5 Cara Screenshot di PC dan Laptop | Update Terbaru 2019

3 min read

5 Cara Screenshot di PC dan Laptop | Update Terbaru 2019

Cara Screenshot di PC – Sadar nggak sih bahwa saat ini informasi mengenai apapun bisa Anda temukan dengan mudah, cepat, dan praktis dimana teknologi sudah alami perkembangan yang baik dengan pesat. Menariknya, Anda bahkan bisa mencari tutorial memasak terbaru, tips menggunakan smartphone Android yang benar, cara screenshot di PC dan laptop, atau pun apapun lainnya yang Anda butuhkan hanya lewat internet.

Jika dibandingkan harus melakukan bookmark sebanyak itu, screenshot menjadi alternatif yang menarik untuk dicoba. Alasannya, screenshot akan lebih memudahkan Anda untuk melihat hal yang Anda butuhkan tersebut secara offline. Untuk itu melalui artikel berikut akan kami informasikan kepada Anda tips mudah screenshot di komputer, PC, atau laptop yang mudah bisa dicoba. Simak selengkapnya di bawah ini.

5 Cara Screenshot di PC dan Laptop | Update Terbru 2019

Sebelum kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara screenshot di PC dan laptop maupun komputer yang mudah, perlu Anda tahu nih bahwa sistem operasi Windows sebetulnya punya beberapa opsi menarik untuk mengambil screenshot dari layar perangkat Anda. Tidak hanya menggunakan kombinasi tombol print screen saja, tetapi ternyata ada banyak sekali metode lainnya yang tidak kalah baik lho hasilnya. Apa itu?

Kepoin Yuk!  Begini Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 (100% Work)

Screenshot di Mozilla Firefox Quantum

5 Cara Screenshot di PC dan Laptop | Update Terbaru 2019
Photo by Bastanews.com

Sebetulnya cara screenshot di PC, laptop, atau komputer yang pertama ini lebih ditujukan untuk Anda yang ingin melakukan screenshot panjang di Mozilla Firefox Quantum. Tak perlu khawatir, sebab cara melakukannya mudah sekali.

Mozilla Firefox Quantum sendiri merupakan salah satu browser terbaru. Untuk menggunakannya sudah pasti Anda sudah harus menggunakan Firefox 57. Kabar baiknya, ada banyak sekali yang bilang kalau aplikasi browser tersebut jauh lebih cepat dan 30% lebih ringan dibandingkan Google Chrome. Daripada semakin penasaran, simak yuk langkahnya di bawah ini.

Langkah pertama

Sebagai langkah awalnya, apabila Anda memang sudah memiliki browser Mozilla Firefox Quantum, maka pastikan terlebih dulu sudah versi Firefox 57. Tetapi jika memang masih belum maka Anda perlu mendownloadnya terlebih dulu.

Langkah kedua

Jika sudah, buka halaman website yang akan dituju di Firefox Quantum. Untuk memulai melakukan screnshot Anda hanya perlu menekan ikon tiga titik yang ada di Address Bar. Sehingga nanti akan muncul Drop-Down menu. Nah, baru Anda bisa memilih menu Take A Screenshot.

Langkah ketiga

Selanjutnya Anda akan mendapat opsi Save Full Page untuk melakukan screenshot satu halaman website. Pilih Save Visible untuk screenshot halaman yang tampak di layar. Menariknya, di sini Anda juga bisa screenshot di beberapa bagian tertentu di halaman website. Misalnya saja dengan menggerakkan kursor saja.

Langkah keempat

Berikutnya tekan Save Full Page untuk melakukan screenshot panjang pada Firefox Quantum. Hanya dalam hitungan detik saja Anda akan langsung disajikan hasil screenshotnya. Jika Anda ingin menyimpan hasilnya maka Anda perlu menekan ikon Download.

Langkah kelima

Selebihnya Anda bisa simpan ke Cloud Mozilla, caranya mudah sekali yakni dengan menekan tombol Save. Maka screenshot tersebut akan otomatis hilang dlam 14 hari.

Kepoin Yuk!  6 Cara Menggabungkan PDF Secara Offline dan Online

Screenshot menggunakan tombol print screen

Screenshot menggunakan tombol print screen
Photo by Digitaltrends.com

Cara screenshot di PC, komputer, atau laptop lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan tombol print screen satu ini. Hal tersebut nanti akan membantu Anda untuk hasilkan screenshot yang menampilkan semua tampilan atau pun elemen yang ada di layar perangkat Anda. Langkah screenshot di PC tersebut mudah sekali, simak dan coba caranya di sini!

Langkah pertama

Langkah awalnya adalah dengan membuka halaman yang ada di perangkat PC, komputer, atau laptop yang kan Anda ambil gambarnya. Jika sudah lanjutkan dengan menekan tomol Print Screen yang ada di sebelah kanan keyboard perangkat Anda. Nanti hasilnya akan langsung tersimpan di Clipboard dan Anda hanya perlu mempastenya.

Langkah kedua

Silakan Anda buka aplikasi lainnya, contohnya saja aplikasi Paint. Lalu untuk menempelkan screenshot maka Anda bisa menekan tombol Ctrl + V. Terakhir, untuk menyimpan hasilnya Anda hanya perlu mengeklik File kemudian pilihlah Save As.

Screenshot menggunakan tombol alt + print screen

Screenshot menggunakan tombol alt + print screen
Photo by lifewire.com

Mencari cara screenshot di laptop yang mudah tanpa ribet? Sepertinya langkah berikut ini adalah jawaban terbaiknya yang bisa dicoba. Ya, Anda bisa menggunakan kombinasi antara tombol Alt dengan Print Screen untuk mengambil gambar dengan mudah pada jendela yang sedang aktif. Untuk langkahnya, silakan simak ulasannya di bawah ini.

Langkah pertama

Pertama – tama, silakan tampilkan layar yang akan diambil gambarnya terlebih dulu. Jika sudah tekan tombol Alt + Print Screen secara bersamaan untuk simpan gambar di Clipboard.

Langkah kedua

Terakhir, Anda bisa membuka kembali aplikasi Paint dan paste hasil screenshot tadi. Sehingga hanya jendela NoxPlayer yang akan diambil gambarnya, tidak termasuk Taskbar dan Chrome jika Anda memang ingin mengambil gambar Paint.

Kepoin Yuk!  Contoh Business Plan Terlengkap 2019

Screenshot menggunakan tombol windows dan print screen

Screenshot menggunakan tombol windows dan print screen
Photo by Macworld.com

Cara lain yang tidak kalah mudahnya bisa dicoba untuk mengambil gambar di PC dan laptop adalah dengan menggunakan tombol Windows dan Print Screen. Bisa dibilang ini adalah cara praktis screenshot di komputer. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama

Pertama – tama, silakan Anda buka jendela atau pun halaman website yang akan diambil gambarnya. Lalu lanjutkan dengan menekan tombol kombinasi antara Windows dengan Print Screen secara bersamaan. Perhatikan layar yang berkedip ketika mengambil screenshot.

Langkah kedua

Langkah kedua atau terakhir adalah untuk menapat hasil screenshot yang disimpan Anda hanya perlu menuju ke Direktori C.

Screenshot menggunakan snipping tool

Screenshot menggunakan snipping tool
Photo by Inverse.com

Tahu nggak sih bahwa sebetulnya sistem operasi Windows memiliki tools yang bisa dibilang cukup praktis sekali, salah satunya adalah Snipping Tool. Ini merupakan tool terbaik yang bisa diandalkan untuk melakukan screenshot atau pengambilan gambar di PC, komputer, maupun laptop dengan mudah. Tool tersebut bahkan akan memungkinkan Anda untuk melakukan banyak kustomisasi sesuai kebutuhan. Untuk cara screenshot di laptop dengan Snipping Tool-nya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama

Pertama – tama, silakan Anda buka laman yang akan diambil gambarnya, kemudian tekan pada tombol Windows dan lanjutkan dengan mengetikkan Snipping Tool sebelum akhirnya memilih Tools tersebut.

Langkah kedua

Jika jendela Snipping Tool-nya sudah ditampilkan, maka Anda bisa memilih New untuk mengambil gambar di layar perangkat Anda. Pilihlah area yang akan diambil yang diberi tanda dengan Border tipis warna merah.

Langkah ketiga

Preview screenshot yang akan ditampilkan, Anda nanti juga bisa mengedit selanjutnya. Kemudian untuk melakukan penyimpanan Anda hanya perlu menekan File dan memilih Save As. Terakhir, pilihlah direktori yang diinginkan.

Nah, itulah 5 cara screenshot di PC dan laptop yang bisa Anda coba praktekkan sendiri. Bagaimana mudah banget, kan? Tak perlu harus repot – repot lagi, Anda bisa membuatnya hanya dalam hitungan detik, lho. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *