami diberikan waktu santai untuk kembali berkunjung ke Malioboro atau Alun-alun kota Yogyakarta secara berkelompok. Hari jumat kami kembali melakukan perjalanan menuju Candi Prambanan yang terdapat di kabupaten Sleman.

Selanjutnya setelah kunjungan terakhir kami mempersiapkan diri untuk kembali lagi ke kota Palembang pada Jumat Malam jam 8.00 malam.

B. Objek Wisata yang Diamati

1.Candi Borobudur

“Foto Candi Borobudur”

Candi borobudur adalah tempat wisata yang pertama kali kami kunjungi di Yogyakarta. Candi ini adalah candi Buddha yang terbesar di dunia hingga saat ini dan dibangun pada abad ke 9. UNESCO menetapkan candi satu ini sebagai kompleks stupa termegah serta terbesar yang ada di dunia. Selain itu candi ini masih digunakan untuk berbagai kegiatan hari besar keagamaan umat Budha.

2.Pantai Parangtritis

3.Malioboro

4.Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala 

5.Museum Banteng Vredeburg

6.Museum Keraton Yogyakara

7.Candi Prambanan 

(Untuk bagian ini Anda bisa menuliskan tentang seputar objek wisata yang diamati dan juga sertakan foto sebagai pendukung)

PENUTUP

A. Simpulan

Setelah perjalanan study tour tersebut kamu dapat menyimpulkan bahwa Yogyakarta adalah salah satu tempat rekreasi yang bersejarah. Selain itu banyak juga wisata budaya lain yang bisa kami kunjungi sehingga lebih mengenal lagi kota Yogyakarta.

B. Saran

Perjalanan study tour ini sangat bermanfaat dalam membuka wawasan siswa dan sarana belajar sekaligus rekreasi. Alangkah baiknya jika kegiatan ini terus diadakan setiap tahunnya dengan kota tujuan wisata seperti Yogyakarta atau kota lainnya.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

(Anda bisa menyertakan lampiran bila ada, seperti jawaban pertanyaan di atas dan foto saat kegiatan dan lampiran lainnya)

Contoh laporan study tour ini akan lebih baik jika dilengkapi dengan foto-foto yang Anda ambil ketika berwisata. Biasanya setiap yang akan melakukan study tour tidak akan lupa melakukan swafoto. Untuk laporan Anda bisa mengambil foto objek secara utuh sendiri agar laporan tampak berbeda. Atau bisa juga dengan mengambil beberapa sisi menarik dari objek wisata tersebut.

6 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Apa saja anime romance terbaik menurut Anda? Benar-benar tidak sulit untuk mengetahui apa genre romansa dalam anime. Pada dasarnya, ini tentang cinta, romansa, dan karakter yang...
Ncang Beryl
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *