6 Cara Menggabungkan PDF Secara Offline dan Online

3 min read

6 Cara Menggabungkan PDF Secara Offline dan Online

Cara Menggabungkan PDF – Apa itu PDF? PDF atau Portable Document File merupakan sebuah format berkas digital buatan Adobe System. Dibuat pada tahun 1993, Anda pastinya sudah sangat sering menggunakan file PDF untuk mengerjakan berbagai tugas sekolah, kuliah, atau pun pekerjaan kantor. Jika demikian, sudahkah Anda tahu bagaimana cara menggabungkan PDF dari beberapa file yang terpisah menjadi satu file?

Sebenarnya untuk menggabungkan file PDF bukanlah perkara yang sulit jika Anda memang tahu langkah – langkahnya. Apalagi seperti yang kita tahu bersama, bahwa file PDF ini begitu populer sekali digunakan karena kelebihan yang dimilikinya. Sebut saja mengenai soal fleksibilitasnya, sehingga PDF dapat diakses dengan mudah bahkan lewat browser.

Cara Mengedit File PDF yang Mudah

Cara Mengedit File PDF yang Mudah
Photo by Saung.net

Sebelum kamu akan mengulaskan lebih jauh lagi mengenai cara menggabungkan PDF, baik itu secara offline atau pun online sebaiknya diketahui terlebih dulu cara mengedit file PDF tersebut. Tujuannya tidak lain, yakni agar Anda bisa menggunakan file PDF, maka Anda butuh aplikasi tertentu.

Dari sekian banyaknya aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit atau membuka file PDF, ternyata PDFelement dan Xodo adalah salah satu yang paling direkomendasikan untuk pengguna smartphone Android. Sementara itu untuk PC sendiri Anda butuh aplikasi seperti Foxit Reader atau Adobe Acrobat Reader.

Tetapi demikian, kebanyakan browser seperti Chrome dan Opera ternyata bisa membuka file PDF dengan mudah kok. Namun untuk melakukan editing pada file PDF Anda tetap membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga yang sudah kami sebutkan tersebut.  Kabar baiknya lagi, ternyata dengan aplikasi Anda juga bisa melakukan banyak hal terhadap file PDF yang Anda miliki tersebut, salah satunya adalah menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file PDF dengan mudah.

Kepoin Yuk!  Begini Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 (100% Work)

Cara Menggabungkan PDF Secara Offline dan Online

Cara Menggabungkan PDF Secara Offline dan Online
Photo by Oprekdroid.com

Ya, ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk menggabungkan beberapa file PDF yang bisa dicoba, baik itu secara offline atau pun online. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga hingga mengunjungi beberapa situs tertentu. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa melakukannya dengan mudah dan praktis melalui smartphone Android yang ada dalam genggamanmu.

Caranya mudah sekali kok, kami akan menjelaskan satu per satu dengan jelas agar Anda bisa memilih cara menggabungkan PDF mana yang menurut Anda paling mudah untuk dicoba. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Menggabungkan PDF secara offline di PC

Menggabungkan PDF secara offline di PC
Photo by Serbacara.com

Menggunakan Adobe Reader

Tentu saja sebagai pengembang dan pembuat format PDF, Adobe pasti juga menyediakan aplikasi di PC terbaik yang bisa digunakan untuk kelola file PDF tersebut. Adobe Reader adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk melakukan hal ini.

Cara menggabungkan PDF dengan menggunakan Adobe Reader mudah sekali, Anda hanya perlu ikuti langkah – langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, silakan download dan install aplikasi Adobe Reader-nya terlebih dulu. Jika sudah, tab Tools yang ada di sebelah pojok kiri aplikasi.
  • Klik pada tombol Combine Files – Add Files dan pilih Combine.
  • Nah, sekarang file PDF Anda sudah selesai digabungkan, lalu untuk menyimpan file tersebut caranya juga mudah sekali, yakni dengan menekan tab File – Save As.

Menggunakan Foxit Reader

Cara menggabungkan file PDF di PC lainnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Foxit Reader. Atau, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Foxit Phantom PDF sebagai salah satu tips menggabungkan PDF secara offline di PC. Kedua aplikasi tersebut bisa dibilang cukup populer sekali dan banyak digunakan untuk menggabungkan atau mengedit file PDF di PC.

  • Pertama, silakan Anda download aplikasi untuk menggabungkan PDF tersebut. Jika sudah install aplikasinya seperti biasa.
  • Pilih opsi File – Create – From Multiple Files. Tunggu saja sampai Windows muncul. Lalu di bagian bawah Windows centang pada “Merge Mutiple Files Into A Single PDF File”.
  • Untuk menambahkan file PDF, Anda bisa mengeklik opsi Add Files. Apabila semua file PDF sudah berhasil diupload, kini saatnya untuk mengurutkan atau menghapus file Anda.
  • Klik Convert, maka nanti akan muncul Windows baru untuk menemukan dimana Anda akan menyimpan file PDF tersebut.
Kepoin Yuk!  Cara Cek Kuota Tri Dalam 5 Detik (SMS, Dial & Online) | Terlengkap 2019

Menggabungkan PDF gratis tanpa aplikasi secara online

Menggabungkan PDF gratis tanpa aplikasi secara online
Photo by Dafideff.com

Melalui pdfmerge.com

Masih merasa kesulitan untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file PDF? Tenang, ada cara menggabungkan PDF gratis tanpa aplikasi yang bisa Anda coba terapkan. Cara ini dijamin mudah dan pastinya jauh lebih praktis untuk gabungkan 2 atau lebih file PDF.

  • Langkah pertama, silakan Anda menuju ke website pdfmerge.com.
  • Jika sudah, upload file PDF dengan cara menekan tombol Choose File – More Files, jika Anda memang ingin gabungkan lebih dari 4 file PDF.
  • Setelah selesai memilih filenya, terakhir tekan tombol Merge Files.

Melalui combinepdf.com

Selain itu Anda juga bisa mencoba tips gabungkan file PDF secara online lewat situs atau website lainnya, yakni combinepdf.com. Ini merupakan website yang sudah mendukung bahasa Indonesia. Jadi, akan lebih memudahkan Anda untuk menggabungkan beberapa file PDF yang dibutuhkan.

  • Pertama – tama, silakan langsung menuju ke website combinepdf.com.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan mengunggah semua file PDF yang ingin digabungkan. Menariknya, melalui situs atau website ini Anda bisa mengunggah atau menggabungkan hingga 20 file PDF sekaligus, lho.
  • Tekan pada tombol Gabungkan untuk memulai menggabungkan file PDF-nya.
  • Tunggu sampai proses penggabungkan file PDF selesai, nanti file Anda akan terunduh atau terdownload secara otomatis.

Menggabungkan PDF di Android

Menggabungkan PDF di Android
Photo by Ijup89.com

Apabila Anda memang tidak memiliki laptop, komputer, atau PC untuk gabungkan file PDF, maka salah satu cara yang bisa Anda coba adalah menggabungkan PDF di Android. Untuk langkah selengkapnya silakan simak pada ulasan berikut ini.

Menggunakan PDFelement

  • Pertama – tama, silakan Anda download dan install aplikasi untuk menggabungkan PDF di Android, yakni apliaksi PDFelement. Tak perlu khawatir, sebab aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store.
  • Buka aplikasi PDFelement di Android Anda, lalu upload file PDF yang ingin digabungkan.
  • Klik pada ikon Combine yang ada di bagian atas.
  • Selesai.
Kepoin Yuk!  8 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Hingga 100% Lebih Cepat

Menggunakan Xodo

  • Xodo adalah aplikasi lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file PDF. Sebagai langkah pertamanya, silakan Anda download dan install aplikasi Xodo-nya terlebih dulu.
  • Jika sudah, buka aplikasi Xodo di Android Anda kemudian klik pada tombol “+” yang mengapung di bagian sudut paling kanan bawah.
  • Klik pada opsi DPF From Documents. Lalu pilih beberapa file PDF yang ingin Anda gabungkan, jika sudah klik Merge.
  • Jangan lupa beri nama file PDF yang Anda gabungkan tersebut, kemudian klik Merge.
  • Terakhir, pilih lokasi folder untuk simpan file PDF Anda.

Nah, itulah cara menggabungkan PDF secara offline dan online yang bisa kami informasikan, baik itu untuk perangkat PC atau laptop maupun Android. Semoga artikelnya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *