Begini Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 (100% Work)

3 min read

Begini Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 (100% Work)

Cara Sharing Printer – Lagi cari cara sharing printer yang mudah? Tepat sekali, sebab pada artikel kali ini kami akan mencoba membagikan kepada Anda langkah mudahnya sharing printer di Windows 7, 8 dan 10. Dijamin 100% berhasil!

Jika menurut Anda, kira – kira seberapa pentingnya sih keberadaan sebuah printer? Alat cetak mencetak dokumen, file, maupun berkas ini tentu saja memiliki peranan yang cukup penting sekali. Apalagi di lingkup kerja, printer akan sangat dibutuhkan untuk mencetak semua data atau berkas yang dibutuhkan, baik itu sebagai bahan untuk meeting atau rapat, maupun sekadar dokumentasi saja.

Maka dari itu, jangan heran jika kebanyakan di kantor – kantor dibuat suatu jaringan yang bertujuan agar satu printer bisa digunakan untuk beberapa perangkat PC, komputer, maupun laptop sekaligus. Untuk langkahnya mudah sekali, Anda hanya perlu simak beberapa ulasan berikut ini.

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10

Hadir dengan fitur yang bernama sharing printer, itu artinya Anda tidak perlu lagi harus menggunakan satu buah perangkat komputer khusus untuk urusan cetak mencetak dokumen. Begitu pun sebaliknya, Anda juga tidak perlu membeli satu buah printer untuk masing – masing komputer yang ada di sebuah kantor. Sebab, yang Anda harus lakukan di sini adalah memastikan tiap – tiap komputer tersebut sudah terhubung dalam satu jaringan, misalnya saja dengan menggunakan kabel LAN aatu pun jaringan WiFi.

Kepoin Yuk!  3 Cara Menjadi Hacker Pemula Lewat HP Android | Mudah Banget!

Nah, daripada harus berlama – lama lagi langsung saja simak selengkapnya cara sharing printer di Windows 7, 8 dan 10.

Cara sharing printer di Windows 7

Cara sharing printer di Windows 7
Photo by Blog.dimensidata.com

Langkah pertama yang akan kami bagikan di sini adalah cara sharing printer di Windows 7. Meskipun pada dasarnya sudah ada sistem operasi yang lebih baru, akan tetapi pada kenyataannya sistem operasi keluaran Microsoft satu ini masih banyak peminatnya dan banyak yang menggunakannya sampai sekarang. Mungkin Anda termasuk salah satunya.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah sederhana berikut ini!

Langkah pertama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk sharing printer di Windows 7 adalah dengan menuju ke menu Start pada tampilan awal desktop. Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu Control Panel. Apabila sudah berhasil terbuka, ketikkan saja kata Network. Tujuannya, agar Anda bisa lebih cepat menemukan pengaturan jaringan.

Langkah kedua

Untuk langkah kedua ini adalah dengan memilih menu Network And Sharing Center. Kemudian lanjutkan dengan memilih Change Advanced Shared Setting yang ada di sebelah kiri.

Langkah ketiga

Klik tanda panah ke bawah, sehingga munculah profil jaringan yang tersedia. Nah, pada langkah ini Anda bisa memilih File And Printer Sharing. Kemudian pilihlah Turn On File And Printer Sharing dan klik Save Changes.

Langkah keempat

Sekali lagi klik pada menu Start lalu pilihlah Devices And Printers. Klik kanan pada printer yang tersedia dan ingin Anda share. Lalu pilih menu Printer Properties dari menu Dropdown.

Langkah kelima

Klik pada tab Sharing dan centang pada kotak cek Share This Printer. Sebetulnya sampai pada langkah ini Anda sudah berhasil share printer tersebut. Tetapi jika ada orang yang ingin tersambung ke printer tersebut, maka Anda bisa melakukan langkah – langkah berikut ini.

  • Pertama – tama, klik Start – Devices And Printers.
  • Pilihlah Add A Printer.
  • Lalu, klik pada Add A Network, Wireless Or Bluetooth Printer.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengeklik Printer yang ingin Anda gunakan, tetapi pastikan terlebih dulu Anda sudah mengaturnya seperti tutorial sharing printer di atas.
  • Terakhir, klik Next. Nanti ada instruksi yang akan memandu Anda untuk menyambungkan komputermu dengan printer.
Kepoin Yuk!  5 Cara Screenshot di PC dan Laptop | Update Terbaru 2019

Cara sharing printer di Windows 8

Cara sharing printer di Windows 8
Photo by Pedomanbengkulu.com

Langkah pertama

Sebagai langkah pertamanya yang harus Anda lakukan adalah membuka menu Control Panel. Caranya mudah sekali, yakni dengan menekan tombol Windows + R, lalu ketikkan saja ‘control panel’ dan klik ok atau tekan Enter.

Langkah kedua

Jika jendela menu Control Panelnya sudah terbuka, kini saatnya untuk melakukan charing printer di Windows 8. Aktifkan terlebih dulu File And Printer sharing dengan memilih Network And Internet di menu Control Panel.

Jika sudah, lanjutkan dengan memilih Network And Sharing Center dan pilihlah Change Advanced Sharing Settings.

Langkah ketiga

Untuk sharing file atau pun printer, Anda bisa memilih Turn On Network Discovery dan Turn On File And Printer Sharing. Dengan mengaktifkan fitur tersebut maka pengguna lain bisa mengakses file atau printer yang sudah Anda sharing.

Langkah keempat

Lalu pada langkah ini boleh Anda lakukan atau pun tidak. Jadi, misalnya komputer sih B melakukan sharing printer dan PC sih B juga diberi password login, maka siapa saja yang ingin mengakses printer tersebut harus memasukkan password terlebih dulu. Namun apabila Anda tidak ingin mengaktifkan fitur tersebut mka Anda bisa klik pada opsi All Networks.

Langkah kelima

Pilih Turn Of Password Protected Sharing dan klik Save Changes. Apabila Anda sudah mengaktifkan File And Printer Sharing, kini saatnya untuk melakukan sharing printer. Langkahnya, buka kembali Control Panel kemudian pada kategori Hardware And Sound Anda bisa memilih View Devices And Printers.

Langkah keenam

Pada langkah yang terakhir ini Anda bisa klik kanan di salah satu printer yang ingin disharing, kemudian pilihlah Printer Properties. Jika sudah pindah ke tab Sharing lalu centang saja pada Share This Printer. Kemudian Anda bisa memberi nama pada printernya. Selanjutnya, klik Ok.

Kepoin Yuk!  8 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Hingga 100% Lebih Cepat

Cara sharing printer di Windows 10

Cara sharing printer di Windows 10
Photo by Magazine.job-like.com

Apabila sistem operasi yang Anda gunakan adalah Windows 10, tentu saja cara sharing printer yang bisa dicoba berbeda. Tetapi kurang lebihnya sedikit sama, hanya berbeda di beberapa poin saja. Agar lebih jelasnya kami akan kasih tahu Anda langkah – langkah selengkapnya.

Satu hal yang perlu Anda lakukan untuk pertama kalinya adalah membuat printermu berstatus share di komputer utama.

Langkah pertama

Sebagai langkah awalnya, silakan Anda klik pada menu Start, kemudian masuk ke Settings atau Pengaturan – Device – Printers And Scanners.

Langkah kedua

Pilihlah printer yang ingin Anda share, kemudian klik pada Manage. Pilih Printer Properties sebelum akhirnya Anda memilih tab Sharing.

Langkah ketiga

Nah, pada langkah ketiga ini Anda bisa memilih tab Sharing kemudian pilihlah Share This Printer. Lalu untuk selanjutnya Anda harus sambungkan printer tersebut ke PC atau komputer lain yang ingin menggunakannya. Caranya sebagai berikut.

  • Pertama – tama, silakan klik pada menu Start.
  • Kemudian masuk ke menu Setting – Devices – Printers and Scanners.
  • Lalu pada menu Add Printers And Scanners ini Anda bisa pilih Add A Printer Or Scanner.
  • Terakhir, pilihlah printer yang ingin Anda gunakan, kemudian pilih Add Device.

Nah, itulah cara sharing printer di Windows 7, 8 dan 10 yang bisa kami informasikan. Bagimana, mudah banget kan caranya? Sekarang satu printer bisa digunakan untuk banyak komputer deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *