Contoh CV Bahasa Inggris yang Menarik dan Kreatif Terbaru 2019

3 min read

Contoh CV Bahasa Inggris yang Menarik dan Kreatif Terbaru 2019

Contoh CV Bahasa Inggris – Agar CV yang Anda buat dilirik pihak HRD di sebuah perusahaan tempat Anda akan melamar pekerjaan, pastikan CV tersebut dibuat semenarik dan sekreatif mungkin. Agar lebih mudahnya, melalui artikel berikut akan kami bagikan beberapa contoh CV bahasa Inggris untuk Anda contoh.

CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen penting yang wajib ada saat melamar kerja. CV yang juga disebut dengan daftar riwayat hidup ini dijadikan sebagai rangkuman data diri juga sarana bagi pelamar kerja untuk mempromosikan dirinya. Misalnya saja jika Anda tertarik untuk melamar ke perusahaan multinasional atau bahkan internasional, tentu saja CV yang dibuat harus ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris.

Contoh CV Bahasa Inggris yang Menarik dan Kreatif Terbaru 2019

Contoh CV bahasa Inggris dengan format tepat

Contoh CV bahasa Inggris dengan format tepat

Sebenarnya cara membuat CV ini mudah sekali, baik itu untuk CV berbahasa Inggris maupun berbahasa Indonesia. Syarat utama yang harus Anda patuhi adalah menghindari format CV yang bertele – tele. Anda harus menulis daftar riwayat hidup secara ringkas, jelas, dan padat. Pastikan juga Anda sudah mencantumkan beberapa elemen penting, seperti nama, email, alamat, dan nomor telepon. Jangan lupa untuk menuliskan secara terperinci dan singkat mengenai skill yang Anda miliki dan strong point dengan jujur.

Agar CV yang dibuat terlihat lebih rapi, Anda harus memperhatikan susunan daftar riwayat pendidikan dan pekerjaan mulai dari yang paling baru. Bila ada, Anda juga bisa menyertakan prestasi apa yang selama ini sudah berhasil Anda capai. Setelah Anda selesai menulis CV tersebut, maka langkah terakhir adalah mengecek kembali agar tidak ada kesalahan sekecil apapun yang Anda lakukan.

Contoh CV bahasa Inggris untuk fresh graduate

Contoh CV bahasa Inggris untuk fresh graduate

Meski Anda belum memiliki pengalaman sebab baru lulus pendidikan Anda masih bisa kok menarik perhatian pihak HRD, misalnya saja dengan menuliskan format CV secara tepat, menarik, dan kreatif. Anda bahkan bisa menambahkan beberapa kegiatan positif yang pernah Anda lakukan selama sekolah atau kuliah.

Misalnya saja dengan menambahkan posisi atau pun jabatan dalam kepanitiaan atau organisasi, pekerjaan freelance dan volunteer yang pernah Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan daftar prestasi yang pernah Anda capai.

Contoh CV bahasa Inggris yang simpel

Contoh CV bahasa Inggris yang simpel

Sebaiknya sebelum mulai membuat CV berbahasa Inggris Anda kenali terlebih dulu perusahaan yang ingin Anda lamar. Jika Anda memang akan melamar di bidang seperti banker, finance, atau pun bidang – bidang yang menuntut Anda untuk bekerja lebih serius, sebaiknya gunakan CV dengan desain simpel dan sederhana.

Alasannya, bidang pekerjaan tersebut biasanya mencari calon karyawan dengan melihat kemampuan yang dimiliki, bukan dari desain CV yang dibuatnya. Anda disarankan untuk memilih font dengan huruf yang jelas dan rapi, menggunakan foto dengan pose formal, lalu bahasa baku yang sopan.

Contoh CV bahasa Inggris dengan desain menarik

Contoh CV bahasa Inggris dengan desain menarik

Lain halnya apabila Anda akan melamar kerja di bidang industri kreatif yang menuntut Anda untuk lebih kreatif lagi. CV yang dibuat pastinya harus memiliki desain yang menarik. Ini nanti akan menjadi kunci kesuksesan Anda dalam menerima panggilan kerja. CV yang kreatif bahkan bisa pula dijadikan sebagai ajang untuk menunjukkan skill yang Anda miliki.

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Menarik dan Kreatif

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Menarik dan Kreatif
Photo by Good-resume.com

CV bahasa Inggis umumnya menggunakan kalimat past tense

Beda halnya pada saat Anda membuat CV bahasa Indonesia, CV bahasa Inggris ini memiliki pola kalimat yang berbeda untuk mendeskripsikan kejadian di waktu yang berbeda – beda. Misalnya seperti yang ada pada pola kalimat untuk masa sekarang atau present, masa lampau atau past tense, dan masa depan atau future.

Secara umum, penulisan daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris menggunakan kalimat past tense. Alasannya, karena pengalaman tersebut adalah kejadian lampau. Tapi apabila Anda memang masih bekerja dan ingin mencari kerja di tempat lain, maka ketika Anda akan membuat sebuah CV maka Anda bisa menggunakan kalimat present tense.

Hindari penggunaan subjek ‘I’ untuk memberikan kesan yang lebih kuat

Hal penting lainnya yang wajib Anda tahu pada saat akan membuat CV berbahasa Inggris adalah menghindari penggunaan subjek ‘I’, sebab terkesan bertele – tele dan memiliki makna yang kurang kuat. CV yang baik biasanya hanya terdiri dari 1 – 2 halaman saja dan juga memiliki isi yang singkat, jelas, dan padat.

Memposisikan kolom pengalaman kerja sebelum pendidikan

Perlu Anda tahu bahwa umumnya di beberapa negara yang berbahasa Inggris, penempatan pengalaman kerja atau work experience ini biasanya diletakkan lebih dulu sebelum pendidikan. Sebab, perusahaan ingin melihat bagaimana pengalaman kerjamu secara langsung, apa saja yang sudah Anda lakukan untuk perusahaan tempat Anda bekerja dulu, dan apa saja yang telah Anda capai. Namun demikian, buat Anda yang fresh granduate, Anda bisa mengganti pengalaman kerja ini dengan pengalaman magang atau organisasi.

Mengetahui kapan harus menggunakan bentuk tunggal atau jamak

Ya, membuat CV dalam bahasa Inggris ini memang jauh lebih sulit dan rumit dibandingkan dengan CV berbahasa Indonesia, sebab Anda perlu tahu kapan Anda harus menggunakan bentuk tunggal atau jamak. Bentuk tunggal bisa diterapkan pada saat Anda menggunakan kata ganti untuk perusahaan sebelumnya. Terlepas dari berapa jumlah karyawan yang bekerja di tempat tersebut intinya di sini Anda bekerja disatu perusahaan.

Memperhatikan penulisan gelar jabatan dan pendidikan

Penulisan gelar dalam bahasa Indonesia berbeda dengan penulisan gelar dalam bahasa Inggris. Contoh mudahnya seperti ini, apabila Anda lulusan sastra maka tidak selalu bergelar Bachelor of Literature, bisa juga Anda bergelar Bachelor of Arts atau pun Bachelor of Humanity. Begitu pun pada saat Anda akan menuliskan jabatan atau posisi dari pengalaman kerja maupun organisasimu. Misalnya saja untuk bagian yang menyangkut humas, maka penulisan dalam bahasa Inggrisnya bisa seperti ini, Public Relation, Government Realtion, Community Relation, dan lain – lain.

Memperhatikan ejaan dan tanda baca

Apabila Anda sudah selesai dalam membuat CV berbahasa Inggris, kini saatnya untuk mengirimkan CV tersebut, tapi sebelumnya Anda cek terlebih dulu isinya sekali lagi. Perhatikan dengan baik setiap ejaannya dan penempatan tanda baca, sebab dalam bahasa Inggris tanda baca bisa memiliki arti yang banyak sekali, seperti keterangan waktu, kuantitas, dan kepemilikan.

Menggunakan subjek ‘I’ pada cover letter

Sah – sah saja apabila Anda ingin menggunakan subjek ‘I’ untuk menulis cover letter, sebab memang cover letter ini sifatnya lebih deskriptif, sehingga penggunaan kalimat cerita akan jauh lebih cocok dan pas. Subjek ‘I’ bahkan bisa digunakan apabila Anda mendeskripsikan isi dari CV yang Anda buat sebagai pembuka CV.

Anda tidak disarankan untuk menggunakan kata ganti orang kedua dan ketiga, sebab melamar kerja adalah mengenai bagaimana Anda mempromosikan dirimu, bukannya orang lain.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh CV bahasa Inggris yang menarik dan kreatif terbaru 2019. Semoga bermanfaat.

Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

starpanel
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *