Cara Download Video di Facebook (Gampang!)

3 min read

Cara Download Video di Facebook

Anda ingin mengunduh video di Facebook? Tapi masih bingung bagaimana caranya? Sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang jelas, ada beberapa hal mengapa Anda ingin mendownload video di Facebook. Misalnya, jika Anda memiliki grup Facebook pribadi dan Anda aktif secara Langsung, Anda mungkin ingin membagikan konten itu di lokasi lain. Lantas, cara download video di facebook itu bagaimana? 

Simak terus artikel ini untuk mendapatkan jawaban. Ingatlah bahwa video di Facebook yang akan di download harus bersifat public. Video dari teman yang hanya dibagikan dengan teman (atau teman ke teman) tidak dapat di download dari Facebook, dan layanan yang mengklaim sebaliknya cenderung tidak berfungsi.

Cara Download Video di Facebook Tanpa Software Khusus

1. Facebook Page

  1. Pergi ke halaman Facebook, buka halaman yang memposting video, kemudian klik tab “Video” di sebelah kiri.
  2. Pastikan Video yang akan di download benar. Jika Anda tidak memiliki tautan langsung ke video, cari di tab Video. Setelah Anda menemukan video yang ingin Anda unduh, klik untuk membukanya. Setelah Anda melakukannya, Anda akan dapat melihat tanggal / waktu. Klik kanan video itu dan salin tautannya.
  3. Download videonya. Anda memiliki beberapa opsi saat Anda siap mendownload video apa pun dari Facebook. Versi mana yang Anda pilih bergantung pada beberapa hal: Apakah itu pada halaman, profil, atau grup? Apakah itu publik atau pribadi?

Misalnya, katakanlah Anda mengelola grup Facebook pribadi dan ingin mendownload video Facebook Live terbaru Anda. Anda mungkin berpikir Anda tidak akan dapat mendownload dari grup pribadi, bukan? Salah, nyatanya Anda bisa. 

2. SaveFrom

  1. Buka Facebook. Buka https://www.facebook.com/. Ini akan membuka halaman umpan berita Anda jika Anda masuk.
  2. Jika Anda tidak masuk, masukkan alamat email dan kata sandi Anda di sudut kanan atas halaman dan klik log in.
  3. Teliti video yang akan Anda download. Scroll ke Umpan Berita Anda hingga Anda menemukan video, atau masukkan nama orang yang memposting video ke search bar di bagian atas halaman dan buka akun mereka untuk mencari video.
  4. Pastikan videonya publik. Jika Anda melihat ikon globe di suatu tempat di bawah nama orang atau halaman yang diposting video, Anda dapat mengunduhnya tanpa masalah.
  5. Klik kanan video. Kemudian Anda akan menemukan menu drop-down.
  6. Klik Tampilan URL video. Itu ada di bagian bawah menu drop-down. Klik, dan akan muncul kotak pop-up kecil dengan tautan video Facebook di dalamnya.
  7. Salin tautan Facebook, klik tautan di kotak pop-up untuk memilihnya, lalu tekan Ctrl + C (Windows) atau ⌘ Command + C (Mac).
  8. Buka situs web SaveFrom. Caranya, ketik https://en.savefrom.net/ di browser Anda. SaveFrom adalah situs web yang memungkinkan Anda mengunduh video dari Facebook dengan memasukkan tautan.
  9. Tempel tautan di video Facebook. Klik kotak teks ” Just paste the link ” di bagian atas halaman, lalu tekan Ctrl + V (Windows) atau ⌘ Command + V (Mac). Setelah beberapa saat, ikon pratinjau video akan muncul di bawah bidang teks.
  10. Klik download. Tombol hijau ini berada di bawah preview window video. Dengan mengklik, itu berarti Anda meminta video untuk mengunduh ke folder “download” di default komputer Anda, meskipun Anda mungkin harus mengonfirmasi unduhan atau memilih lokasi penyimpanan yang tergantung pada pengaturan browser Anda.

Opsi Untuk Mendownload File Video Facebook Penuh (Resolusi Tinggi)

Gunakan situs web atau ekstensi online untuk mendownload file video facebook penuh (resolusi tinggi). Ada banyak situs web online yang memungkinkan Anda mendownload video Facebook tanpa menambahkan perangkat lunak yang tidak perlu ke komputer Anda. Anda cukup memasukkan URL video yang ingin Anda download di kotak teks yang disediakan. 

Kemudian klik icon “Download” untuk mendownload video dalam format yang tersedia. Penggunaan beberapa situs untuk ini adalah gratis dan tidak memerlukan software atau pendaftaran apa pun. Adapun opsi software gratis tersebut antara lain:

1. Facebook downloader

Caranya adalah:

  1. Salin URL Video FB
  2. Paste URL di bagian atas
  3. Klik “Donload” untuk mendownload video FB

Bagaimana cara menggunakan ekstensi Chrome Facebook Video Downloader?

  1. Pertama, tambahkan ekstensi Getfvid (Facebook Video Downloader) ke browser Anda
  2. Kemudian, Anda dapat pergi ke halaman tertentu di Facebook yang berisi file video yang Anda inginkan.
  3. Saat Anda masuk ke halaman tersebut, Anda akan melihat “Download” (HD atau SD) berwarna hijau. Anda harus mengkliknya. Anda akan secara otomatis dibawa kembali ke halaman unduhan tempat Anda dapat menyimpan video.

2. GetFVid

Untuk mengkonversi video dari Facebook ke file mp4 (video) atau mp3 (audio) dan mengunduhnya secara gratis, Getfvid adalah salah satu tool terbaik yang tersedia secara online. Layanan GetFVid berfungsi untuk perangkat seluler, tablet, komputer. Adalah untuk saat-saat ketika Anda perlu menyimpan video Facebook yang dibagikan di Grup pribadi, dan itu mudah dilakukan. Caranya:

1.  Buka video yang ingin Anda download di Facebook 

2.  Tekan ‘CTRL + U’ atau klik kanan di mana saja pada video dan pilih ” See Source Page” untuk melihat sumber halaman di jendela baru

3.  Copy dan Paste sumber halaman ke dalam GetFVid

4.  Klik download

Bagaimana Cara Mendownload Video Pribadi dari Facebook?

Anda dapat mendownload dengan pengunduh video pribadi seperti getfvid.com/private-downloader jika memang Anda menghendaki. Namun biasanya yang dapat mengunduh hanyalah mereka yang dapat melihat kode video. Anda sekaligus dapat merekam video dengan software ini. Namun perlu diingat, hak cipta dari video yang Anda download harus tetap dihormati.

File yang berhasil di download umumnya disimpan di folder yang sebelumnya telah Anda tetapkan sebagai default Anda. Folder ini biasanya telah diatur oleh browser untuk Anda. Meski begitu, Anda dapat mengubah folder tersebut jika memang diinginkan. Pada browser pengaturan, secara manual Anda bisa mengubah dan memilih folder tujuan.

Cara mendownload video Facebook di Android

  1. Log in pada Facebook Anda.
  2. Temukan video yang ingin Anda download, dan klik ikon setting tiga titik di kanan atas.
  3. Pilih “Copy Link”.
  4. Sekarang, buka browser web di Android Anda dan buka https://catch.tube/.
  5. Paste URL dan klik tombol merah “Catch Video”.
  6. Scroll ke bawah dan temukan tombol merah “Show Media List”. Klik itu.
  7. Pilih versi video yang ingin Anda download.
  8. Setelah download selesai, Anda akan memiliki indikator yang mengatakan itu selesai. Klik indikator unduhan untuk membuka video yang Anda download.

Benar-benar semudah dan secepat itu cara download video di facebook. Bagaimana? Tertarik untuk segera mencobanya? Setelah mengunduh file, Anda dapat menggunakan kembali video di platform lain – seperti situs web, YouTube, atau saluran video lain yang Anda inginkan.

6 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Apa saja anime romance terbaik menurut Anda? Benar-benar tidak sulit untuk mengetahui apa genre romansa dalam anime. Pada dasarnya, ini tentang cinta, romansa, dan karakter yang...
Ncang Beryl
3 min read

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Ribet

Ncang Beryl
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *