Contoh CV dan Cara Membuatnya yang Mudah, Menarik, dan Kreatif

3 min read

Contoh CV dan Cara Membuatnya yang Mudah, Menarik, dan Kreatif

Contoh CV – Lagi cari contoh CV lamaran kerja yang tidak hanya menarik, tetapi juga dibuat sekreatif mungkin? Jika itu, lebih baik simak dan baca artikel ini dari awal sampai akhir, ya! Dengan begitu Anda akan lebih mengerti dan memahami apa itu CV atau Curriculum Vitae beserta cara membuatnya yang mudah, menarik, dan kreatif.

Sebenarnya untuk membuat CV ini tidaklah sulit, tetapi ketika Anda harus membuat CV yang menarik dan kreatif sepertinya itu jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Salah satu alasan kenapa Anda harus membuat CV semenarik dan sekreatif mungkin adalah, agar peluang mendapat perhatian dari pihak HDR tempat dimana nanti Anda akan melamar pekerjaan jadi semakin besar, hingga akhirnya peluang untuk diterima kerja pun jadi lebih besar lagi.

Definisi Tentang CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup

Definisi Tentang CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup
Photo by Jempolkaki.com

Sebelum kami akan membahas lebih jauh tentang contoh CV, perlu untuk diketahui terlebih dulu bahwa di dunia kerja, ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan maka Anda harus memperkenalkan diri melalui CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup ke pihak personalia atau HRD.

Tidak heran jika pada saat Anda memberikan surat lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan, sekolah, instansi pemerintahan, dan lain – lain, pasti harus dilengkapi dengan CV. Dimana dalam CV tersebut akan dijelaskan secara lebih terperinci mengenai data diri Anda, mulai dari informasi pribadi, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja (jika ada).

Dari CV inilah pihak HRD akan tahu mengenai potensi Anda dan tahu apa Anda sudah sesuai dengan kriteria pegawai yang dibutuhkan di perusahaan tersebut atau tidak. Itu artinya, peranan CV dalam melamar pekerjaan sangatlah penting, karena akan sangat berpengaruh terhadap di terima atau tidaknya Anda bekerja.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sebagian besar contoh CV lamaran pekerjaan yang ada umumnya lebih terkesan datar, monoton, dan kurang menarik. Tidak heran jika yang demikian tersebut membuat beberapa pihak HRD kurang tertarik untuk menggali informasi lebih dalam lagi mengenai orang tersebut melalui CV yang diberikan.

Isi dari CV yang Anda tulis pada saat membuat surat kerja memang sangat penting sekali, tetapi Anda juga tidak boleh lupa untuk memperhatikan desain serta cara penyajian daftar riwayat hidup atau CV tersebut. Nah, agar lebih mudah membuat CV lamaran kerja yang menarik dan kreatif silakan simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Mudah, Menarik, dan Kreatif

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Mudah, Menarik, dan Kreatif
Photo by 15ons.com

Memasukkan data identitas dengan baik dan benar

Langkah pertama sebelum kami akan membagikan contoh CV yang menarik dan kreatif, ketika Anda akan membuat CV untuk melamar kerja pastikan Anda sudah memasukkan data identitas dengan baik dan benar. Biasanya pada contoh CV yang benar akan ditulus data diri atau data identitas dengan benar dan jujur, mulai dari menulis nama panjang, nama panggilan, alamat, no telpon, alamat email, alamat sosial media, dan lain – lain.

Tidak hanya itu, pada CV melamar pekerjaan ini Anda juga harus bisa mendeskripsikan dirimu dengan baik dan benar. Deskripsi diri ini biasanya menyangkut usia atau umur, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa asing, dan sedikit menyinggung mengenai pendidikan terakhir yang Anda jalani. Misalnya saja Anda berasal dari lulusan mana dengan nilai yang memuaskan.

Jangan lupa, masukkan riwayat pendidikan

Lalu untuk langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya harus ada dalam CV adalah mengenai riwayat pendidikan. Khususnya untuk yang satu ini Anda tidak perlu harus menulis secara urut, mulai dari pendidikan di Taman Kanak – Kanak (TK).

Cukup dari pendidikan di masa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan universitas jika Anda memang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Selain itu, Anda juga perlu mencantumkan mengenai durasi Anda dalam menempuh pendidikan di masing – masing.

Apabila Anda kebetulan juga memiliki riwayat pendidikan informal lain, tidak ada salahnya untuk dibagikan di CV tersebut.

Memasukkan pengalaman kerja atau pengalaman berorganisasi (jika ada)

Apabila sebelum melamar pekerjaan ini, ternyata Anda sudah memiliki pengalaman kerja di tempat lain, atau pengalaman berorganisasi, maka jangan pernah ragu untuk menuliskan pengalamanmu dengan baik dan benar di CV.

Sangat disarankan sekali agar Anda menuliskan pengalamanmu secara detail dan terperinci, baik itu mengenai di perusahaan apa Anda bekerja, durasi bekerja, posisi, dan tingkat atau pun jenjang karir yang berhasil Anda dapatkan di tempat tersebut. Meskipun ternyata perusahaan tempat Anda bekerja bukan dari perusahaan besar, jangan pernah ragu untuk menuliskannya di CV yang akan Anda buat tersebut.

Selain pengalaman dalam bekerja, pengalaman dalam berorganisasi juga penting sekali untuk dituliskan lebih terperinci. Ini tentu saja akan jadi nilai plus Anda. Apalagi bila dalam berorganisasi Anda ternyata menduduki atau pun memegang jabatan yang cukup berharga sekali. Jangan lupa, tuliskan pula pengaruhnya pada pengembangan dirimu.

Menjelaskan kualifikasi diri yang dimiliki

Selain pendidikan yang berkualitas, tentu saja pihak perusahaan juga akan melirik kualifikasi khusus yang Anda miliki. Apalagi jika Anda ternyata salah seorang yang berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan tersebut. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk menuliskan di CV yang akan Anda buat.

Menuliskan keahlian yang dimiliki

Tidak hanya deskripsi diri dan pendidikan, pihak HDR sebuah perusahaan biasanya juga ingin tahu pribadi Anda seutuhnya. Dengan begitu Anda juga bisa tuliskan atau jelaskan keahlian yang Anda miliki yang kemudian dapat menunjang kemampuanmu dalam bekerja.

Menuliskan capaian atau penghargaan yang pernah diraih

Apabila Anda memang termasuk salah satu orang yang cukup cerdas dan pintar, maka sudah pasti Anda memiliki capaian khusus, ini tentu saja akan menjadi sebuah nilai lebih. Tuliskan saja capaian atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan secara detail, tak terkecuali di tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya.

Menuliskan secara singkat, padat, dan jelas

Apabila Anda sudah selesai melengkapi CV tersebut dengan lengkap, pastikan Anda sudah bisa memberikan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas. Sangat disarankan sekali agar Anda menggunakan kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien.

Tuliskan tiap alur riwayat hidup yang runtut. Termasuk halnya mengenai jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau pun prestasi yang pernah Anda dapatkan. Diharap agar Anda bisa menuliskannya secara melompat – lompat. Pada CV melamar pekerjaan Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan nama yang berlebihan atau aneh untuk alamat email, seperti celaluimouth@gmail.com.

Contoh CV untuk Melamar Kerja yang Menarik dan Kreatif

Berikut ini akan kami bagikan beberapa contoh CV untuk melamar kerja yang menarik dan kreatif bisa Anda contoh pada saat membuat CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup. Silakan pilih salah satu CV untuk Anda contoh nanti.

Contoh CV 1

Contoh CV 1

Contoh CV 2

Contoh CV 2

Contoh CV 3

Contoh CV 3

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh CV dan cara membuatnya yang mudah, menarik, dan kreatif. Semoga bermanfaat.

Suku Dayak : Sejarah, Kebudayaan, dan Adat Istiadat Secara Lengkap

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *