5 Cara Memotong Video di PC dan Android, Lengkap dan Mudah

3 min read

Cara Memotong Video di PC dan Android, Lengkap dan Mudah

Cara Memotong Video – Lagi cari cara memotong video yang mudah? Tenang saja, sebab melalui artikel ini akan kami bagikan langkah mudahnya memotong video di PC dan Android.

Pada dasarnya proses untuk membuat video ini tidaklah mudah dan bahkan tidak semulus seperti yang video – video yang biasanya Anda lihat. Sebab pastinya akan ada beberapa bagian yang dirasa kurang bagus hingga akhirnya harus dihilangkan, alias dipotong atau dipangkas.

Namun demikian, untuk memotong video ternyata juga bukan perkara yang mudah. Di sini Anda diharuskan memiliki skill memotong video yang jitu, sehingga hasilnya akan terlihat lebih smooth.

Buat Anda yang pemula dan ingin belajar cara memotong video yang benar, yuk di simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Cara Memotong Video di PC

Memotong video menggunakan AVS Video Editor PC

Memotong video menggunakan AVS Video Editor PC
Photo by Jalantikus.com
  • Cara memotong video yang pertama, khususnya untuk perangkat PC, komputer, atau laptop ini Anda bisa menggunakan software atau aplikasi yang bernama AVS Video Editor PC.
  • Download aplikasi tersebut lalu import video yang ingin diedit atau dipotong ke dalam software tersebut. Caranya mudah sekali, klik menu File – Impor Media.
  • Apabila Anda sudah memilih video yang nantinya akan dipotong, maka langkah kedua adalah mengeklik Open. Seret saja video tersebut ke dalam Timeline Editing. Lalu lanjutkan dengan memilih Trim.
  • Jika langkah tersebut sudah Anda lakukan, kini saatnya untuk menentukan durasi video yang nanti akan Anda potong. Masukkan saja menit awal dan akhir video akan dipotong.
  • Apabila Anda sudah berhasil memotong video, silakan simpan hasil videonya. Caranya mudah sekali, pilih menu Export Media Library. Kemudian pilih Save.

Memotong video menggunakan Windows Movie Maker PC

Memotong video menggunakan Windows Movie Maker PC
Photo by Maxmanroe.com
  • Apabila cara mangkas video di atas dirasa cukup sulit, maka Anda bisa menggunakan Windows Movie Maker PC ini. Pertama – tama, silakan masukkan saja video yang ingin dipangkas, caranya pilih menu Import Video.
  • Pilih video yang ingin dipangkas atau dipotong kemudian pilih opsi Open. Sebelum memotong video tersebut, sebaiknya pilih bagian mana saja yang akan dipotong, kemudian pilih ikon Trim.
  • Jika sudah, jangan lupa untuk menghapus bagian – bagian video yang dirasa tidak diperlukan. Klik pada ikon Delete. Lanjutkan dengan memilih menu Export dan pilih Create Video.
  • Sebelum mulai menyimpan video tersebut biasanya akan muncul dialog untuk atur settingan Export. Nah, pada tahapan tersebut Anda bisa atur format video yang nantinya akan disimpan.
  • Pilih saja folder lokasi penyimpanan, lalu atur Resolusinya dan lain – lain. Bila sudah, pilih tombol Export.

Memotong video via online-video-cutter.com

Memotong video via online-video-cutter.com
Photo by Inwepo.com

Selain melalui kedua software di atas, Anda ternyata juga bisa lho memotong video di PC, komputer, atau laptop melalui situs maupun website satu ini, yakni online-video-cutter.com.

Ya, situs tersebut pada dasarnya menyediakan banyak sekali fasilitas untuk memotong atau memangkas video dengan cara yang mudah. Tetapi demikian, karena ini dilakukan melalui situs online-video-cutter.com, itu artinya proses pemotongan videonya harus dilakukan secara online. Lalu untuk langkah – langkahnya sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk cara memotong video adalah mengunjungi situs online-video-cutter.com.
  • Jika sudah masukkan saja file video yang ingin dipotong. Caranya mudah sekali, Anda bisa langsung seret video ke dalam kotak yang berwarna biru, atau memilih video dari Google Drive, Dropbox, maupun URL.
  • Kemudian Anda bisa mulai mengatur bagian video mana saja yang ingin dipotong. Penting sekali untuk Anda tahu dan pahami, bahwa bagian – bagian yang tidak diseleksi adalah bagian video yang nantinya akan terpotong.
  • Apabila Anda sudah atur bagian video yang akan dipotong, kini saatnya untuk menyimpan video tersebut. Pilih opsi Save atau Simpan.
  • Selain itu Anda juga bisa langsung download hasil video editanmu tersebut dengan cara memilih tombol Unduh. Apabila proses downloadnya sudah selesai, video yang sudah dipotong nanti akan tersimpan secara otomatis di folder Download.

Memotong video via cutvideo.online

Memotong video via cutvideo.online
Photo by Bosstutorial.com

Tips pangkas video di PC lainnya adalah via cutvideo.online. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Untuk langkah pertamanya pasti tidak jauh berbeda dengan cara memotong video di PC pada umumnya, yakni Anda harus mengunjungi situs cutvideo.online.
  • Jika sudah, tanpa perlu berlama – lama lagi langsung pilih dan masukkan file video yang ingin dipotong. Misalnya saja dengan memilih tombol Choose File. Nanti akan muncul dialog untuk memilih file videonya, pilih saja Open.
  • Kemudian untuk langkah selanjutnya adalah mengatur bagian video mana saja yang ingin dipotong. Caranya, geser slider pada Timeline Video. Bila sudah, Anda juga bisa atur format videonya. Lalu pilih tombol Cut.
  • Untuk langkah terakhir adalah memilih tombol Download atau Unduh. Jika proses downloadnya sudah selesai, video hasil editan Anda nanti akan tersimpan di folder Download secara otomatis.

Cara Memotong Video di Android

Cara Memotong Video di Android
Photo by Jalantikus.com

Untuk memotong video di Android ini ternyata juga tidak kalah mudahnya dengan cara memotong video di PC. Namun demikian, yang Anda butuhkan di sini adalah aplikasi pemotong video terbaik seperti YouCut Video Editor.

Tak perlu khawatir, sebab aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis di Google Play Store. Kemudian untuk langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama – tama, pastikan Anda sudah download aplikasi yang dibutuhkan untuk memotong video di Android. Jika sudah, langsung import file videonya. Caranya adalah dengan memilih simbol Plus pada tampilan utama aplikasi.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih file video yang ingin Anda pangkas atau potong. Jika sudah, pilih ikon Centang dan pilih juga ikon Tanda Panah sebelum akhirnya Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Pilih menu Trim untuk potong file videonya. Perlu untuk Anda tahu bahwa dalam menu Trim ini ada 3 pilihan untuk memotong video, yakni Trim, Cut, dan Split. Tool Cut memiliki fungsi untuk memotong dan menghapus bagian tengah video.
  • Sementara itu untuk tool Trim memiliki fungsi untuk memotong dan menghapus bagian awal atau akhir video.
  • Dan terakhir adalah tool Split yang berfungsi untuk memotong video tanpa harus menghapus bagian – bagian tertentu. Jadi, pilih salah satu tool tersebut untuk memotong file video Anda.
  • Jika sudah, baru Anda bisa memilih bagian video yang akan dipotong, lalu pilihlah simbol Centang.
  • Simpan saja video yang sudah selesai dipotong dengan cara memilih tombol Save yang ada di bagian atas. Jika sudah Anda bisa mulai mengatur kualitas videonya, lalu pilih tombol Compress.
  • Selesai, video yang Anda potong sudah berhasil tersimpan.

Demikianlah cara memotong video di PC dan Android, lengkap dan mudah bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *