Cara Membuka PDF yang Terkunci di Android dan PC | Update 2019

3 min read

Cara Membuka PDF yang Terkunci di Android dan PC | Update 2019

Cara Membuka PDF yang terkunci – Pada dasarnya ada banyak sekali alasan kenapa pada akhirnya sih pemilik resmi file PDF tersebut menguncinya. Namun demikian secara garis besarnya, alasan paling umum kenapa file PDF dikunci adalah untuk mengontrol siapa saja yang bisa mengakses dan mengubah file atau pun dokumen PDF tersebut.

Jika kebetulan Anda saat ini mendapati file PDF yang dikunci dan ingin membukanya sebab file tersebut benar – benar penting sekali buat Anda, tak perlu khawatir, kami akan kasih tahu Anda cara membuka PDF yang terkunci dengan mudah di Android dan PC.

Apabila file atau dokumen PDF tersebut sifatnya rahasia, maka sudah pasti pemilik dari file akan menguncinya. Dengan begitu jauh lebih aman dari orang – orang yang tidak berkepentingan untuk melakukan editing, meng-copy paste, atau bahkan memalsukan file tersebut.

Informasi Lengkap Tentang PDF

Informasi Lengkap Tentang PDF
Photo by Lepasjenuh.com

Sebelum kami akan membahas lebih jauh lagi mengenai cara membuka PDF yang terkunci, baik itu di Android atau pun PC, komputer, dan laptop, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa itu PDF? PDF (Portable Document File merupakan sejenis file, dokumen, atau berkas digital yang isinya tentu saja bersifat penting sekali. PDF umumnya membuat kita bisa membaca dokumen elektronik di perangkat apapun, tak terkecuali di browser sekalipun.

Penting sekali untuk diketahui bahwa Adobe adalah pengembang atau developer yang membuat PDF di tahun 1993. Tidak jauh berbeda dengan dokumen lainnya, PDF pasti juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kepoin Yuk!  Cara Membuat Daftar Pustaka untuk Karya Ilmiah di Word yang Benar

Salah satu kelebihan yang dimiliki PDF adalah ada banyaknya elemen yang bisa ditambahkan ke dalam dokumen atau file PDF itu sendiri. Contohnya saja file gambar, link, video, tombol, hingga tanda tangan elektronik. Namun demikian, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan file yang berformat PDF, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan file berformat PDF

Kenyamanan

Pada dasarnya file PDF ini mudah sekali untuk dibuat, dibaca, serta digunakan semua orang, baik itu bagi siswa, mahasiswa, atau pun karyawan. Misalnya saja di dunia maya ternyata ada banyak sekali bertebaran aplikasi editor fle PDF.

Ringkas

Lalu jika dilihat dari segi ukuran file, ternyata PDF ini lebih ramah terhadap memori penyimpanan dibandingkan dengan dokumen yang lainnya. PDF bahkan relatif kecil, Anda tentu saja bisa melakukan compressing pada file PDF. Tujuannya tidak lain agar dokumen tersebut berukuran lebih kecil.

Multi dimensi

Ya, dengan banyaknya elemen yang ada di file PDF tentu saja Anda tidak perlu lagi harus khawatir file Anda akan alami error hingga akhirnya tidak bisa dibuka. PDF bahkan mendukung integrasi antar elemen dengan sangat baik.

Keamanan

Sebab dilengkapi dengan kata sandi atau password, sehingga file PDF jauh lebih aman. Orang yang tidak berkepentingan tentu saja tidak bisa dengan sembarangan membuka atau melakukan editing terhadap dokumen maupun file tersebut.

Kekurangan file berformat PDF

Meskipun terlihat sempurna, ternyata file yang berformat PDF ini juga tidak luput dari namanya kekurangan. Salah satu kekurangan yang paling kentara dari file PDF ini adalah proses editingnya yang bisa dikatakan cukup sulit sekali untuk dilakukan.

Sebab tujuan utama dari adanya file PDF adalah untuk memudahkan Anda dalam membaca dokumen. Namun demikian, tentu saja bukan semua file PDF sulit untuk diedit.

Kepoin Yuk!  3 Cara Dapat Uang Dari Internet Bermodalkan Smartphone Saja

Mengetahui Tipe File PDF yang Banyak Digunakan

Mengetahui Tipe File PDF yang Banyak Digunakan
Photo by Mv.beritacenter.com

Digitally Created PDFs

Apabila Anda membuka file atau dokumen PDF dari awal, maka file tersebut biasanya disebut sebagai ‘Digitally Created PDFs. File PDF dengan tipe ini mengandung elemen teks juga gambar. File PDF tersebut bahkan juga disebut sebagai True PDFs.

Scanned PDFs

Jika dilihat sesuai dengan nama yang diusungnya, file PDF dengan tipe berikut ini ternyata tercipta pada saat Anda akan melakukan pemindaian dengan menggunakan scanner. Dimana dokumen yang Anda scan tersebut punya opsi untuk disimpan sebagai file PDF.

Kebalikannya dengan tipe PDF yang pertama, apliaksi pembaca PDF terbaik tersebut ternyata tidak bisa membedakan mana elemen teks, dan mana elemen gambar dalam file PDF. Makanya Anda tidak akan bisa seleksi teks yang ada dalam file PDF tersebut.

Searchable PDFs

Cara membaca teks pada file PDF yang terakhir ini adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yakni Optical Character Recognition atau OCR. Lalu cara kerja aplikasi tersebut adalah dengan memindai file PDF untuk mencari teks yang ada di dalamnya.

Cara Membuka PDF yang Terkunci di Android dan PC

Cara Membuka PDF yang Terkunci di Android dan PC
Photo by Dewailmu.com

Melalui crackmypdf.com

Pada dasarnya untuk cara membuka PDF yang terkunci mudah sekali, Anda bisa melakukannya lewat situs atau website berikut, yakni crackmypdf.com. Untuk langkah – langkah selengkapnya silakan simak ulasannya di bawah ini.

  • Pertama – tama, silakan Anda masuk ke dalam situs crakmypdf.com sebagai salah satu cara membuka kunci file PDF.
  • Jika sudah lanjutkan dengan mengeklik opsi Choose File.
  • Lalu pilih saja file PDF mana saja yang ingin Anda buka kuncinya.
  • Tetapi demikian, pastikan Anda sudah mencetang ‘I Agree To The Terms Of Service Below’ sebagai pertanda persetujuan.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengeklik tombol Unlock. Ini bertujuan untuk memproses file atau dokumen PDF agar bisa terbuka kuncinya.
  • Nanti Anda akan diberikan link untuk mendowload file PDF yang terkunci.
Kepoin Yuk!  Cara Cek Kuota 3 (Tri) yang Mudah Terlengkap | Update 2019

Melalui smallpdf.com

Selanjutnya, kami akan kasih tahu Anda cara membuka file PDF terkunci melalui situs smallpdf.com. Ini merupakan salah satu situs atau website yang memiliki banyak sekali fitur untuk kelola file PDF Anda. Contohnya saja untuk cara mengecilkan ukuran file PDF, cara mengubah file PDF menjadi Word, dan cara menggabungkan beberapa file PDF.

  • Langkah pertama cara membuka PDF yang terkunci melalui smallpdf.com adalah membuka situs tersebut.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu Unlock PDF. Lalu pilihlah file PDF yang ingin Anda buka kuncinya.
  • Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya Anda harus centang kotak yang bertuliskan ‘I Pinky Swear That I Have The Right To Edit This File And Remov Its Protection’.
  • Jika sudah, saatnya untuk mendownload file PDF yang sudah terbuka kuncinya.

Melalui sodapdf.com

Perlu untuk Anda ketahui terlebih dulu pada dasarnya situs sodapdf.com selain untuk memberi password atau kata sandi, ternyata situs tersebut juga bisa digunakan untuk membuka PDF yang terkunci. Caranya mudah sekali, Anda bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan sudah pasti menuju ke situs sodapdf.com.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu Soda PDF Online.
  • Pilih juga menu Sign & Secure.
  • Kemudian Anda bisa memilih menu Unlock PDF.
  • Setelah itu Anda bisa pilih file PDF yang ingin Anda buka kuncinya.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses membuka kunci file PDF selesai.
  • Terakhir, download file PDF yang sudah terbuka kuncinya. Atau, Anda juga bisa langsung melihatnya di browsermu.

Nah, itulah cara membuka PDF yang terkunci di Android dan PC yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *