Cara Transfer Pulsa Indosat (Anti Gagal)

3 min read

Bagaimana cara transfer pulsa indosat? Dan apakah mungkin itu bisa terjadi? Ya, itu bisa saja. Balance Transfer service memungkinkan pelanggan indosat ooredoo pascabayar (Matrix Ooredoo Auto) dan prabayar (IM3 Ooredoo dan Mentari) untuk membagikan saldo kepada teman, keluarga atau orang-orang terdekat yang kehabisan pulsa. 

Selain menambahkan jumlah saldo utama, layanan ini dapat menambah periode/masa aktif penerima. Fitur transfer saldo dapat dimanfaatkan oleh pelanggan lama maupun pelanggan baru. Untuk pelanggan baru mempunyai syarat kartu telah aktif selama minimum 181 hari. Dengan transfer saldo, pelanggan dapat berbagi hingga Rp 200.000 per hari.

Tiga Cara Transfer Pulsa Indosat

1. Via SMS

Via SMS merupakan cara transfer pulsa indosat ooredoo yang paling banyak digunakan masyarakat. Cara ini sangat mudah, Anda cukup mengirim pulsa ke 151, maka pulsa pun sudah bisa ditransferkan. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Pada ponsel Anda, buka menu Pesan
  2. Pilih buatan pesan baru
  3. Dengan format: TRANSFERPULSA Number NOMINAL, kirim SMS ke 151
  4. Contoh: Transferpulsa 081512345675000 dan kirim ke 151
  5. Ikuti instruksi pada SMS yang diterima, dan untuk memproses transfer pulsa, konfirmasikan pengiriman sesuai dengan TOKEN yang diberikan 
  6. Kirim SMS ke 151 dengan format: OK [KODE TOKEN]
  7. Pilih ‘kirim’ 
  8. Jika gagal, Anda akan menerima SMS yang merincinya, dan saldo Anda tidak akan dipotong
  9. Jika berhasil akan ada notifikasi melalui SMS dan Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 600 untuk setiap transfer
Kepoin Yuk!  Contoh Jurnal Umum Beserta Tahapan Pembuatannya

2. Melalui UMB (USSD Menu Browser)

Cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan transfer pulsa ialah dengan UMB (USSD Menu Browser). Adapun langkah-langkahnya, yakni:

  1. Untuk kartu prabayar (IM3 Ooredoo & Mentari Ooredoo): Tekan *123*151 # kemudian pilih panggil dan ikuti instruksi berikutnya
  2. Untuk kartu pascabayar: Tekan *123*7*1*6*1# kemudian pilih panggil dan ikuti instruksi berikutnya

3. Menggunakan aplikasi myIM3

Indosat telah menyediakan aplikasi myIM3 yang dapat memfasilitasi cara transfer pulsa indosat ke sesama pengguna indosat maupun ke operator lainlain. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui sisa kuota dan pulsa. Cara ini terbilang cukup mudah, yakni:

  1. Anda cukup mengunduh aplikasi myIM3di playstore atau appstore di handphone Anda, pasti aplikasi ini dapat diunduh gratis
  2. Kemudian setelah Anda berhasil mengunduh, masuk ke aplikasi untuk melakukan registrasi
  3. Setelah itu, aplikasi myIM3 dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Tinggal ikuti petunjuk pada aplikasi untuk melakukan transfer pulsa baik ke sesama indosat maupun ke operator lain.

Keuntungan Transfer Pulsa Indosat

  1. Dapat membantu orang lain (anggota keluarga, teman, atau hanya orang-orang terdekat) melalui transfer 
  2. Bisa mengirimkan/mentransfer pulsa kepada seseorang tanpa harus membayar terlebih dahulu
  3. Anda dapat menyisihkan pulsa Anda untuk menjaga komunikasi berjalan lancer
  4. Tidak dilakukan melalui internet, sehingga Anda dapat menerima saldo meskipun Anda berada di luar jangkauan jaringan. Transfer pulsa ini sangat bermanfaat jika Anda kehabisan pulsa tetapi tidak dapat mengakses internet untuk membeli pulsa secara online maupun tidak menemukan counter. Anda cukup mengirim pesan ke kerabat dan memintanya mentransfer
  5. Transfer pulsa biasanya dianggap lebih murah karena tidak ada biaya administrasi dari penjual
  6. Dapat mentransfer pulsa beberapa kali

Kelemahan Transfer Pulsa Indosat

  1. Hanya dapat mengirim jumlah yang kurang dari saldo kredit Anda yang tersisa. Jadi intinya, jika sisa saldo Anda adalah Rp.50.000, Anda tidak dapat mengirim jumlah yang lebih tinggi dari jumlah itu kepada kerabat yang membutuhkan
  2. Hanya mempunyai jumlah maksimum transfer Rp.200.000
Kepoin Yuk!  5 Cara Cek No HP Indosat

Syarat dan Ketentuan Transfer Saldo Indosat Ooredoo

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan transfer saldo, Anda harus memahami kondisi yang akan menentukan apakah transaksi tersebut berhasil atau tidak.

1. Pertama, Anda harus memiliki sisa saldo minimum Rp5000

Penting juga bahwa Anda memiliki pulsa yang cukup, yang sama dengan jumlah yang ingin Anda kirim ditambah biaya administrasi. Misalnya, jika Anda hanya memiliki saldo pulsa Rp.5.000, Anda tidak dapat mengirim pulsa. Minimal Anda harus memiliki saldo Rp.5.600,. Bagaimana cara mengetahui sisa saldo? 

Jangan bingung, berikut adalah beberapa pilihan untuk memeriksa sisa saldo Indosat Ooredoo Anda:

  1. Pertama, Anda dapat melakukan panggilan telepon ke operator suara untuk memeriksa saldo Indosat Ooredoo Anda secara langsung. Jika Anda seorang pengguna IM3, cukup tekan nomor satu, dan Anda akan menerima informasi saldo pulsa Indosat Ooredoo Anda yang tersisa serta masa aktif pulsa IM3 Anda. Jika Anda pengguna Mentari, lakukan panggilan ke 555 untuk mendapatkan informasi yang sama.
  2. Anda juga dapat memeriksa sisa saldo Anda dengan memasukkan kode USSD. Untuk Indosat Ooredoo, cukup tekan * 123 # maka Anda akan mendapatkan pesan munculan yang berisi sisa saldo pulsa nomor Anda. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mendapatkan kuota internet yang tersisa atau untuk membeli data.
  3. Cara lain untuk memeriksa sisa saldo adalah melalui SMS. Ketik USAGE dan kirim ke 363. Di sini Anda akan mendapatkan balasan yang berisi sisa saldo pulsa Anda dan masa aktifnya juga.
  4. Metode terakhir adalah dengan mengunjungi situs web resmi Indosat Ooredoo yang dapat diakses di desktop dan browser seluler. Dengan membuka situs web resmi Indosat Ooredoo menggunakan nomor Anda, dan Anda segera mendapat informasi. Semua informasi tentang saldo dan akun kartu Anda termasuk kartu SIM Indosat akan muncul di sana.
Kepoin Yuk!  2 Contoh Pidato Bahasa Jawa

2. Kedua, Anda harus memastikan bahwa nomor yang menerima pulsa masih dalam masa aktif

Jika tidak, transfer saldo akan gagal dan tidak dapat diulangi. Hal yang sama berlaku untuk Anda, jika seseorang ingin mengirimkan pulsa kepada Anda, Nomor Anda harus masih dalam masa aktif.

  1. Ketiga, ada jumlah minimum dan maksimum yang dapat Anda transfer

Jumlah terkecil yang dapat Anda transfer adalah Rp.5.000, sedangkan yang terbesar adalah Rp.100.000. Anda dapat melakukan transfer pulsa beberapa kali, namun jumlah maksimum untuk transfer adalah Rp.200.000.

Sistem Dari Transfer Pulsa

Sistem transfer pulsa sendiri dilakukan dengan menarik sebagian pulsa dari pihak yang mentransfer (pengirim) untuk diberikan kepada nomor penerima. Namun perlu diketahui bahwa nomor indosat pengirim dan penerima sama-sama masih aktif.

Anda dapat melakukan transfer pulsa kapan pun dan di mana pun. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara mentransfer pulsa Indosat. Maka dari itu, Lifepal sudah menyiapkan beberapa cara transfer (seperti yang telah dijelaskan di atas) yang bisa Anda ikuti bersama-sama.

Sebagai pengguna Indosat Ooredoo, Anda memiliki kemampuan untuk berbagi kegembiraan, dan kelegaan, kepada orang-orang lain yang juga pengguna Indosat karena Anda dapat mentransfer kredit Indosat Ooredoo ke keluarga dan teman dengan sedikit biaya tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *