8 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Hingga 100% Lebih Cepat

3 min read

8 Cara mempercepat Koneksi WiFi Hingga 100% Lebih Cepat

Cara Mempercepat Koneksi WiFi – Dengan segala kemudahannya, baik itu untuk urusan browsing, streaming, atau pun yang lain sekarang sudah semakin banyak lagi orang yang tidak bisa lepas dari namanya internet. Sehingga tidak heran pula jika pada akhirnya jaringan WiFi seakan – akan sudah menjadi kebutuhan primer.

Namun demikian karena semakin banyaknya pengguna, tentu saja yang demikian tersebut membuat koneksi internet WiFi melambat. Jika demikian, pastinya akan ada banyak hal yang terganggu.

Anda tidak ingin terganggu oleh koneksi WiFi yang melambat? Coba deh terapkan cara mempercepat koneksi WiFi berikut. Dijamin kegiatan berselancar di dunia maya akan jadi lebih lancar lagi hingga 100%.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop dan HP Android yang Ampuh anti Lemot

Tidak hanya untuk perangkat Android saja, mungkin saja diantara Anda ada yang juga ingin tahu cara mempercepat koneksi WiFi di komputer, terutama dengan Windows 10. Namun untuk lebih jelasnya, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Mempercepat koneksi WiFi tanpa aplikasi

cara mempercepat koneksi wifi di android

Mengubah posisi router WiFi

  • Cara mempercepat koneksi WiFi yang pertama adalah dengan meletakkan posisi router WiFi di tempat terbuka. Tujuannya, tidak lain untuk memaksimalkan penyebaran sinyal WiFi.
  • Lebih baik Anda menjauhkan router dari tanah, atau sejajar dengan kaki Anda. Alasannya, material lantai dipercaya kurang bagus untuk penyebaran sinyal WiFi.
  • Terakhir, Anda juga harus menjauhkan router dari benda – benda elektronik. Penting sekali untuk Anda tahu bahwa gelombang elektromagnetik bisa kacaukan sinyal WiFi.
Kepoin Yuk!  3 Cara Menjadi Hacker Pemula Lewat HP Android | Mudah Banget!

Arahkan antena router ke arah berbeda

Cara mempecepat koneksi WiFi lain yang bisa dicoba adalah dengan merubah arah router ke arah yang berbeda. Dengan begitu masing – masing antena bisa cover berbagai sudut yang ada di ruangan. Misalnya saja jika salah satu antenanya diarahkan ke atas, maka Anda bisa coba arahkan antena yang lain ke arah samping, atau sebaliknya.

Menggunakan router WiFi yang mumpuni

Padahal sudah menggunakan paket internet dengan kecepatan tinggi, tapi pada kenyataannya internetmu lelet banget? Mungkin masalah utamanya datang dari perangkat router WiFi Anda. Silakan atasi masalah tersebut dengan cara membeli router WiFi yang baru dan lebih mumpuni, juga memiliki kecepatan koneksi yang lebih tinggi.

Menggunakan ISP yang jarang digunakan

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan ISP atau Internet Service Provider yang jarang, atau belum banyak digunakan di daerah sekitar Anda.

Mempercepat koneksi WiFi di komputer

cara mempercepat koneksi wifi di laptop

Merubah DNS

Tahukah Anda apa itu DNS? DNS atau Domain Name System adalah sebuah protokol yang memiliki fungsi untuk menerjemahkan halaman website ke dalam IP Address. Dengan merubah DNS, maka Anda bisa mempercepat kecepatan internet WiFi hingga 20% dibandingkan dengan menggunakan DNS Default. Beberapa DNS alternatif yang bisa digunakan, diantaranya OpenDNS dan Google DNS.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk cara mempercepat koneksi WiFi di komputer adalah membuka pengaturan Open Network & Internet Settings.
  • Jika sudah, pada jendela Network dan Internet, Anda bisa langsung menuju ke bagian bawah, klik pada opsi Network & Sharing Center.
  • Jika sudah Anda bisa klik pada opsi WiFi Connection yang ada di bagian kanan layar. Nanti akan muncul jendela WiFi Status yang akan memperlihatkan status pada jaringan internet yang Anda gunakan. Lalu, klik menu Properties.
  • Dengan begitu Anda akan dialihkan menuju ke jendela WiFi Properties. Kemudian pada item yang ada di kotak bagian tengah, Anda bisa cari dan pilih opsi Internet Protocol Version 4 (TCP.IPv4).
  • Klik Properties daan pilih Use The Following DNS Server Addresses yang ada di bagian bawah.
  • Masukkan OpenDNS alternatif, yakni Preferred DNS Server : 208.67.222.222 dan Alternate DNS Server : 208.67.222.220. Terakhir, klik Ok.
Kepoin Yuk!  6 Cara Hack Instagram yang Biasanya Digunakan Hacker

Merubah Bandwith

Pada dasarnya untuk mengotak – atik Bandwith ini bukanlah perkara yang mudah, tapi pada kenyataannya Windows juga memberikan batasan pada pengguna Bandwith Anda, lho. Namun demikian, jika Anda memang ingin mengatur atau mengubah setting Bandwith untuk mempercepat koneksi WiFi Anda, maka Anda perlu simak dan perhatikan langkah – langkah berikut ini.

  • Pertama cara mempercepat koneksi WiFi adalah dengan membuka jendela Run. Caranya mudah sekali, Anda bisa menekan kombinasi Ctrl + R. Lalu ketikkan saja gpedit.msc dan Enter.
  • Apabila sudah muncul jendela Local Group Policy Editor, maka Anda hanya perlu menuju ke Computer Configuration – Administrative Templates – Network – QoS Packet Scheduler.
  • Lalu jika Anda sudah masuk ke menu QoS Pocket Scheduler, maka Anda hanya perlu mengeklik 2 kali pada opsi Limit Reservable Bandwith.
  • Atur Bandwth Limit. Jika sudah, Restart komputer Anda untuk mendapatkan hasilnya.

Flush DNS

Mau cara atau tips mempercepat jaringan WiFi yang lebih mudahnya? Anda bisa mencoba menggunakan Flush DNS untuk mempercepat koneksi internet di komputermu. Tak perlu khawatir, untuk melakukan Flush DNS di komputer mudah sekali, ikuti saja langkah – langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, tekan tombol Start di keyboard lalu ketikkan “cmd” hingga muncul Command Prompt. Jika sudah klik kanan di bagian Commmand Prompt dan pilihlah opsi Run As Administrator.
  • Pada jendela Command Prompt Anda perlu memasukkan perintah Ipconfig/Flushdns, lalu tekan Enter.
  • Proses akan berjalan beberapa saat hingga akhirnya ada konfirmasi Flush DNS sudah berhasil Anda lakukan di jendela Commnd Prompt.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga bisa mencoba memperbaharui konfigurasi IP Address. Caranya adalah dengan memasukkan perintah Ipconfig/Renew, kemudian tekan Enter.

Mempercepat koneksi WiFi di Android

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Lalu untuk cara mempercepat koneksi WiFi di HP Android ini juga tidak kalah mudahnya, bahkan Anda tidak perlu melakukan akses root untuk melakukan hal tersebut. Daripada Anda semakin penasaran, mendingan langsung saja di simak langkah selengkapnya berikut ini.

  • Langkah pertama cara mempercepat koneksi wifi adalah dengan pergi menuju ke menu Settings atau Pengaturan, kemudian pilihlah opsi WiFi untuk membuka pengaturan jaringan WiFi di Androidmu.
  • Scroll hingga ke bawah untuk menemukan opsi Advanced Settings untuk pengaturan yang lebih dalam lagi tentang WiFi. Pada langkah ini Anda bisa atur optimasi jaringan WiFi di opsi WiFi Assistant dan WiFi Speed Mode.
  • Buka pada pengaturan WiFi Assistant dan aktifkan agar Anda bisa berganti secara otomatis dari jaringan WiFi ke paket data jika koneksi WiFi sedang buruk.
  • Selain itu Anda juga bisa aktifkan opsi Show Date Usage Warning, untuk memberikan informasi yang lebih detail lagi mengenai penggunaan internet menggunakan paket data.
  • Anda bahkan juga bisa mempercepat koneksi WiFi di Android dengan cara mengaktifkan opsi WiFi Speed Mode. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan prioritas Bandwith pada aplikasi tertentu.
  • Anda bisa memilih Regular Mode untuk bagikan Bandwith antara aplikasi yang sedang berjalan pada Foreground dan Background secara merata.
  • Lalu untuk opsi Extreme Mode sendiri digunakan untuk mengutamakan Bandwith pada aplikasi yang sedang berjalan di Foreground.
Kepoin Yuk!  5 Cara Memotong Video di PC dan Android, Lengkap dan Mudah

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mempercepat koneksi WiFi hingga 100% lebih cepat. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *