Begini Contoh Invoice Tagihan Perusahaan dan Fungsinya

3 min read

Begini Contoh Invoice Tagihan Perusahaan dan Fungsinya

Contoh Invoice – Sebab memiliki peranan cukup penting dalam dunia bisnis, untuk itu melalui artikel berikut akan kami bagikan beberapa contoh invoice lebih lengkapnya, beserta fungsi, komponen, dan jenis – jenis invoice itu sendiri. Namun sebelumnya sudahkah Anda tahu apa itu invoice? Pengertian invoice ini sendiri pada dasarnya sering sekali disebut – sebut sebagai faktur.

Secara umum, invoice dapat diartikan sebagai daftar barang – barang yang dikirimkan secara lebih lengkap dan terperinci, dimana hal tersebut sudah dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, dan harga yang dikeluarkan oleh si penjual dan harus dibayarkan oleh pembeli atau pelanggan.

Transaksi dalam lembaran invoice ini nanti akan dijadikan sebagai bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit atau cicilan. Biasanya invoice dibuat dalam tiga rangkap, yakni satu lembarnya untuk si pembeli jika sudah melunasi pembayaran, lalu untuk satu lembarnya lagi digunakan sebagai arsip bagian penjualan dan terakhir untuk laporan bagian keuangan.

Komponen Invoice yang Perlu Anda Ketahui

Komponen Invoice yang Perlu Anda Ketahui
Photo by Sleekr.co

Pada dasarnya ada beberapa jenis dan contoh invoice yang sering sekali digunakan oleh sebuah perusahaan. Dimana dalam pemilihan jenis dan contoh invoice tersebut tergantung dari jenis transaksi dan perusahaan yang dijalankan. Buat Anda yang belum mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bentuk dari invoice itu sendiri, maka Anda bisa temukan banyak sekali contoh invoice yang tersebar di dunia maya dan bisa dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan invoice itu sendiri.

Seperti yang sudah kami singgung di atas, keberadaan invoice dalam sebuah bisnis atau perusahaan memang memiliki peranan yang cukup penting sekali, guna merekam barang maupun jasa yang telah dibeli pembeli atau pelanggan. Apabila dikaitkan dengan keuangan, maka invoice di sini juga memiliki peranan penting untuk memudahkan dalam perhitungan laba atau keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Hal yang penting Anda lakukan di sini adalah mengirim invoice sebagai tagihan pembayaran setelah pembeli atau pelanggan selesaikan pemesanan, dan Anda mengirimkan barang maupun jasa tersebut. Apabila lembar invoice ini memang sudah diberikan, maka Anda akan dengan mudahnya memasukkan pembayaran ke dalam laporan keuangan. Penting untuk Anda perhatikan bahwa pada invoice biasanya ada jangka waktu pembayaran yang sudah disepakati, mulai dari pembayaran harian, mingguan, hingga bulanan. Anda tentu saja harus menungg pembayaran di jangka waktu yang sudah disepakati tersebut.

Komponen Invoice Dalam Perusahaan

Komponen Invoice Dalam Perusahaan
Photo by Paper.id

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa dalam pemilihan jenis dan format invoice dalam sebuah perusahaan harus disesuaikan pula dengan transaksi serta bisnis yang sedang dijalankan. Tetapi demikian, juga ada beberapa komponen invoice yang harus ada, tujuannya agar informasi yang ada di dalamnya lengkap dan sesuai. Komponen dalam invoice sebuah perusahaan antara lain sebagai berikut.

  • Nomor urut invoice
  • Purchase order atau nomor order
  • DO atau SJ maupun kode nomor transaksi DO atau SJ
  • Detail barang
  • Sub total
  • Diskon jika ada
  • Biaya pengiriman jika ada
  • Biaya PPN
  • Total PPN
  • Total biaya

Jenis Invoice Dalam Sebuah Perusahaan

Jenis Invoice Dalam Sebuah Perusahaan
Photo by Klikpajak.id

Invoice Biasa

Jenis invoice yang berikut ini adalah invoice yang biasanya digunakan oleh perusahaan pada transaksi sederhana. Invoice tersebut biasanya hanya berisikan rincian item, jumlah yang akan dibeli, harga per item, dan harga total. Jenis invoice tersebut akan diberikan kepada pembeli atau pelanggan.

Invoice Proforma

Lalu untuk jenis yang berikut ini pada dasarnya bersifat sementara, sebab hanya dijadikan sebagai invoice pengganti. Alasannya, invoice proforma tersebut dibuat secara khusus karena ada barang atau jasa pesanan pelanggan yang dikirimkan secara bertahap. Sebelum akhirnya barang tersebut dikirimkan seluruhnya, invoice ini memiliki fungsi penting sebagai pengganti bukti pada saat pelanggan melakukan sejumlah pembayaran. Jika barang tersebut sudah sampai ke tangan pelanggan secara lengkap, maka penjual akan menggantinya menjadi invoice biasa.

Invoice Konsuler

Untuk jenis yang terakhir ini adalah jenis khusus yang biasanya digunakan pada perdagangan kelas internasional atau pun ekspor impor. Jenis invoice konsuler tersebut dinyakan sah jika sudah mendapat persetujuan dari perwakilan negara yang telah mengimpor, yakni atase perdagangan, kantor konsuler, dan kedutaan besar negara pengimpor yang ada di negara pengekspor.

Fungsi Invoice Dalam Perusahaan

Fungsi Invoice Dalam Perusahaan
Photo by Jojomonic.com

Jika berbicara lebih jauh mengenai fungsi invoice ini sendiri maka akan ada banyak sekali fungsinya. Invoice umumnya dijadikan sebagai dokumen tagihan atas pembelian yang dilakukan oleh pembeli atau pelanggan. Berikut akan kami rangkumkan beberapa fungsi invoice dalam sebuah perusahaan atau bisnis secara lengkapnya.

  • Dijadikan sebagai informasi yang ada kaitannya dengan barang atau jasa yang dibeli oleh pelanggan.
  • Dijadikan sebagai informasi nominal tagihan dan termin pembayaran yang wajib dilakukan oleh konsumen atau pelanggan.
  • Dijadikan sebagai rujukan yang absah apabila barang atau jasa yang tercantum akan dijual kembali ke pihak lain.
  • Dijadikan sebagai rujukan yang absah pada saat akan menambahkan transaksi ke pembukuan keuangan.
  • Di kondisi tertentu, invoice ini juga bisa dijadikan sebagai rujukan yang absah untuk faktur pajak.
  • Dijadikan sebagai rujukan apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman barang atau pun perhitungan jumlah tagihan.

Cara Menulis Invoice yang Baik dan Benar

Cara Menulis Invoice yang Baik dan Benar
Photo by BlogXendit.co

Memastikan invoice mudah dimengerti dan dipahami

Pada dasarnya dalam pembuatan invoice penagihan ini bukanlah perkara yang mudah. Namun demikian, Anda tetap harus memastikan bahwa invoice yang Anda buat tersebut mudah dimengerti dan dipahami oleh konsumen atau pelanggan. Dengan begitu pelanggan Anda akan lebih mudah mengidentifikasi barang apa saja yang dipesannya. Dalam hal ini Anda harus menuliskan daftar barang secara lengkap dan terperinci, mulai dari nama barang, ukuran, bahan, jenis, dan deskripsi barang jika memang diperlukan. Akan lebih baik lagi apabila Anda juga menyertakan logo perusahaan Anda di invoice tersebut sehingga terlihat lebih profesional.

Cara pembayaran yang mudah dan praktis

Pemilihan cara pembayaran barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen maupun pelanggan juga memiliki peranan penting, sebab akan mempengaruhi lama atau tidaknya konsumen melunasi tagihan invoice tersebut. Semakin terbatasnya cara pembayaran yang Anda berikan, maka akan semakin sulit lagi konsumen untuk melunasinya dengan cepat. Sehingga hal tersebut menjadikan mereka menunda – nunda waktu pembayaran. Oleh karenanya Anda lebih disarankan untuk menawarkan banyak pilihan cara pembayaran.

Mengirim invoice kepada orang yang tepat

Ingat, Anda tidak boleh sampai salah orang pada saat memberikan tagihan invoice satu ini. Misalnya, ia ternyata bukan orang yang bertanggung jawab sehingga kerap kali lupa untuk menyampaikan kepada orang yang bersangkutan. Akibatnya inovice tidak segera diproses dengan cepat dan tepat. Oleh karenanya Anda harus terlebih dulu memastikan sudah memberikan invoice kepada orang yang bertanggung jawab untuk masalah penagihan atau pembayaran. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk memberikannya kepada banyak orang, sebab hal ini kurang efektif.

Contoh Invoice Tagihan Perusahaan Terbaru

Sebagai gambaran bagaimana bentuk atau contoh invoice tagihan perusahaan pada umumnya, di bawah ini akan kami bagikan beberapa contoh invoice dalam berbagai macam format yang berbeda. Mari simak selengkapnya di sini!

Invoice Sederhana

Invoice Sederhana

Invoice Penagihan

Invoice Penagihan

Invoice Barang

Invoice Barang

Invoice Jasa

Invoice Jasa

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh invoice tagihan perusahaan dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Contoh Iklan Beserta Gambarnya, Strukturnya yang Menarik

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *