Cara Screenshot di Laptop/PC yang Mudah Terbaru

3 min read

Cara Screenshot di Laptop/PC yang Mudah Terbaru

Cara Screenshot di Laptop – Asal Anda tahu saja, bahwa pada dasarnya cara screenshot di laptop atau PC ini sebetulnya gampang banget, tapi pada kenyataannya sampai sekarang masih ada saja orang yang belum mengetahui hal tersebut. Tidak heran juga jika pada akhirnya banyak dari Anda yang merasa kebingungan pada saat screenshot di laptop atau PC.

Apa untuk screenshot di laptop Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen saja sudah cukup?

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa sebetulnya ada kombinasi lainnya yang bisa dibilang jauh lebih praktis lagi, bahkan bukan tidak mungkin juga Anda ternyata masih belum tahu sebelumnya sebagai salah satu cara untuk screen capture layar di laptop Anda.

Atas dasar itulah melalui artikel ini akan kami ulaskan lebih lengkapnya berbagai cara mudah screenshot di laptop dan PC agar Anda tidak kebingungan lagi.

Cara Screenshot di Laptop/PC yang Mudah Terbaru

Sistem operasi Windows sebetulnya punya beberapa opsi atau cara maupun tips dan trik untuk mengambil screenshot dari layar pada perangkat Anda. Selain dengan menggunakan kombinasi tombol Print Screen, juga ada beberapa cara screenshot di laptop lainnya yang tidak kalah baik lho hasilnya. Penasaran? Mari simak langkah – langkah mudahnya di sini!

Menggunakan tombol Print Screen

Menggunakan tombol Print Screen
Photo by Kabargames.com

Cara screenshot di laptop pertama yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Tak perlu khawatir, sebab cara satu ini terbilang mudah dan paling umum digunakan oleh banyak orang. Print Screen sendiri biasanya juga disebut dengan PrtSc SysRc yang akan membantu Anda dalam menghasilkan screenshot yang lebih bagus lagi.

Kepoin Yuk!  Contoh Business Plan Terlengkap 2019

Menariknya ternyata tombol tersebut juga bisa menampilkan semua tampilan juga elemen yang ada di layar laptop

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah membuka halaman pada laptop atau PC yang akan Anda ambil gambarnya.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan menekan tombol Print Screen atau PrtSc SysRc yang ada di sisi bagian kanan keyboard laptop atau PC yang Anda miliki tersebut. Dengan begitu maka hasil screenshotnya akan langsung tersimpan pada clipboard.
  • Lalu Anda hanya perlu mempastenya.
  • Kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi lain, contohnya saja aplikasi atau software Paint di laptop Anda.
  • Untuk menempelkan screenshot maka Anda perlu menekan kombinasi antara Ctrl + V.
  • Dengan begitu maka hasil screenshot akan langsung ditampilan pada layar laptop Anda.
  • Lalu untuk menyimpan hasil screenshotnya Anda hanya perlu mengeklik File – Save As.

Menggunakan Snipping Tool

Menggunakan Snipping Tool
Photo by Pricebook.co.id

Bisa dibilang ini adalah cara screenshot di PC atau laptop yang paling direkomendasikan, sebab terbilang mudah dan praktis sekali. Perlu untuk Anda tahu nih, bahwa sebenarnya sistem operasi Windows sudah memiliki tools praktis yang bernama Snipping Tool. Nah, tools tersebutlah yang bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara screenshot di laptop.

Menariknya, tools ini ternyata juga memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai macam kustomisasi sesuai kebutuhan. Lalu untuk cara screenshotnya sendiri Anda bisa ikuti langkah – langkahnya di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka laman, atau jendela yang akan Anda screenshot. Jika sudah, lanjutkan dengan menekan tombol Windows dan mengetikkan Snipping Tool dan memilih tools tersebut.
  • Dengan begitu maka jendela Snipping Tool akan secara otomatis ditampilkan. Jika sudah demikian, maka Anda perlu memilih menu New untuk bisa mengambil screenshot pada layar laptop atau PC Anda.
  • Lalu silakan Anda pilih area mana saja yang akan diambil yang ditandai oleh border tipis yang berwarna merah.
  • Preview screenshot nanti akan ditampilkan dan Anda bisa mengedit screenshot tersebut sebelum akhirnya disimpan.
  • Kemudian untuk menyimpannya, Anda hanya perlu menekan menu File – Save As dan pilihlah direktori yang Anda inginkan.
Kepoin Yuk!  6 Cara Menggabungkan PDF Secara Offline dan Online

Menggunakan aplikasi Lightshot

Menggunakan aplikasi Lightshot
Photo by Dosentekno.com

Dikarenakan Snipping Tool ini ternyata baru tersedia mulai Windows Vista saja, maka dari itu bagi Anda para pengguna Windows 7 ke bawah pastinya tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Maka sebagai alternatifnya Anda bisa kok melakukan screenshot di PC atau laptop dengan aplikasi pihak ketiga yang lain, yakni Lightshot yang ternyata memiliki fitur hampir sama.

Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir, sebab aplikasi Lightshot ini tersedia secara gratis. Untuk langkah selengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama – tama, silakan download dan install terlebih dulu aplikasi yang dibutuhkan, yakni aplikasi Lightshot.
  • Jika sudah, Anda hanya perlu menekan hotkeys Print Screen atau PrtSc SysRc sampai tampilan layarnya berubah jadi redup.
  • Lalu lanjutkan dengan memilih area yang akan diambil gambarnya. Caranya mudah sekali Anda hanya perlu mengeklik dan drag kursor yang Anda gunakan.
  • Kemudian lepaskan kursor, maka Anda sudah memilih area mana saja yang akan diambil gambarnya.
  • Pada langkah ini Anda bisa lakukan editing, seperti halnya menambahkan coretan atau pun yang lain.
  • Jika sudah, Anda bisa menyimpannya dengan cara menekan ikon Save.

Menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen

Menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen
Photo by Simpangjalan.com

Ingin cara screenshot laptop yang lebih mudah lagi? Coba aplikasikan cara berikut ini, yakni dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen.

Alasannya, jika Anda menggunakan kombinasi tombol tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah hanya mengambil gambar di jendela yang sedang aktif. Namun demikian, untuk lebih gampangnya silakan simak dulu langkah – langkah selengkapnya berikut ini.

  • Pertama – tama, silakan Anda tampilkan layar yang akan diambil gambarnya. Misalnya saja pada contoh kali ini Anda akan mengambil screenshot NoxPlayer yang ada di atas Google Chrome.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan menekan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk simpan gambar di clipboard.
  • Untuk langkah ketiga atau yang terakhir Anda bisa buka kembali aplikasi Paint dan paste atau tekan Ctrl + V. Dengan begitu maka hanya jendela NoxPlayer saja yang akan diambil gambarnya, tidak termasuk taskbar atau pun Chrome.
Kepoin Yuk!  Cara Cek Kuota 3 (Tri) yang Mudah Terlengkap | Update 2019

Menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen

Menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen
Photo by Teknobos.com

Apabila Anda memang butuh cara screenshot di laptop atau PC yang lebih mudah dan praktis, maka Anda bisa langsung secara otomatis ambil screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Nggak percaya? Simak dulu langkah – langkah di bawah ini.

  • Pertama, silakan Anda buka jendela atau pun halaman website yang akan Anda ambil screenshotnya.
  • Jika sudah, tekan kombinasi tombol Windows + Print Screen.
  • Perhatikan layar yang berkedip pada saat mengambil screenshot.
  • Agar Anda bisa mendapatkan hasil screenshot yang sudah disimpan, maka Anda hanya perlu pergi ke direktori c:\users[nama user]\pictures\screenshots.

Nah, itulah cara screenshot di laptop/PC yang mudah terbaru. Dengan cara – cara di atas diharap agar bisa semakin memudahkan Anda untuk melakukan screenshot di laptop. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *