Cara Screenshot Di Laptop, Lengkap!

3 min read

Cara Screenshot Di Laptop

Bagaimana cara screenshot di laptop? Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda berbagai cara membuatnya di laptop Windows atau Mac OS. saat ini, kebanyakan orang cenderung menggunakan laptop untuk pekerjaan atau hiburan karena fleksibilitas, portabilitas dan banyaknya manfaat lain dari laptop. 

Bagi banyak pengguna, screenshot atau mengambil gambar di laptop adalah kegiatan yang dilakukan sesekali. Karena Anda mungkin perlu membagikan data excel, laporan kerja atau bagan stok kepada orang lain. Apa pun jenis info yang ingin Anda bagikan di layar, memiliki alat yang tepat untuk mengambil gambar dari laptop adalah penting yang akan menghemat banyak waktu.

Program Default untuk Mengambil Screenshot

1. Snipping Tool untuk solusi windows

Seperti yang Anda semua tahu, semua laptop Windows mampu mengambil screenshot dengan menggunakan kombinasi keyboard. Selain itu, mereka juga menyediakan program gratis bernama Snipping Tool yang dirancang khusus untuk mengambil gambar dari desktop komputer. Caranya cukup mudah, yakni:

  1. Cukup buka “Start” 
  2. Cari “Snipping Tool” di laptop dengan sistem operasi Windows Vista atau Windows 7. Jika menggunakan Windows 8, Anda perlu mencari “snip” di kotak pencarian aplikasi di Layar Mulai. 
  3. Setelah membuka Snipping Tool, pilih satu jenis snip dari “Free-form Snip”, “Rectangular Snip”, “Windows Snip” dan “Full-screen Snip” untuk mengambil gambar yang Anda inginkan.

2. Aplikasi Default untuk Mac – Grab

Sebagai alternatif, Anda juga diperbolehkan menggunakan utilitas Grab (layanan Mac OS X bawaan) untuk mengambil gambar layar penuh atau sebagian, atau bahkan hanya jendela tertentu pada laptop Mac Anda. Dengan beberapa klik sederhana, Anda dapat mengambil dan menyimpan tangkapan layar ke mana saja di Mac Anda. Caranya:

  1. Klik “Finder” untuk menemukan folder “Applications”, dan Anda akan melihat “Grab” di “Utilities”. 
  2. Buka menu bar Grab dan klik “Capture” untuk memilih capture mode.
  3. Dan sekarang Anda dapat men-screenshot bagian mana pun yang Anda inginkan.
Kepoin Yuk!  6 Aplikasi Edit Foto (Tersedia Online)

Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi

1. Windows Easy Way – PrtSc Key

Jika Anda menjalankan computer atau laptop dengan OS Windows, Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada cara gratis untuk mengambil tangkapan layar di laptop. Ya, tekan saja tombol “PrtSc” atau “Printscreen” pada keyboard Anda, yang biasanya terletak di bagian kanan atas keyboard. 

Beberapa laptop memerlukan penggunaan tombol “Fn”, jadi Anda perlu menekan “Fn” dan “PrtSc” secara bersamaan. Laptop akan menyimpan tangkapan layar Anda secara otomatis ke clipboard sementara. Kemudian Anda dapat menekan keyboard “Ctrl + V” pada keyboard secara bersamaan untuk menempelkan (paste) tangkapan layar Anda pada suatu halaman.

2. Mac Simple Way – Command + Shift + # 3 / $ 4

Yang ke-dua, bagaimana cara screenshot di laptop Mac atau MacBook? Mirip dengan laptop Windows, Anda juga diizinkan untuk mengambil seluruh tangkapan layar dengan menekan keyboard “Command + Shift + # 3”. 

Selain itu, jika Anda ingin mengambil screenshot sebagian dari desktop, tekan saja “Command + Shift + $ 4”, dan kemudian akan muncul kursor yang dapat Anda pilih area untuk mengambil gambar yang Anda inginkan. Lepaskan mouse, tangkapan layar Anda akan disimpan secara default di desktop Anda sebagai file PNG.

Cara Screenshot di Laptop dengan Aplikasi

Terlepas dari aplikasi bawaan Windows, ada aplikasi gratis dan premium yang bisa digunakan sebagai cara screenshot di laptop, yakni:

1. Lightshot

Harga: Gratis

Ini berfungsi untuk Windows dan Mac. Aplikasi Lightshot  muncul dengan editor untuk membuat anotasi (menambahkan catatan & highlight). Akun gratis dapat dibuat oleh pengguna untuk memungkinkan mereka mengunggah foto ke printscrn.com dan membuat galeri online untuk referensi dan mengamankan cadangan. Caranya adalah:

  1. Tekan tombol Shift + Prnt Scrn atau tombol PrtScr untuk memilih area gambar yang akan diambil.
  2. Gambar bingkai di sekitar area layar yang ingin Anda tangkap. Area di sekitar layar akan berukuran sehingga Anda dapat memilih ukuran yang tepat yang Anda inginkan.
  3. Saat Anda melepaskannya, akan ada 2 tool columns dengan fungsi yang berbeda untuk menangani tangkapan layar komputer.
  4. Lightshot memiliki opsi untuk menambahkan paint strokes ke tangkapan layar. 
  5. Klik ikon Save dan foto disimpan di folder Lightshot pribadi dengan format gambar PNG.
  6. Jika Anda mengklik ikon Upload, tangkapan layar diunggah ke beranda Lightshot.
  7. Ini akan menampilkan tautan untuk mengakses tangkapan layar agar pengguna dapat berbagi foto dengan orang lain.
Kepoin Yuk!  Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen yang Paling Ampuh

8. Pada ikon software di system tray, mengklik kanan akan menampilkan opsi lain untuk pengguna. Sign in untuk masuk ke akun Facebook atau Gmail Anda untuk pengelolaan foto yang mudah.

2. TinyTake

Harga: Gratis (Untuk video berdurasi 5 menit)

Ini adalah alat perekam layar dan perekam video serbaguna yang juga memungkinkan Anda untuk mengedit tangkapan layar dan menambahkan anotasi. Anda dapat menangkap sebagian atau seluruh layar desktop Anda baik sebagai video atau tangkapan layar. Gambar dapat disimpan di cloud untuk cadangan dan kemudahan akses. 

Untuk mengambil gambar dengan TinyTake, Anda dapat menggunakan Hot Keys default yaitu:

  1. <CTRL> + <PrtScrn> Menangkap layar penuh.
  2. <SHIFT> + <PrtScrn> Menangkap wilayah yang Anda tentukan.
  3. <ALT> + <PrtScrn> Menangkap jendela saat ini.
  4. Menekan kombinasi tombol akan membekukan layar Anda dan menampilkan alat tangkap jika kombinasi tombol “Wilayah” atau “Jendela Saat Ini” ditekan. Klik dan seret untuk memilih wilayah atau klik pada jendela yang ingin Anda tangkap.
  5. Anda juga dapat menggunakan galeri TinyTake untuk memilih opsi pengambilan.

3. Snagit 

Snagit adalah aplikasi screenshot di laptop dengan fitur pengeditan gambar dan perekaman layar. Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat, Anda dapat mengedit tangkapan layar dengan mudah dengan alat pengeditan gambar canggih, dan Anda bahkan dapat menangkap video. Berikut cara screenshot dengan Snagit:

  1. Masuk ke program Snagit, lalu klik tombol Capture.
  2. Pindahkan pointer ke tempat Anda ingin memulai screenshot, lalu geser untuk   memilih area. Atau arahkan kursor ke area untuk memilihnya secara otomatis, lalu klik kiri mouse Anda untuk mengambil area tersebut.
  3. Klik ikon kamera pada toolbar untuk menyimpan tangkapan layar Anda sebagai gambar.
  4. Edit gambar Anda di jendela Editor Snagit pop-up. Anda dapat menambahkan bentuk, teks, efek, atau membuat penyesuaian pada gambar Anda.
  5. Simpan gambar Anda atau klik tombol “share” di sudut kanan atas untuk berbagi gambar.
Kepoin Yuk!  Cara Menghilangkan Iklan di Youtube, Mudah!

Catatan: Anda hanya dapat mencoba versi lengkap Snagit selama 15 hari. Anda harus membelinya saat uji coba gratis selesai.

Screenshotting sangat berguna di tempat kerja ketika Anda ingin menunjukkan hasil edit halaman web rekan kerja, atau ketika panggilan Skype selama liburan dan Anda ingin mengambil foto keluarga Anda dari seluruh negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *