Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Ribet

3 min read

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Anda dapat mengurangi ukuran file dan menghemat ruang disk dengan mengompres/mengecilkan gambar dalam dokumen Anda. Bagaimana cara mengecilkan ukuran foto? Compression mengurangi ukuran file dan dimensi gambar berdasarkan cara Anda ingin menggunakan gambar. Semua gambar dalam file maupun gambar yang hanya Anda pilih dapat Anda kompres. 

Fitur-fitur ini merupakan versi desktop dari situs Office dan tidak tersedia di Office untuk web. Dengan melakukan compress, Anda akan mendapatkan gambar dengan kualitas hebat yang dapat Anda kirim ke siapa pun tanpa membutuhkan banyak waktu. Anda juga dapat mengirim foto berkualitas tinggi dengan mudah, dan tanpa batas file dengan menyimpan ke cloud dan kemudian berbagi file dari OneDrive. 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto 

Pada dasarnya ada berbagai cara mengecilkan ukuran foto yang bisa Anda terapkan, antara lain:

1. Mengecilkan ukuran foto pada Windows

Saat Anda tidak membutuhkan setiap piksel dalam gambar untuk mendapatkan versi yang sesuai dengan keinginan, Anda dapat melakukan compress gambar untuk membuat ukuran file lebih kecil. Caranya:

  1. Buka file Anda di aplikasi Microsoft Office, pilih foto yang ingin Anda kompres.
  2. Di bawah Picture Tools, pada tab Format, di grup Adjust, klik Compress Pictures.
  3. Tidak melihat tab Picture Tools pada Format? Pastikan Anda telah memilih foto. Untuk memilihnya mungkin Anda mungkin harus mengklik dua kali foto dan membuka tab Format.
  4. Anda mungkin hanya melihat ikon untuk grup Adjust (tergantung pada ukuran layar Anda). Tombol Compress Pictures muncul tanpa label.
  5. Untuk mengompres foto, pilih saja satu atau beberapa gambar yang diinginkan dalam dokumen, pilih checkbox Apply only to this picture.
  6. Mengosongkan checkbox Apply only to this picture akan menggantikan perubahan sebelumnya yang telah Anda buat untuk foto individu lain dalam dokumen ini.
  7. Pilih resolusi sesuai keinginan Anda.
  8. Klik OK.

Catatan:

  1. 220 ppi merupakan resolusi gambar default di Office. Anda dapat menonaktifkan kompres gambar atau mengubah resolusi gambar default.
  2. Perubahan ukuran foto ketika Anda menutup kotak dialog. Anda dapat membatalkan perubahan jika Anda tidak puas dengan hasilnya.
  3. Mengecilkanukuran foto/gambar dapat membuat gambar terlihat berbeda karena kehilangan detail. Karena itu, Anda harus menyimpan file sebelum menerapkan efek artistik.

2. Kompres gambar individual pada macOS

  1. Untuk mengompres semua gambar dalam dokumen Anda, pada ribbon, kemudian pilih File selanjutnya klik Compress Pictures. Atau bisa juga dengan klik File kemudian klik Reduce File Size.
  2. Anda ingin mengecilkan ukuran pada gambar yang dipilih saja? Cukup tekan dan tahan SHIFT, klik gambar yang ingin Anda kompres, dan kemudian pada tab Picture Format klik Compress Pictures.
  3. Pilih satu opsi di kotak Picture Quality. Resolusi tertinggi ada pada daftar pertama dan resolusi terendah ada pada daftar terakhir.
  4. Klik Selected pictures only atau All pictures in this file.

Tips:

Sudah selesai dalam mengecilkan ukuran foto? Maka dengan memilih check box Delete pada area gambar yang dipotong Anda dapat mengurangi ukuran file lebih banyak lagi.

Catatan:

Opsi ini tidak akan tersedia  jika Anda menggunakan File menu untuk memilih semua gambar dalam langkah 1. Compresss akan diterapkan ke semua gambar dalam dokumen Anda.

3. Mengecilkan ukuran foto menggunakan “Paint” di Vista atau Windows 7, 8, dan 10

  1. Buka Paint

Di Vista atau Windows 7: Klik tombol Start Pi > klik All Programs > klik Accessories > lalu klik Paint.

Di Windows 8: Pada layar Tiles, ketik Paint, dan klik ikon App untuk Paint

Di Windows 10: Klik ikon atau kotak Search, ketik Paint, dan klik pada aplikasi Paint desktop.

  • Di Windows 7 / Vista> klik Open> pilih gambar yang ingin Anda ubah ukurannya> kemudian klik Open. Di Windows 8 atau 10 atau pada tombol Paint picture, klik File. 
  • Pada tab Home, di Image group, klik Resize.
  • Di kotak dialog Resize and Skew, pilih check box Maintain aspect ratio sehingga gambar yang diubah ukurannya akan memiliki rasio aspek yang sama dengan gambar aslinya.

Jika Maintain aspect ratio check box telah dipilih, Anda hanya perlu memasukkan horizontal value (width) atau vertical value (height). Kotak lain di Resize area diperbarui secara otomatis.

  • Di Resize area lakukan salah satu dari berikut ini, lalu klik OK:
  • Untuk mengubah ukuran gambar Anda dengan persentase tertentu, klik Percentage, lalu masukkan persentase untuk mengurangi lebar dalam kotak Horizontal, atau persentase untuk mengurangi ketinggian di kotak Vertical.
  • Untuk mengubah ukuran gambar sehingga menjadi ukuran tertentu, klik Pixels, lalu masukkan lebar baru di kotak Horizontal, atau tinggi baru di kotak Vertical.
  • Klik File di Windows 10 atau 8 atau tombol Paint picture di Windows 7 / Vista> arahkan mouse ke Save as> lalu klik  picture file type untuk gambar yang diubah ukurannya.
  • Ketikkan nama file baru di File name box, lalu klik Save.

4. Kompres gambar menggunakan “Paint” di Windows XP

  1. Klik Start > All Programs > Accessories > Paint.
  2. Pada menu Paint, klik File kemudian klik Open. Setelah itu ubah “Look In” ke lokasi gambar yang akan diubah ukurannya dan terakhir klik Open.
  3. Pada menu Paint, klik Image> Stretch / Skew.
  4. Masukkan persentase yang sama (seperti 50%) untuk Horizontal dan Vertical di bawah Stretch untuk mempertahankan rasio aspek lebar ke tinggi asli. Catatan: Jangan masukkan nilai Vertical atau Horizontal apa pun di bawah Skew.
  5. Untuk meriview gambar yang diubah ukurannya, Klik Ok.
  6. Klik File> ” Save As “> masukkan nama file> klik Save.

Di Windows XP Anda juga dapat menggunakan “Windows Picture and Fax Viewer” untuk mengurangi ukuran gambar. Caranya:

  1. Untuk membuka, klik dua kali pada file gambar
  2. Klik kanan pada gambar
  3. Pilih Resize Picture
  4. Pilih Small or Medium
  5. Klik tombol OK.

Anda dapat mengunduh dan menginstal “Image Resizer for Windows” dari situs web hosting proyek open source Microsoft di versi Windows apa pun. “Image Resizer for Windows” adalah utilitas gratis yang memungkinkan Anda mengubah ukuran satu atau lebih file gambar yang dipilih langsung dari Windows Explorer atau File Explorer dengan mengklik kanan pada file dan memilih ukuran yang diinginkan. 

5. Kompres gambar menggunakan Picasa

  1. Pilih gambar
  2. Klik Export
  3. Tentukan Lokasi dan Nama Folder yang dieksport
  4. Atur  Image Size Option ke 800 piksel atau lebih rendah
  5. Biarkan Image Quality diatur ke Automatic (atau ubah ke Normal)
  6. klik tombol OK.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan program pengeditan foto gratis seperti PIXresizer (download), Shrink Pictures (online), FlipMyPhotos (online), Picasa Google (download), Foto Google, atau GIMP untuk mengurangi ukuran gambar dengan mudah. 

6 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Apa saja anime romance terbaik menurut Anda? Benar-benar tidak sulit untuk mengetahui apa genre romansa dalam anime. Pada dasarnya, ini tentang cinta, romansa, dan karakter yang...
Ncang Beryl
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *