Cara Membuat Daftar Pustaka untuk Karya Ilmiah di Word yang Benar

3 min read

Cara Membuat Daftar Pustaka untuk Karya Ilmiah di Word yang Benar

Cara Membuat Daftar Pustaka – Tahu nggak sih bahwa untuk membuat karya ilmiah yang bagus dan benar pada dasarnya bukan perkara yang mudah. Jadi jangan heran jika Anda sering sekali mendapati banyak orang yang merasa kebingungan atau kesulitan pada saat mendapat tugas untuk membuat karya ilmiah. Dan atas dasar itu juga melalui artikel ini akan kami bagikan cara membuat daftar pustaka untuk karya ilmiah yang benar.

So, buat Anda nih yang kebetulan sedang atau mendapat tugas untuk membuat karya ilmiah untuk kuliah, maka Anda harus banget simak ulasan yang akan kami bagikan berikut ini, dijamin langsung di approve dosen, deh!

Sebab memang daftar pustaka ini memiliki peranan cukup penting dan harus Anda perhatikan dalam karya ilmiah, dimana semua sumber kutipanmu dalam karya ilmiahmu harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Karena yang demikian ini menyangkut masalah plagiarisme.

Serba – Serbi Daftar Pustaka Dalam Karya Ilmiah

Serba – Serbi Daftar Pustaka Dalam Karya Ilmiah
Photo by hastagcampus.com

Sebelum kami akan mengulas lebih lanjut tentang cara membuat daftar pustaka yang benar dalam karya ilmiah, maka penting sekali untuk Anda tahu dan pahami tersebut dulu mengenai definisi serta tujuan dari dibuatnya daftar pustaka tersebut. Dengan demikian Anda pastinya tidak akan dibuat bingung ketika membuat daftar pustaka nanti.

Apa itu daftar pustaka?

Daftar pustaka dapat didefinisikan sebagai salah satu bagian di akhir karya ilmiah. Dalam daftar pustaka ini nanti berisikan berbagai macam sumber atau pun referensi yang akan Anda kutip. Ya, tiap – tiap kutipan yang Anda ambil tentu saja harus Anda tulis di dalam karya ilmiah Anda. Tidak hanya di dalam bagian daftar pustaka saja, akan tetapi juga dikutip dalam isi tulisan ilmiahmu.

Kepoin Yuk!  Cara Membuka PDF yang Terkunci di Android dan PC | Update 2019

Perlu untuk Anda tahu juga bahwa pada dasarnya penulisan daftar pustaka yang benar adalah harus diurutkan secara abjad, yakni mulai dari atas hingga bawah. Secara umum, prinsip dari penulisan daftar isi pada karya ilmiah ini berbeda di tiap – tiap kampus. Anda tentu saja harus ikuti segala peraturan yang telah ditetapkan atau ditentukan oleh instansi kampus tempat Anda menimbah ilmu.

Tetapi demikian, biasanya memiliki prinsip – prinsip penulisan sebagai berikut.

  • Nama panjang dibalik dan dipisah dengan tanda koma. Apabila namanya terdiri dari tiga kata atau lebih, maka penulisan yang benar bisa dimulai dari nama terakhir, kemudian diikuti dengan nama awal dan singkatan nama tengahnya.
  • Menggunakan koma untuk nama sumber lebih dari satu.
  • Gelar tidak disertakan dalam daftar pustaka.
  • Untuk judul bukunya sendiri bisa dicetak miring.
  • Sementara itu untuk judul artikelnya tidak dicetak miring.
  • Urutan daftar pustaka sesuai alfabet.
  • Jarak antara spasi referensinya adalah sekitar 1.5 atau 2, bisa disesuaikan dengan peraturan di kampus Anda.

Lalu, apa tujuan dibuatnya daftar pustaka dalam karya ilmiah?

Tentu saja dibuatnya daftar pustaka ini bukan sertamerta tanpa tujuan yang pasti. Daftar pustaka dalam karya ilmiah memiliki tujuan penting, diantaranya sebagai berikut.

  • Agar terhindar dari namanya plagiarisme. Kutipan yang Anda gunakan tentu saja harus dicantumkan sumbernya. Kemudian harus disertakan pula di daftar pustaka.
  • Menghargai karya atau penulis yang dikutip. Tiap – tiap sumber yang dikutip harus disebutkan sumbernya secara lengkap di daftar pustaka. Dengan demikian, itu artinya Anda sendiri telah mengakui bahwasannya ide atau pun gagasan yang dikutip tersebut berasal dari orang lain.
  • Membantu para pembaca untuk lebih kenal tentang sumber kutipan. Sumber yang Anda cantumkan di daftar pustaka pada karya ilmiah atau skripsi bisa membantu para pembaca untuk menelusuri informasi lebih lanjut dari sumber kutipan.
Kepoin Yuk!  5 Cara Memotong Video di PC dan Android, Lengkap dan Mudah

Kami ingatkan lagi bahwa, kutipan merupakan hal penting agar Anda bisa terhindari dari namanya plagiarisme. Namun demikian, ternyata kutipan dalam karya ilimiah ini dibagi menjadi dua bagian, yakni kutipan langsung dan tak langsung.

Untuk kutipan langsung sendiri merupakan kutipan yang ditulis ulang dari ide orang lain. Kutipan dengan jenis ini bahkan juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni kutupan langsung pendek dan kutipan langsung panjang.

Lalu untuk jenis kutipan tak langsung adalah aktifitas mengutip yang ditulis menggunakan kalimat berbeda dari aslinya. Anda bisa mengambil ide dari sumber tersebut lalu menulisnya kembali dengan kalimat Anda sendiri. Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah cara membuat daftar pustaka untuk karya ilmiah yang benar di Word yang perlu Anda ketahui.

Cara Membuat Daftar Pustaka untuk Karya Ilmiah di Word yang Benar

Cara Membuat Daftar Pustaka untuk Karya Ilmiah di Word yang Benar
Photo by Riuhimaji.com

Sumber dari buku

Untuk yang pertama ini adalah mengutip dari buku, jenis sumber kutipan yang bisa dibilang paling banyak digunakan mahasiswa dalam membuat karya ilmiah. Untuk cara membuat daftar pustaka dari sumber bulu tersebut Anda harus tahu peraturannya.

  • Pertama – tama, untuk nama di tulis di awal. Penulisan nama ini nanti diawali dengan nama akhir di awal. Lalu diikuti dengan tanda koma dan dicantumkan pula nama depan dan tengah.
  • Perlu untuk Anda tahu juga bahwa apabila sumber buku yang dikutip ternyata juga tercantum nama editor, maka Anda bisa menambahkan singkatan ‘Ed’.
  • Misalnya saja seperti ini, Jakakuno, Jalu (Ed.). 2019 (satu nama), Jakakuno, Jalu dan Jaju, Tony (dua nama), Jakakuno, Jalu dkk (lebih dari 3 nama).
  • Apabila ternyata ada beberapa kutipan yang didapatkan dari satu pengarang, maka nama pengarang tersebut ditulis dengan garis sepanjang 10 ketukan, kemudian diakhiri dengan tanda titik.
  • Apabila dikutup dari satu buku yang sama, maka setelah penulisan tahun terbitnya dilanjutkan dengan menuliskan a, b, c, dan seterusnya tanpa spasi.
Kepoin Yuk!  3 Cara Menjadi Hacker Pemula Lewat HP Android | Mudah Banget!

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh daftar pustaka dari sumber buku yang benar, Stark, Tony. 2019. Tony Stark Bertarung di Avengers. Jakarta: Pabrik Buku Marvel.

Sumber dari majalah

Lalu untuk cara menulis daftar pustaka untuk karya ilmiah yang dikutup dari majalah sendiri ternyata tidak jauh berbeda seperti pada cara di atas.

  • Nama pengarang.
  • Tahun terbit.
  • Judul artikel.
  • Judul majalah.
  • Bulan terbit.
  • Tahun terbit yang ke berapa.
  • Tempat terbit.

Dan berikut ini adalah contoh daftar pustaka dari sumber majalah yang benar harus Anda tahu, Stark, Tony. 2019. Avengers Film Terbaik Superhero. Majalah Marvel. Jakarta: PT Marvel.

Sumber dari internet

Lalu untuk yang terakhir ini adalah mengutip dari internet. Untuk mengutip dari internet kami sarankan agar Anda mengutip di situs yang terpercaya saja. Untuk mengutip dari internet Anda bisa ikuti urutan berikut.

  • Nama pengarang.
  • Tahun publikasi.
  • Judul artikel.
  • Alamat website atau situs.
  • Tanggal akses.

Berikut contoh menulis daftar pustaka dari sumber internet yang benar harus Anda tahu, Thanos bin Jaenudin. 2019. Jadi Miskin Abis Menggunakan Infinity Stone di https://www.gaadawebsitenya.com (diakses pada 25 April).

Nah, itulah cara membuat daftar pustaka untuk karya ilmiah di Word yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *