Contoh Business Plan Terlengkap 2019

3 min read

Contoh Business Plan Terlengkap 2019

Contoh Business Plan – Apa itu business plan? Dan, seperti apa contoh business plan? Business plan atau yang juga disebut dengan rencana bisnis pada dasarnya merupakan tahanpan – tahapan awal dalam memulai sebuah bisnis. Business plan tentu saja memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk diketahui seorang calon entrepreneur atau pun wirausaha.

Nah, melalui artikel ini akan kami bagikan beberapa contoh business plan dan informasi selengkapnya yang masih ada kaitannya dengan rencana bisnis tersebut. Tak perlu berlama – lama lagi, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Serba – Serbi Tentang Businees Plan

Serba – Serbi Tentang Businees Plan
Photo by Maxmanroe.com

Sebelum kami kasih tahu Anda mengenai contoh business plan itu sendiri, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa itu business plan dan seperti apa definisi dari business plan.

Business plan atau rencana bisnis ini merupakan suatu pernyataan formal dan tertulis yang di dalamnya membahas mengenai segala macam tujuan – tujuan dari sebuah bisnis, juga bagaimana cara mencapai tujuan yang telah dibuat tersebut. Itu artinya business plan penting untuk diketahui dan dimengerti masing – masing calon pebisnis.

Tapi yang ada justru banyak sekali orang yang tidak tahu mengenai seluk beluk business plan, bahkan beberapa diantaranya menganggap remeh peran pentingnya bisnis plan bagi sebuah bisnis. Tidak heran jika pada akhirnya masih ada banyak orang yang telah gagal dalam membuat sebuah rencana bisnis atau business plan ketika akan melakukan bisnis.

Mungkin Anda juga pernah menjumpai ada seseoang yang meyakini, bahwa yang paling penting dari sebuah bisnis di sini adalah jalankan saja. Hal tersebut memang tidak ada salahnya, bahwasannya ketika kita hendak menjalankan sebuah bisnis maka hal yang penting adalah jalankan atau just do it.

Tapi tunggu dulu!

Anda juga harus tahu nih bahwa menjalankan sebuah bisnis tanpa perencanaan yang mantang dan baik merupakan suatu perbuatan yang bisa dibilang kurang bijak sekali. Apa dengan membuat sebuah rencana bisnis atau business plan maka dapat menggaransi bisnis tersebut akan baik – baik saja dan sukses? Tentu saja tidak.

Sebelum kami akan membahas lebih jauh lagi, Anad perlu sekali tahu bahwasannya pengelolaan uang merupakan salah satu faktor yang nanti akan jadi penentu sukses atau tidaknya bisnis tersebut.

Jadi, menurut Anda kenapa seorang pebisnis pemula harus membuat business plan?

Kira – kira berapa alasan bahwa pebisnis memang benar – benar butuh sebuah perencanaan bisnis atau business plan?

Dan, seperti apa contoh business plan itu sendiri? Mari simak selengkapnya melalui ulasan berikut ini.

Contoh Business Plan Terlengkap 2019

Contoh Business Plan Terlengkap 2019
Photo by Id.techinaasia.com

Blue Print

Business plan atau rencana bisnis pada dasarnya bisa Anda jadikan sebagai blue print bisnismu. Dimana perusahaan nnati akan dibuat memiliki tujuan atau visi apa yang baik, lalu bagaimana perusahaan mencapai tujuan tersebut, dan siapa saja anggota team yang ikut terlihat dalam perusahaan itu. Satu lagi nih yang tidak boleh dilupakan, yakni kapan bisnis bisa memulai memenuhi tujuannya?

Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa pebisnis perlu membuat business plan.

  • Kejelasan bisnis yang akan dikerjakan
  • Mengenai struktur dan strategi perusahaan
  • Mendapat penjelasan lebih detail mengenai pasar
  • Mengetahui cara memasarkan bisnis
  • Menggali ide – ide atau pemikiran awal
  • Mengetes perhitungan bisnis
  • Mempertajam sistem operasional
  • Mengenal persaingan pasar

Sumber pendanaan

Yang dimaksud dari sumber pendanaan di sini adalah sumber penadanaan yang datangnya dari pihak ketiga. Contohnya saja perbankan, investor, atau pun modal ventura yang memang butuh dokumen secara tertulis. Tujuannya, tidak lain agar tahu bisnis yang akan dibuat dan dijalankan.

Maka dari itu tantangan pertama calon entrepereneur adalah membuat business plan yang menjual. Pastinya ada banyak sekali versi yang menjelaskan mengenai perencanaan bisnis atau business plan. Salah satunya mengenai pendapat dari Garret Sutton berikut.

Siapa itu Garret Sutton? Ia adalah seorang pakar dalam mengatasi hukum bisnis. Garret Sutton bahkan sudah menulis buku yang berjudul ‘The ABC’s of Writing Winning Business Plan’. Garret Sutton menyebut sebuah bisnis merupakan sebuah rencana, bukan produk atau pun prosedur. Dimana perencanaan sebuah bisnis haruslah bisa menjawab tiga pertanyaan penting bagi para investor maupun kreditur.

  • Apa saya bisa hasilkan uang dengan investasi di sini ini?
  • Apa saja menyukai dan mengerti bisnis tempat saya berinvestasi ini?
  • Apa saja mempercayai orang – oang dengan siapa saya akan berinvestasi?

Berkomunikasi dengan semua pemilik saham

Apabila bisnis yang akan Anda buat ternyata libatkan banyak pihak, misalnya saja ada beberapa rekan bisnis yang ikut bergabung. Maka business plan bisa Anda gunakan untuk memberikan persepsi yang sama tentang bisnis.

Mengetahui Dasar – Dasar Business Plan

Mengetahui Dasar – Dasar Business Plan
Photo by Acerid.com

Kira kira sebagai pemilik bisnis atau perusahaan apa saja yang harus Anda tulis dan harus ada dalam business plan? Di bawah ini akan kami bagikan beberapa hal yang harus ada dalam sebuah perencanaan bisnis.

Ringkasan eksekutif

Dasar business plan yang pertama adalah ringkasan eksekutif. Ini nanti akan menceritakan mengenai bisnis apa yang akan dibuat, beserta visi dan misi juga tujuan dari bisnis itu sendiri. Sederhananya seperti ini, ini merupakan bagian kesimpulan dari sebuah business plan. Salah satu tips dan trik membuat business plan yang menjual adalah membuat ringkasan eksekutif yang menjual pula.

Latar belakang perusahaan

Lalu untuk yang berikut ini nanti akan menceritakan mengenai data perushaan, team atau orang – orang yang ada dibalik bisnis tersebut, struktur organisasi, lengkap dengan konsultan atau ahli yang mendampingi. Jangan lupa juga untuk menceritakan mengenai susunan pemilik bisnis atau saham.

Analisis pasar dan pemasaran

Ini membahas tentang strategi berbisnis Anda dalam melakukan pemasaran produk. Dimana dalam tindakan lanjutan umumnya seseorang akan menggunakan perencanaan pemasaran atau yang juga disebut dengan marketing plan. Gunanya untuk menjelaskan lebih detail atau strategi pemasaran bisnis.

Analisis produksi

Lain halnya dengan analisis produksi yang lebih menceritakan mengenai sistem operasi bisnis Anda. Contohnya seperti ini, jenis produksi atau manufaktur harus diketahui tentang bagaimana prosesnya mulai dari penerimaan pesanan, produksi, distribusi barang – barang, hingga penagihan. Apabila bisnis yang Anda jalankan merupakan bisnis jasa, maka Anda juga perlu menuliskan secara terperinci mengenai cara Anda dalam menyalurkan jasa kepada pembeli.

Analisis sumber daya manusia

Kemudian untuk yang berikut ini lebih menceritakan mengenai orang – orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang diperlukan. Rencana pengembangan sumber daya manusia. Bagi calon pebisnis bagian ini biasanya lebih dianggap remeh, tapi hal inilah yang akan jadi penentu kecepatan dalam bisnis.

Analisis keuangan

Untuk analisis keuangan sendiri berisikan proyeksi atau forecasting maupun peramalan pendapatan dan pengeluaran, serta pengembalian model atau break event point. Juga menyangkut mengenai pengembalian atas investasi, perhitungan penggunaan daya ungkit, dan masih ada banyak lagi. Selain itu, jangan lupakan juga mengenai rencana pengembangan bisnis dan resiko bisnis.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang contoh business plan terlengkap 2019. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai dunia bisnis.

Cara Daftar Go Food via Online Terbaru dan Terlengkap 2019

Trisna Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *