[Terbaru 2019] Cara Screenshot Laptop dan Komputer Windows yang Mudah

3 min read

[Terbaru 2019] Cara Screenshot Laptop dan Komputer Windows yang Mudah

Cara Screenshot Laptop – Buat Anda yang setiap harinya selalu disibukkan di depan laptop atau komputer, maka urusan screenshot bukan lagi hal yang baru lagi. Bahkan pada beberapa perangkat teknologi sudah menyediakan fitur screenshot untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil gambar di layar laptop dan komputer. Tetapi sebagian lagi ternyata masih belum dilengkapi fitur tersebut, makanya butuh cara screenshot laptop dan komputer yang mudah.

Berbahagialah Anda, sebab saat ini ada di tempat yang tepat. Karena melalui artikel ini akan kami bagikan cara mudah screenshot laptop lebih lengkapnya untuk OS Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 lebih lengkapnya. Penasaran? Langsung saja simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Cara Screenshot Laptop dan Komputer Windows yang Mudah

Screenshot laptop dan komputer di Windows XP

Screenshot laptop dan komputer di Windows XP
Photo by Hoopla.id

Cara screenshot laptop pertama adalah pada OS Windows XP. Sebetulnya cara untuk screenshot di Windows XP ini mudah sekali, sebab untuk melakukannya Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen atau PrtSc. Tombol tersebut bisa Anda temukan di pojok kanan atas keyboard. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah menekan Ctrl + V di program apapun yang Anda butuhkan.

Cara lain yang lebih spesfikasi untuk mengambil gambar jendela yang bisa dicoba adalah dengan menekan tombol Alt + PrtSc secara bersamaan. Setelah itu Anda bisa langsung melanjutkan proses yang sama seperti cara sebelumnya.

Kepoin Yuk!  3 Cara Menjadi Hacker Pemula Lewat HP Android | Mudah Banget!

Screenshot laptop dan komputer di Windows Vista dan Windows 7

Screenshot laptop dan komputer di Windows Vista dan Windows 7
Photo by Bixbux.com

Penting untuk Anda ketahui bahwa pada dasarnya Windows Vista dan Windows 7 ini sudah sama – sama sudah dibekali Microsoft cara lain untuk melakukan screenshot dengan mudah. Misalnya saja dengan memanfaatkan Snipping Tools yang tersedia. Ini merupakan salah satu fitur terbaik di laptop atau komputer yang ternyata bisa ditemukan di semua versi Windows, kecuali edisi starter, basic, dan Windows XP.

Cara untuk memanfaatkan fitur tersebut guna melakukan pengambilan gambar screenshot di PC adalah dengan cara menekan tombol Start. Kemudian lanjutkan dengan memilih Al Programs dan pilih Accessories. Jika sudah lanjutkan dengan mengeklik Snipping Tools. Silakan ambil area screenshot secara spesifikasi pada layar monitor Anda menggunakan aplikasi tersebut. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengeklik New – Save.

Screenshot laptop dan komputer di Windows 8

Screenshot laptop dan komputer di Windows 8
Photo by Tipspintar.com

Salah satu keunggulan dari penggunaan sistem operasi satu ini adalah Microsoft sudah membekalinya dengan kemampuan untuk simpan screenshot yang Anda ambil ke folder spesifik. Nah, untuk melakukannya mudah sekali Anda hanya perlu menekan tombol Windows dan Print Screen dalam waktu bersamaan.

Hasilnya akan otomatis disimpan di dalam Pictures Library. Selain dengan cara tersebut Anda juga bisa melakukan pengambilan gambar dengan menggunakan fitur yang sebelumnya telah tersedia di Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7, misalnya Snipping Tools.

Screenshot laptop dan komputer di Windows 10

Screenshot laptop dan komputer di Windows 10
Photo Androbuntu.com

Sebenarnya cara screenshot laptop dan komputer di Windows 10 ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, namun yang membedakannya di sini adalah cara untuk melakukannya. Jadi, daripada Anda penasaran silakan coba simak beberapa penjelasannya langsung berikut ini.

Langkah pertama

Cara screenshot di PC, laptop, atau komputer yang pertama adalah dengan menggunakan Snipping Tools, yang pada dasarnya sudah ada sejak era Windows Vista. Nah, untuk temukan fitur tersebut caranya mudah sekali, yakni dengan menekan tombol Start – All Programs.

Kepoin Yuk!  Cara Screenshot di Laptop/PC yang Mudah Terbaru

Jika sudah, lanjutkan dengan mengeklik Windows Accessories. Nanti Anda akan temukan Snipping Tools. Untuk menggunakan Snipping Tools tersebut caranya mudah sekali, yakni dengan mengeklik menu New untuk memulai proses screenshotnya.

Sebagai tambahan, jenis Snip dasar merupakan salah satu Snip persegi panjang, Anda bisa menggunakan Mouse untuk pilih area layar mana yang ingin diambil gambarnya. Menariknya, pada Snip ternyata tersedia fitur yang lebih lengkap, yakni Free Form, Window, dan Full Screen Snips. Setelah Anda selesai melakukan pengambilan gambar, jangan lupa lakukan penyimpanan dengan memilih opsi Save.

Langkah kedua

Tips screenshot di komputer yang berikut ini bisa dibilang menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan, yakni dengan cara menekan tombol PrtSc atau PrtScn yang biasanya ada di pojok kanan atas. Yang membedakan dengan Snipping Tools adalah pada Windows 10 apabila Anda akan menggunakan cara tersebut maka gambar secara otomatis akan disimpan dalam folder Screenshots dalam folder Pictures.

Langkah ketiga

Untuk cara yang berikut ini sebetulnya sudah ada di versi Windows yang sebelumnya, tapi mungkin saja belum banyak orang yang tahu. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows secara bersamaan dengan PrtSc aatu PrtScn. Kedua tombol ini nanti akan sangat berguna sekali untuk mengambil gambar pada layar perangkat Anda secara keseluruhan. Gambar otomatis akan disimpan pada folder Screenshot.

Apabila Anda berhasil mengambil gambar menggunakan cara tersebut seharusnya layar perangkat Anda akan menjadi sedikit gelap dalam sekejap, tetapi akan kembali normal dalam sekejap itu pula. Fitur ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah Anda bisa lebih bebas lagi saat harus mengambil gambar secara beruntun tanpa harus menyimpannya secara manual.

Kepoin Yuk!  3 Cara Dapat Uang Dari Internet Bermodalkan Smartphone Saja

Langkah keempat

Cara baru screenshot di Windows 10 yang selanjutnya ini ditujukan untuk mengambil gambar dengan tujuan untuk sharing saja. Anda bisa mulai menekan tombol Windows secara bersamaan dengan huruf “H”. Maka secara otomatis layar akan dicapture, lalu laptop Anda otomatis akan membuka Windows Share Toolbar. Dengan begitu Anda bisa mengirimkan file gambar screenshot tersebut kepada temanmu lewat berbagai sosial media yang sudah dihubungkan sebelumnya.

Langkah kelima

Lalu untuk cara kelima ini adalah dengan mengkombinasikan antara cara – cara di awal, yakni dengan menekan tombol Alt bersamaan dengan PrtSc atau PrtScn di keyboard. Dengan menekan kedua tombol tersebut tentu saja Anda bisa mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif.

Tapi sangat disayangkan sekali, ternyata cara tersebut memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah mengharuskan Anda untuk menyimpan gambar secara manual. Misalnya saja dengan mengeklik opsi Paste pada aplikasi seperti Image Editor.

Langkah keenam

Meskipun jarang sekali digunakan, akan tetapi cara mengambil gambar di layar laptop yang berikut ini juga tidak ada salahnya untuk dicoba. Namun demikian cara tersebut hanya bisa digunakan buat Anda para pengguna Surface. Anda bisa gunakan Windows Surface untuk mengambil gambar screenshot dengan cara menekan tombol Windows dan Volume Down secara bersamaan.

Agar mirip seperti mengambil gambar screenshot di smartphone atau tablet, gambar yang dihasilkan akan secara otomatis disimpan dalam folder Screenshot oleh Surface.

Langkah ketujuh

Lalu untuk yang terakhir ini sedikit lebih rumit. Anda bisa mengambil gambar di layar laptop atau komputer maupun PC dengan aplikasi khusus, seperti Snip Editor. Aplikasi tersebut berguna sekali untuk mengambil screenshot seluruh layar, area tertentu, dan jendela aktif dengan cepat.

Menariknya, aplikasi Snip Editor bahkan memiliki kemampuan dalam mengedit hasil screenshot secara langsung. Misalnya saja dengan menambahkan teks atau rekaman suara Anda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara screenshot laptop dan komputer Windows yang mudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *