Cara Menghitung Persen dengan Cepat Lengkap dengan Contohnya

3 min read

Cara Menghitung Persen dengan Cepat Lengkap dengan Contohnya

Cara Menghitung Persen – Buat Anda nih yang kebetulan sedang mencari cara menghitung persen, atau yang juga disebut dengan persentase (%) dalam soal Matematika, sepertinya Anda sedang di tempat yang tepat. Karena melalui artikel ini akan kami bagikan cara mudahnya dalam menghitung persen yang bisa dicoba. Namun sebelum masuk ke pokok pembahasan, lebih baik kita kenali terlebih dulu apa itu persen?   

Informasi Lengkap Tentang Persen atau Persentase (%)

Informasi Lengkap Tentang Persen atau Persentase (%)
Photo by Ekspektasia.com

Ya, pada saat Anda mempelajari Matematika pastinya Anda tidak asing lagi dengan simbol (%) atau persen. Persen sendiri merupakan suatu angka atau yang juga disebut sebagai perbandingan maupun rasio. Memiliki peranan yang cukup penting sekali, misalnya saja untuk menyatakan pecahan dari seratus yang ditunjukkan lewat simbol persen (%) tersebut. Dengan kata lainnya, definisi dari kata persentase ini merupakan salah satu bagian dari keseluruhan yang dinyatakan dengan per seratus.

Ya, meskipun ada yang bilang cara menghitung persen itu mudah, tetapi sebagian dari mereka juga kerap kali mengatakan bahwa menghitung persen ini adalah hal yang sulit sekali, bahkan bisa membikin kepala terasa pusing tujuh keliling.

Penting sekali untuk Anda ketahui bahwa ada pendapat lain yang mengatakan pengertian persen adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengekspresikan sebuah angka sebagai salah satu bagian dari keseluruhan, dimana keseluruhan yang dimaksudkan tersebut ditulis dengan menggunakan 100 %.

Kepoin Yuk!  Letak Geografis Indonesia Beserta Penyebab dan Pengaruhnya [Penjelasan Lengkap]

Agar lebih gampangnya, silakan Anda lihat pada contoh berikut ini.

Pertanyaan

Ada sekitar 40 orang siswa di dalam satu kelas, 10 diantaranya siswa tersebut berkaca mata dan sisanya lagi 30 siswa tidak berkaca mata. Jadi berapakah persentase siswa yang tidak memakai kaca mata dan yang berkaca mata?

Jawab

Persentase siswa yang tidak memakai kaca mata adalah 30 dari 40

= (30 : 40) x 100 %

= 0.75 x 100 %

= 75 %

Sementara itu siswa yang memakai kaca mata adalah 10 dari 40

= (10 : 40) x 100 %

= 0.25 x 100 %

= 25 %

Mengetahui Rumus Cara Menghitung Persen

Mengetahui Rumus Cara Menghitung Persen
Photo by Mamikos.com

Kami ingatkan lagi, bahwa untuk menghitung persen dalam soal Matematika ini sebetulnya mudah, asalkan Anda tahu bagaimana cara menghitung persen yang benar. Sebelumnya telah disebutkan bahwasannya untuk menghitung persensate atau persen, maka Anda harus melihat suatu keseluruhan sebagai 100 %. Contohnya saja seperti berikut, semua siswa di dalam satu kelas ada 40 siwa, maka 40 siswa = 100 %. Adapun rumus menghitung persen yang harus Anda tahu adalah sebagai berikut.

Persentase = (Jumlah Bagian : Jumlah Keseluruhan) x 100 %

Dengan menggunakan rumus untuk menghitung persentase atau persen (%) tersebut, maka Anda bisa mengganti pecahan atau pun rasio menjadi dalam bentuk persentase. Dengan menggunakan rumus yang sama pula, maka Anda nanti juga bisa merubah bentuk persen ini menjadi suatu pecahan tertentu dengan mudah, begitu pun sebaliknya.

Tidak hanya itu saja, jika mau Anda bahkan juga bisa merubah bentuk desimal, bentuk pecahan campuran, dan juga beberapa bentuk – bentuk lain yang memungkinkan menjadi dalam bentuk persentase. Agar Anda tidak semakin kebingungan, berikut ini ada beberapa contoh soal menghitung persentase yang bisa Anda coba lihat dan pahami.

Kepoin Yuk!  CSR Adalah? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Contoh CSR Perusahaan Disini!

Contoh Soal Menghitung Persen

Contoh Soal Menghitung Persen
Photo by Liputan6.com

Salah satu cara agar Anda bisa lebih mudah dalam memahami bagaimana cara mencari persen atau cara menghitung persen adalah dengan menyimak pembahasannya melalui beberapa contoh soal berikut ini.

Contoh soal cara mencari persentase atau persen (%)

Soal

Pada sebuah teko ada air jeruk kurang lebihnya sebanyak 500 mill, lalu air jeruk tersebut ditambahkan lagi sebanyak 50 mill ke dalam teko tersebut. Pertanyaannya seperti ini, kira – kira berapa persen atau persentase total kenaikan volume air jeruk di dalam teko tersebut?

Jawaban

Persentase atau persen (%) peningkatan volume air jeruk di dalam teko bisa Anda hitung dengan menggunakan rumus berikut, (Jumlah Bagian : Jumlah Keseluruhan) x 100 %. Maka persentase atau persen kenaikan volume air jeruk di dalam teko adalah (50 mill : 500 mill) x 100 % = 10 %.

Contoh soal cara menghitung persentase atau persen (%)

Soal

Ada sebuah toko elektronik menjual televisi plat terbaru dengan harga kisaran Rp 4.000.000,00 dengan penawaran diskon sebesar 10 %. Pertanyaannya seperti ini, bagaimana cara mencari nilai 10 % dari Rp 4.000.000,00 dan berapakah harga televisi flat tersebut setelah dipotong diskon?

Jawaban

Nilai diskon = (Persen Diskon) x (Harga televisi flat terbaru)

Nilai diskon = (10 % : 100 %) x Rp 4.000.000,00

Nilai diskon = Rp 400.000,00

Maka didapatkan harga televisi flat setelah dipotong diskon adalah sebagai berikut.

Rp 4.000.000,00 – Rp 400.000,00 = Rp 3.600.000,00

Contoh soal menghitung persentase atau persen (%) bunga

Soal

Pak Joko menabungkan uangnya di sebuah bank dengan jumlah sebesar Rp 100.000.000,00. Dan di setiap bulannya pak Joko mendapatkan bunga dari bank sebesar 0.4 % dari nilai tabungan yang dimilikinya tersebut. Pertanyaannya seperti berikut, kira – kira berapa nilai bunga yang diberikan oleh pihak bank kepada pak Joko di setiap bulannya?

Kepoin Yuk!  Niat, Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap, Beserta Bacaan Doa Sholat Dhuha

Jawaban

Nilai bunga bank = (Total Tabungan) x (Persen Bunga dari Bank)

Nilai bunga bank = (Rp 100.000.000,00) x (0.4 % : 100 %)

Nilai bunga bank = Rp 100.000.000,00 x 0.004

Nilai bunga bank = Rp 400.000,00 per bulan

Contoh soal cara hitung persen atau persentase (%)

Soal

Pak Bowo akan membeli sebuah sepeda motor keluaran terbaru seharga Rp 18.000.000,00 dengan cara mencicil atau kredit, dimana uang muka atau DP adalah sebesar Rp 2.700.000,00. Pertanyaannya seperti ini, kira – kira berapa persen atau persentasekah nilai uang muka atau DP pembelian sepeda motor tersebut?

Jawaban

Persen uang muka atau DP = (Harga DP : Harga Sepeda Motor) x 100 %

Persen uang muka atau DP = (Rp 2.700.000,00 : Rp 18.000.000,00) x 100 %

Persen uang muka atau DP = 0.15 x 100 %

Persen uang muka atau DP = 15 % dari harga sepeda motor

Contoh soal cara menghitung persen atau persentase (%)

Soal

Sebuah data menyebutkan bahwasannya di kota A ada sekitar 25 % warganya yang bekerja sebagai buruh. Apabila diketahui jumlah buruh di kota A tersebut adalah 150 orang, maka berapakah total jumlah warga di kota A tersebut?

Jawaban

Total warga = (Jumlah Buruk : Persentase Buruk) x 100 %

Total warga = (150 % : 25 %) x 100 %

Total warga = 600

Ada hal yang penting untuk Anda tahu bahwa cara menghitung persen seperti pada contoh di atas bisa dilakukan dengan cara menggunakan kalkulator atau Microsoft Excel.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menghitung persen dengan cepat lengkap dengan contohnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *