Begini Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Dilirik Pewawancara

3 min read

Begini Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Dilirik Pewawancara

CV Bahasa Inggris – Pada saat Anda akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan asing, sudah pasti hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, termasuk di dalamnya terlampir yang namanya CV atau Curriculum Vitae. CV bahasa Inggris tentu saja harus dibuat sebaik dan sekreatif mungkin untuk menarik perhatian pewawancara.

Agar lebih mudahnya, melalui artikel berikut akan kami bagikan cara membuat CV dalam bahasa Inggris, lengkap dengan contoh – contoh CV-nya. Jadi silakan simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Benar

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Benar
Photo by Shopback.co.id

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen penting yang akan dilampirkan ketika Anda akan melamar pekerjaan. Tak terkecuali pada saat Anda akan melamar pekerjaan di perusahaan asing, maka Anda pastinya juga diharuskan menyiapkan CV bahasa Inggris. Tidak heran jika pada akhirnya Curriculum Vitae ini sering sekali dijadikan sebagai syarat utama bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan.

Tetapi juga perlu untuk diketahui bahwa selain ada CV dalam bahasa Inggris, juga ada CV dalam bahasa Indonesia yang juga dijadikan sebagai syarat utama untuk melamar pekerjaan. Namun demikian, secara isinya ternyata tak ada perbedaan yang terlalu besar antara kedua CV tersebut. 

Yang berbeda di sini adalah CV berbahasa Inggris umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan internasional atau perusahaan asing. Tetapi demikian, Anda juga tidak salah untuk menggunakan CV bahasa Inggris tersebut ketika akan mengajukan lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan nasional. 

Kepoin Yuk!  CSR Adalah? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Contoh CSR Perusahaan Disini!

Jika dibandingkan dengan CV bahasa Indonesia, ternyata penggunaan CV dalam bahasa Inggris satu ini bisa memberikan Anda nilai plus sebagai pelamar. Dijamin surat lamaran pekerjaan yang Anda berikan akan lebih dipertimbangkan oleh pewawancara atau recruiter. Tetapi demikian, tentu saja Anda tidak boleh secara sembarangan dalam membuat CV. Ada beberapa hal penting yang harus Anda tahu di sini, diantaranya sebagai berikut.

Rincian data pribadi

Pada sebuah CV atau Curriculum Vitae, baik itu yang dibuat dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris pastinya akan memuat data diri juga informasi pribadi secara lebih mendetail. Seperti halnya ada nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, agama, dan lain – lain.

Tetapi juga penting sekali untuk Anda tahu dan ingat, pastikan Anda memberikan informasi mengenai nomor telepon yang masih aktif dan bisa dihubungi. Selain itu, untuk emailnya sendiri pastikan menggunakan email dengan nama yang jelas.

Anda sangat tidak disarankan untuk menggunakan alamat email dengan nama yang aneh – aneh, sebab ini akan membuat Anda terlihat main – main dan tidak profesional. Selain itu, pastikan pula Anda sudah mencantumkan nomor telepon yang mudah dihubungi, sehingga CV yang Anda buat tidak jadi sia – sia, pewawancara pun tidak akan kesulitan ketika harus menghubungi Anda.

Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa meletakkan nomor telepon dan email di tempat yang jelas dan mudah terlihat. Sehingga pada saat pewawancara menyukai CV Anda, maka mereka bisa dengan mudahnya menemukan kontak yang bisa mereka hubungi untuk kasih kabar baik kepada Anda.

Sertakan rincian pendidikan

Sebenarnya cara membuat CV bahasa Inggris agar bisa dirilik oleh pewawancara ini mudah sekali. Dalam CV tersebut pastikan Anda sudah menyertakan rincian mengenai pendidikan secara jelas dan terperinci. Untuk menuliskan riwayat pendidikan, Anda bisa memulainya dari SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), dan sampai dengan pendidikan terakhir yang Anda tempuh.

Kepoin Yuk!  Letak Geografis Indonesia Beserta Penyebab dan Pengaruhnya [Penjelasan Lengkap]

Anda bahkan bisa mengurutkannya mulai dari pendidikan yang terakhir terlebih dulu. Sebab, hal tersebut membantu para pewawancara untuk memudahkannya melihat latar belakang dari pendidikan Anda.

Selain hal itu, apabila posisi yang Anda lamar ternyata masih ada kaitannya dengan jurusan pendidikan Anda, maka Anda juga bisa cantumkan judul penelitian atau pun tugas akhir yang Anda kerjakan. Ini nanti juga akan menjadi nilai plus bagi Anda.

Misalnya saja jika Anda lulus dengan predikat cum laude atau IPK yang bagus, tentu saja tidak ada salahnya juga apabila Anda menuliskan hal tersebut di CV yang Anda buat. Apalagi jika Anda melamar pekerjaan sebagai fresh graduate. Tentu saja ini akan jadi bahan pertimbangan bagi pewawancara.

Jika ada, lampirkan sertifikat keahlian yang dimiliki

Hal ini bisa Anda lampirkan jika Anda memang memiliki keahlian yang tersertifikasi. Silakan cantumkan juga hal tersebut dalam CV bahasa Inggris yang Anda buat. Ini tentu saja akan memberikan nilai plus bagi Anda di mata pewawancara.

Apalagi jika saat itu Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang memiliki skala global. Tentu semakin lengkapnya keterampilan yang Anda miliki, maka pasti akan semakin besar pula peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu Anda juga perlu untuk mencantumkan sertifikat keahlian sesuai dengan posisi Anda akan melamar pekerjaan. Mencantumkan sertifikat keahlian yang Anda miliki tetapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan posisi Anda melamar tentu saja akan sangat percuma saja, dan membuat CV Anda jadi terlalu panjang.

Jangan lupa lampirkan juga pengalaman kerjamu

Tidak jauh berbeda seperti keterampilan, pengalaman kerja yang Anda miliki juga bisa membantumu untuk mendapatkan poin lebih yang bisa dipertimbangkan oleh pewawancara. Tentunya semakin banyak pengalaman kerja yang dimiliki, pewawancara akan menganggap Anda punya keterampilan yang semakin lengkap pula.

Kepoin Yuk!  Kumpulan Contoh Puisi Pendek, Lama, Baru, Kontemporer, Cinta [Lengkap]

Apabila Anda memang sudah memiliki pengalaman kerja, maka Anda bisa mencantumkan hal tersebut di CV bahasa Inggris yang Anda buat. Lebih baik Anda tidak hanya menulis posisi dan perusahaan tempat Anda bekerja dulu, tetapi juga menuliskan apa yang Anda kerjakan di posisi tersebut. Hal ini tentu saja akan sangat berguna sekali untuk membantu pewawancara tahu lebih jelasnya tentang apa saja yang Anda kerjakan di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Selain itu, kadang kalanya ada nama posisi atau jabatan yang berbeda tetapi punya job description yang sama, atau sebaliknya.

Kepribadian

Lalu untuk bagian yang terakhir ini juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan ketika Anda akan membuat CV dalam bahasa Inggris. Di sini Anda juga bisa mencantumkan beberapa karakter pribadimu. Misalnya saja seperti ini, yakni dengan menuliskan hobi atau kegemaran yang Anda miliki dan hal lainnya yang ada kaitannya dengan hal tersebut.

Seseorang dengan work life balance umumnya juga akan lebih dipertimbangkan oleh perusahaan. Sebab, orang yang memiliki work life balance biasanya dianggap punya kemampuan dalam menghadapi tekanan kerja yang jauh lebih baik dibandingkan yang tidak memilikinya.

Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Dirilik Pewawancara

Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Dirilik Pewawancara
Photo by Kcgarza.com

Dengan melihat poin – poin di atas, tentu saja akan memudahkan Anda dalam membuat CV bahasa Inggris. Tetapi agar lebih mudahnya, Anda bisa mencoba melihat beberapa contoh CV bahasa Inggris berikut ini sebagai acuan pada saat membuat CV sendiri.

cv bahasa inggris 1
cv bahasa inggris 2
cv bahasa inggris 3
cv bahasa inggris 4
cv bahasa inggris 6
cv bahasa inggris 5
cv bahasa inggris 7

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh CV bahasa Inggris yang bisa dilirik pewawancara. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *