Contoh CV Dalam Bahasa Inggris Lengkap dan Cara Membuatnya

3 min read

Contoh CV Dalam Bahasa Inggris Lengkap dan Cara Membuatnya

Contoh CV Dalam Bahasa Inggris – Ingin melamar kerja di perusahaan bertipe Media, Startup, atau Agency? Contoh CV dalam bahasa Inggris berikut ini tentunya penting untuk Anda ketahui. Sebuah CV atau Curriculum Vitae yang ditulis dengan bahasa Inggris pastinya jauh lebih menarik perhatian. Kesempatan untuk diterima kerja di perusahaan impianmu jadi semakin besar lagi.

Mengingat semakin modernnya budaya dan majunya sistem kerja sehingga hal tersebut membuat kebutuhan dalam memiliki skill bilingual semakin tinggi. Jika dulu skill bahasa Inggris menjadi nilai plus yang sangat diperhitungkan, sekarang seakan – akan semua orang diwajibkan untuk mengerti dan bisa berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, Anda tidak perlu heran juga jika pada akhirnya semakin banyak yang suka jika para calon karyawan atau pegawai yang melamar dengan CV berbahasa Inggris.

Cara Membuat CV Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Cara Membuat CV Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar
Photo by Helpshared.com

Memastikan susunan grammar sudah sesuai

Pada dasarnya contoh CV dalam bahasa Inggris ini ada banyak sekali tersebar di internet, sehingga hal tersebut membuat Anda semakin mudah dalam membuat CV. Namun pada saat Anda mulai membuat CV Anda juga perlu memastikan susunan grammar sudah sesuai. Setidaknya ada 3 jenis grammar yang umum digunakan dalam menulis kalimat ke dalam bahasa Inggris, yakni Future Tense, Present Tense, dan Past Tense.

Contoh CV dalam bahasa Inggris untuk fresh graduate kebanyakan menggunakan pola kalimat Present Tense. Alasannya, isi dari CV tersebut masih seputar data pribadi, skill atau kemampuan, latar belakang pendidikan, dan alasan kenapa ingin bekerja di perusahaan tempat Anda melamar kerja.

Berbeda halnya saat Anda sudah pernah bekerja di sebuah perusahaan, alias memiliki pengalaman kerja dan tidak lgi bekerja di tempat tersebut maka pola kalimat yang digunakan adalah Past Tense. Namun demikian, buat Anda yang masih bekerja di sebuah perusahaan dan ingin mencari pekerjaan baru, maka Anda bisa menggunakan pola kalimat Present Tense.

Mengurangi penggunaan subjek ‘I’

Meskipun cara membuat CV bahasa Inggris ini mudah, tetapi pada kenyataannya masih ada banyak orang yang salah ketika membuatnya sendiri. Pada dasarnya dalam penggunaan kalimat aktif jauh lebih baik guna menambah kesan profesional pada CV yang dibuat. Itu artinya Anda tidak disarankan untuk menggunakan kata subjek ‘I’ pada sebuah kalimat bahasa Inggris. Alasannya, sebab yang demikian hanya akan memberikan kesan tegas dan padat pada CV yang Anda buat.

Menempatkan bagian pengalaman kerja sebelum latar belakang pendidikan

Biasanya perusahaan perusahaan besar akan lebih suka dengan CV berbahasa Inggris yang juga memiliki format penulisan yang baik dan benar, misalnya saja untuk menuliskan mengenai pengalaman kerja yang diletakkan sebelum latar belakang pendidikan. Meskipun Anda tidak sedang melamar kerja di perusahaan di luar negeri, tetapi Anda bisa menggunakan format tersebut untuk melamar kerja di perusahaan asing yang ada di Indonesia.

Memperhatikan penggunaan kata plural dan singular

Selain itu Anda juga perlu menggunakan kata tunggal atau singular pada kalimat di contoh CV dalam bahasa Inggris yang Anda buat. Penggunaan kata singular ini bertujuan untuk kata ganti perusahaan tempat Anda bekerja dulu, atau perusahaan tempat Anda sedang bekerja saat ini. Sementara itu untuk kata plural sendiri bisa digunakan untuk deskripsikan desk job Anda.

Penilisan gelar pendidikan yang benar dalam bahasa Inggris

Sebenarnya Anda boleh menggunakan gelar pendidikan dalam bahasa Indonesia, tapi agar CV yang Anda buat terlihat lebih menarik lagi maka tidak ada salahnya untuk menuliskan gelar pendidikan dalam bahasa Inggris. Contohnya, Bachelor of Literature atau Bachelor of Humanity untuk sarjana ilmu sastra, sementara itu untuk sarjana ilmu politik adalah Bachelor of Social Science.

Teliti dalam penggunan tanda baca

Sebenarnya tidak hanya untuk contoh CV dalam bahasa Inggris saja yang harus teliti dalam penggunaan tanda baca, contoh CV dalam bahasa Indonesia atau berbagai bahasa pu serupa. Untuk pengecekan kebenaran tanda bacanya Anda bisa menggunakan beberapa software atau pun website agar lebih praktis dan akurat.

Contoh CV Dalam Bahasa Inggris Lengkap

Contoh CV Dalam Bahasa Inggris Lengkap
Photo by Bunehaba.com

Contoh :

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DETAILS
Name : Syaifullah
Date of birth : June 20th, 1997
Gender : Male
Address : Agrowisata 1 Street, Kemiling, Bandar Lampung(35158)
Marital status : Single
Religion : Islam
Nationality : Indonesian
Phone : (0852) 11335522
Cellphone : 082191910022
E-mail : syaifullah@gmail.com

EDUCATION DETAILS
2000 – 2006 State Elementary School 2 Bandar Lampung
2006 – 2009 State Junior High School 7 Bandar Lampung
2009 – 2012 State Senior High School 1 Bandar Lampung
2013 – 2017 Computer Engineering Department, Universitas Lampung
GPA = 3.50 (scale 4)
PREDICATE = Cumlaude

JOB EXPERIENCES
May 2014 – May 2016 Software Engineering at PT. Sejahtera

SKILLS
Internet marketing
Programming (Java, C++, Android, PHP, HTML)
Database (SQL)
Microsoft Office
English (Active)

PERSONALITY
Honest, kind, hardworking, diligent, tolerant, ready to work with a team, disciplined, and responsible.

This I declare that the information above is actually made and provided here by me, all in good faith.

Sincerely,

(Syaifullah)

Artinya :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

KETERANGAN PRIBADI
Nama : Syaifullah
Tanggal Lahir : 20 Juni 1997
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jalan Agrowisata 1, Kemiling, Bandar Lampung(35158)
Status : Lajang
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
No.Telepon : (0852) 11335522
No.Handphone : 0821191910022
E-mail : syaifullah@gmail.com

KETERANGAN PENDIDIKAN
2000 – 2006 SD Negeri 2 Bandar Lampung
2006 – 2009 SMP Negeri 7 Bandar Lampung
2009 – 2012 SMA Negeri 1 Bandar Lampung
2013 – 2017 Jurusan Teknik Komputer, Universitas Lampung
IPK = 3.50 (skala 4)
PREDIKAT = Cumlaude

PENGALAMAN KERJA
Mei 2014 – Mei 2016 Rekayasa Perangkat Lunak di PT. Sejahtera

KEAHLIAN
Internet marketing
Pemrograman (Java, C++, Android, PHP, HTML)
Basis Data (SQL)
Microsoft Office
Bahasa Inggris (Aktif)

KEPRIBADIAN
Jujur, baik hati, pekerja keras, rajin, toleran, siap bekerja dengan tim, disiplin, dan bertanggung jawab.
Ini saya menyatakan bahwa informasi di atas sebenarnya dibuat dan diberikan di sini oleh saya, semua dengan itikad baik.

Hormat saya,

(Syaifullah)

Sebagai informasi tambahan, penting sekali untuk Anda tahu bahwa berbicara mengenai isi dari contoh CV dalam bahasa Inggris harus dibuat selengkap mungkin, rapih, dan pastinya juga sesuai dengan posisi yang ingin dilamar. Selain itu Anda juga harus membuat isi CV dengan jujur, sebab kebenaran informasi nanti akan dipertanggung jawabkan pada saat Anda masih tahap interview atau tahap tes yang lainnya.

Sangat disarankan sekali agar Anda membuat CV sesuai kebutuhan serta bidang pekerjaan, ingat kepribadian, skill maupun potensi juga bisa dilihat dari cara membuat daftar riwayat hidup. Jadi, pastikan Anda sudah membuat CV sesuai mungkin dengan kebutuhan Anda juga perusahaan agar semakin dilirik pihak HRD. Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup bahasa Inggris lebih lengkapnya dan terbaru yang harus Anda tahu.

Contoh CV 1

Contoh CV 1

Contoh CV 2

Contoh CV 2

Contoh CV 3

Contoh CV 3

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh CV dalam bahasa Inggris lengkap dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat.

Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

starpanel
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *